Update Harga Suzuki Truntung (Carry ST20) Bekas

Bagi mereka yang tumbuh besar di era 1970-an sampai 1980-an, pasti sudah tidak asing dengan mobil pickup Suzuki Carry ST20. Masyarakat Indonesia lazim menyebut kendaraan ini sebagai Suzuki Truntung. Meski sudah tidak lagi diproduksi, namun produk bekas kendaraan ini masih banyak dicari, salah satunya karena memiliki harga yang cukup bersahabat.

Dirangkum dari berbagai sumber, Suzuki pertama kali meluncurkan Carry ST20 ke pasar Tanah Air sekitar tahun 1978, setelah sebelumnya dirilis di pasar Jepang pada tahun 1976. Di Indonesia, kendaraan ini memang bukan pickup pertama Suzuki, tetapi sebagai teman Suzuki Carry ST10 yang meluncur dua tahun lebih awal. Namun, dibandingkan generasi pertama, model ini menjadi pickup buatan Suzuki yang lebih populer.

Suzuki, harga, produk, bekas, Carry, pickup, Truntung, fitur, akselerasi, Yamaha, Daihatsu, Mitsubishi, minibus, model, sepeda, motor, kelas, segmen

Mobil Suzuki Truntung versi pick up (sumber: Jualo)

Asal muasal kendaraan ini disebut sebagai Suzuki Truntung adalah karena gambaran suara atau onomatopeia dari 2-tak yang terdengar seperti ‘turungtung... tung... tung... tung... truntung... tung... tung...’ Karena itu, untuk menyingkat penyebutan, maka konsumen Indonesia lantas menamai mobil ini dengan sebutan Suzuki Truntung.

Sebenarnya, proses produksi mobil ini hanya dilakukan di Iwata prefektur Shizouka, Jepang. Namun, karena aturan pajak di Indonesia tahun 1973, maka kendaraan tersebut pun dirakit di dalam negeri. Awalnya, Suzuki Truntung muncul dalam bentuk pickup yang menurut pabrikan hanya bisa mengangkut barang dengan berat maksimal 350 kg. Kemudian, muncul juga Suzuki Truntung dengan bodi minibus bertepatan dengan masa jaya industri karoseri.

Pada era itu, Suzuki Truntung sebenarnya tidak sendirian di segmen pickup karena ada juga varian Hijet 500 buatan Daihatsu dan Mitsubishi minicab yang bersaing di kelas yang sama. Namun, tampaknya Suzuki Truntung yang paling banyak beredar, dikarenakan harga mobil yang lebih murah serta konsumsi yang lebih irit.

Tidak butuh waktu lama, sejak resmi diluncurkan, Suzuki Truntung pun merebut atensi masyarakat Indonesia, terutama mereka yang berdomisili di daerah pedesaan dan pegunungan. Untuk daerah pedesaan, pickup Suzuki Truntung bersaing dengan Mitsubishi Colt T. Sementara, untuk area perkotaan, kendaraan ini lebih sering digunakan sebagai angkutan kota (angkot).

Di bagian jantung pacu, asal Negeri Matahari Terbit membekali kendaraan ini dengan mesin F50A, mesin yang sama yang digunakan oleh Suzuki Jimny 550. Mesin F5A sendiri merupakan mesin 2-stroke (2-tak), dengan konfigurasi tiga silinder, berkapasitas 500cc. Karena menggunakan mesin 2-stroke, maka mobil ini juga menggunakan oli samping layaknya motor 2-tak pada umumnya.

Dengan modal tersebut, Suzuki Carry ST20 aka Suzuki Truntung diklaim mampu memuntahkan tenaga maksimal 33 PS atau 24 kW pada putaran 4.500 rpm, sedangkan torsi puncak yang sanggup digapai sebesar 52 Nm atau 38 ft-lb pada putaran 3.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi manual empat percepatan. Mesin masih menggunakan karburator untuk memasok bahan bakar dan platina untuk pengapian, sedangkan sistem pendinginan sudah selangkah lebih maju dengan menggunakan pendingin cairan atau water-cooled.

Meski tenaga dan torsi di atas kertas memang sangat kecil, namun kenyataannya, dengan konfigurasi mesin 2-tak tiga silinder, tarikan bawah Suzuki Truntung diklaim lumayan kencang. Beberapa orang malah ada yang menyebut bahwa akselerasi Suzuki Truntung ini mirip dengan sepeda motor Yamaha RX King, yang juga sangat populer di era tersebut. Karena akselerasi yang lumayan cakep, banyak anak muda di dekade 1980-an yang iseng ikut serta dalam ajang slalom menggunakan kendaraan Suzuki Truntung ini.

Suzuki, harga, produk, bekas, Carry, pickup, Truntung, fitur, akselerasi, Yamaha, Daihatsu, Mitsubishi, minibus, model, sepeda, motor, kelas, segmen

Mobil Suzuki Truntung versi minibus (sumber: Pinterest)

Sementara, untuk , versi pickup dan model minibus tidak jauh berbeda. Jangan harap ada mewah di kendaraan ini. tidak tersedia dan sebagai gantinya, Suzuki menghadirkan ventilasi udara di bagian depan bawah grille. Velg memiliki diameter berukuran 10 inci, dan kaki-kaki depan menggunakan suspensi double wishbone serta per daun di sisi belakang, yang membuatnya lumayan nyaman di kelasnya, yang juga bisa dikatakan sebagai satu-satunya ‘kemewahan’ di mobil ini.

Suzuki sendiri memasarkan model Carry ST20 alias Truntung selama sekitar tujuh tahun hingga 1984. Produksi kendaraan resmi berhenti produksi pada tahun 1983 dan posisinya digantikan oleh Suzuki Carry 1000. Nama terakhir juga merupakan model yang sangat populer di Tanah Air, banyak dijadikan kendaraan keluarga dan angkutan kota di masanya.

Suzuki Carry ST20 Truntung

 Pickup/Minibus
TipeCarry ST20
Tipe Mesin F5A, 2-stroke, 3 silinder, pendingin cairan
Kapasitas Mesin550cc
Diameter x Langkah61 mm x 61,5 mm
Sistem Bahan BakarKarburator
Daya Maksimal33 PS (24 kW) @ 4.500 rpm
Torsi Maksimal52 Nm (38 ft-lb) @ 3.000 rpm
Transmisi Manual, 4-speed
Sistem PengapianPlatina
Dimensi P x L3.195 mm x 1.395 mm
Berat Kosong650 kg
Bahan BakarBensin

Di daerah perkotaan, mungkin sudah jarang populasi mobil ini dan kebanyakan mungkin sudah ‘dibesituakan’. Namun, di beberapa wilayah pelosok, ternyata mobil ini masih lumayan banyak beroperasi dan menjadi buruan kolektor dan pengusaha kecil. Nah, bagi Anda yang sedang berburu Suzuki Truntung, berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga bekasnya di pasaran.

Suzuki, harga, produk, bekas, Carry, pickup, Truntung, fitur, akselerasi, Yamaha, Daihatsu, Mitsubishi, minibus, model, sepeda, motor, kelas, segmen

Suzuki Truntung Carry ST20 tahun keluaran tahun 1981 (sumber: Kaskus)

Harga Suzuki Carry ST20 Truntung

Tahun ProduksiKisaran Harga Bekas 
1980Rp15.000.000
1983Rp17.000.000 – Rp55.000.000
1986Rp11.000.000
1988Rp26.000.000
1989Rp27.000.000 – Rp100.000.000

Daftar harga Suzuki Carry ST20 alias Truntung di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli mobil second dan situs jual beli online. Daftar harga mobil Suzuki ST20 tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah, tergantung kondisi mobil dan kesepakatan antara penjual dan pembeli.

(Panca)

Baca juga  Update Harga Toyota Crown Baru dan Bekas
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Suzuki Truntung (Carry ST20) Bekas"