Info Lengkap Aturan Minum dan Harga Susu Whey Protein

Susu protein menjadi salah satu minuman yang sangat membantu proses diet. Susu protein bukanlah terbuat dari bahan kimia, tetapi berasal dari susu sapi biasa. Hanya saja dengan mengonsumsi susu whey protein Anda akan mendapatkan asupan protein dengan rendah lemak. Susu whey protein tersedia dalam berbagai merk di pasaran dengan bervariasi.

Ilustrasi: menuangkan susu ke dalam gelas (sumber: bbcgoodfood.com)

Ilustrasi: menuangkan susu ke dalam gelas (sumber: bbcgoodfood.com)

Whey merupakan salah satu komponen utama dari susu sapi selain kasein, di mana sebesar 20% dari protein susu sapi adalah whey. Selain itu, whey juga kaya akan vitamin dan mineral. Whey dulunya dibuang ketika keju. Tetapi setelah diketahui bahwa whey protein sangat bermanfaat maka banyak produsen yang mengolahnya menjadi beragam jenis minuman yang memiliki nilai ekonomis tinggi.[1]

Protein whey adalah protein lengkap yang terdiri dari asam amino esensial dan non-esensial. Susu whey protein mudah diserap dan digunakan 100% oleh tubuh. Whey protein baik untuk pembentukan dan pemeliharaan massa otot tubuh. Terdapat dua jenis whey protein yaitu:

  • Whey protein concentrate. Berkualitas tinggi yang masih mengandung karbohidrat dan lemak dengan level konsentrasi protein mencapai 70%.
  • Whey protein isolate. Berkualitas tinggi dan lebih murni karena diterapkan pemrosesan tambahan. Level konsentrasi proteinnya mencapai 93% atau lebih tinggi.[2]

Protein whey diperoleh dari ekstraksi susu, yang kemudian dapat digunakan sebagai campuran dalam susu formula, roti, es krim, dan lain. Keunggulan protein whey yakni memiliki nilai biologis tinggi karena rendah kalori dan tinggi protein.

Cara Memilih Susu Whey Protein

Periksa kandungan protein dan metode pembuatan pada produk
Masing-masing produk memiliki kandungan protein, zat tambahan, dan tingkat penyerapan yang berbeda. Sebelum membeli produk, pertimbangkan terlebih dulu manfaat dari whey protein yang sesuai dengan program diet dan pembentukan otot Anda.

Baca juga  Update Terkini Harga Susu Diabetasol 180 Gram (Vanilla, Chocolate, & Cappuccino)

Pilih susu whey protein yang mudah larut dalam air
Anda harus jeli membeli produk susu whey protein, sebab masih ada yang sulit larut dalam air. Beberapa susu whey protein mengunggulkan produknya yang mudah larut dalam air.

Perhatikan kandungan tambahan dalam susu whey protein
Untuk dapat menyerap protein secara efisien, Anda dianjurkan untuk mendapatkan asupan karbohidrat. Sebagai pilihan, Anda dapat membeli whey protein yang mengandung asam amino seperti Branch-chained Amino Acid (BCAA), glutamine, dan nutrisi lainnya untuk mengoptimalkan efek latihan otot.

Susu whey protein juga tersedia dalam aneka rasa. Jika Anda menyukai rasa yang rich, pilihlah varian cokelat. Namun, apabila Anda lebih suka mengonsumsi minuman rasa segar setelah latihan, pilihlah rasa buah-buahan seperti stroberi.

Whey milk protein bubuk (sumber: ipsingredis.com)

Whey milk protein bubuk (sumber: ipsingredis.com)

Aturan Minum Susu Whey Protein

Whey protein biasanya dikonsumsi pagi hari sebelum dan setelah olahraga. Sebenarnya, waktu yang ideal untuk mengonsumsi whey protein sangat tergantung pada tujuan program latihan Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi protein lambat serap sebelum tidur untuk memulihkan otot yang setelah latihan beban.

Perlu diperhatikan, jumlah asupan protein harian sesuai dengan program diet dan aktivitas Anda harus seimbang. Jika Anda melakukan olahraga selama 30 menit sebanyak 4-5 hari dalam seminggu, jumlah asupan protein yang perlu dikonsumsi adalah sebanyak 1 gram protein dikalikan berat badan Anda dalam kilogram. Berbeda lagi jika Anda sedang menjalankan program latihan yang cukup berat, kebutuhan protein Anda adalah sebanyak 1,5 gram per kilogram berat badan.

Baca juga  Harga Susu Frisian Flag 123 (Alfamart, Indomaret, Situs E-Commerce)

Apabila Anda diwajibkan untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak, Anda dapat memperbanyak frekuensi minumnya, tetapi dengan mengurangi jumlah takarannya dalam sekali konsumsi. Dengan demikian, beban yang dialami tubuh Anda pun bisa berkurang. Ada baiknya konsultasi terlebih dulu dengan ahli gizi maupun dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu.

Efek Samping Susu Whey Protein

Konsumsi protein whey harus sesuai dengan aturan pemberian protein pada makanan seimbang dan tidak boleh berlebihan. Sejumlah efek samping yang mungkin terjadi pada tubuh jika mengonsumsi susu whey protein berlebihan yakni:

  • Gangguan pencernaan
  • Mempengaruhi keseimbangan hormon
  • Menyebabkan dehidrasi
  • Menyebabkan kerontokan rambut
  • Menimbulkan jerawat
  • Konsumsi protein yang berlebihan akan memberi beban yang berat pada ginjal dan hati

Susu protein yang tidak sesuai dengan takaran akan memberikan dampak buruk pada tubuh Anda. Menurut pakar kesehatan, guna mempertahankan berat badan sebaiknya asupan protein per hari tidak lebih dari 70 gram. Anda dapat menambah asupan protein, baik bersumber dari hewani atau nabati seperti telur, daging sapi tanpa lemak, makanan laut, kedelai, dan brokoli.

Harga Susu Whey Protein Berbagai Merek

Ilustrasi: varian susu protein (sumber: sci-mx.com)

Ilustrasi: varian susu protein (sumber: sci-mx.com)

Merek Susu Whey ProteinHarga (Rp)
Susu Cair Whey Protein L-Men 2 rasa coklat9.000
Susu Whey Protein Isolate (WPI) 92 DEBM130.000
Susu Whey Protein Isolate (WPI) 90170.000
Susu Whey Protein Evolene Isolene230.000
Susu WPI 1 kg free shaker 600 ml275.000
L-Men Platinum Suplemen Fitness & Susu Whey Protein360.000
Susu Muscle First Gold Pro Isolate Whey399.000
Susu Whey Protein Impact Whey Isolate399.000
Susu Whey Protein ISO100 Hydrolized535.000
Susu Whey Protein Syntha-6615.000
Susu Whey Protein FITlife Diet Pro650.000
Susu BXN Isolate Whey Protein (WPI) 93695.000
Susu Whey Protein Optimum Nutrition

Platinum Hydrowhey

700.000
Susu Whey Protein Gold Standard790.000
Susu Whey Protein Gold Standard rasa Vanila870.000
Susu Whey Protein Gold Standard rasa Cokelat899.000

Tak hanya berupa susu, Whey Protein juga tersedia dalam bentuk minuman lain dengan ekstrak buah dan sayur seperti bayam dan cranberry yang kaya antioksidan. Anda dapat memilih produk Muscle Pharm Fit Miss Delight Protein Shake yang tersedia khusus wanita yang ingin memiliki tubuh ideal tetapi sulit menahan lapar. Produk terbaik untuk diet ini dijual di pasaran seharga Rp544.500.

Nah, bagi Anda yang tak suka minum susu, maka dapat memilih minuman whey protein dalam bentuk original kopi. Anda dapat menemukannya pada produk dengan merek Scitec Nutrition Protein Coffee yang dijual sekitar Rp399 ribu. Scitec Nutrition Protein Coffee memberikan Anda asupan 100 mg kafein per saji untuk meningkatkan metabolisme selama latihan sehingga pembakaran kalori pun meningkat.

Tak sulit menemukan produk susu bubuk whey protein, Anda dapat membelinya di apotek atau minimarket terdekat seperti Indomaret dan Alfamart. Di Indomaret tersedia susu cair whey protein merk L-Men 2 dengan kemasan ekonomis dan harga yang terbilang murah yakni Rp9 ribuan. Anda juga dapat memesan produk secara online agar lebih praktis dengan harga bervariasi.

[1] Liembono. Sukses Menurunkan Berat Badan: 11 Langkah Efektif Turunkan Berat Badan. (; Brilliant, 2016) hlm. 141

[2] Suprayitno, Eddy. Metabolisme Protein. (Malang: UB Press, 2017), hlm. 39.

Baca juga  Update Harga Susu Herbalife Shake untuk Member dan di Apotek
author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Lengkap Aturan Minum dan Harga Susu Whey Protein"