Update Harga Susu SGM 0-6 Bulan Dalam Berbagai Kemasan

Bagi sebagian besar , pemberian ASI eksklusif adalah langkah utama yang dilakukan demi pemenuhan gizi , terlebih usia 0-6 bulan. Akan tetapi, tidak keluarnya Air Ibu secara optimal menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang tua yang memilih untuk memberikan asupan formula. Tidak mengherankan jika kemudian banyak formula bermunculan di toko dan sejumlah minimarket dengan yang kompetitif, salah satunya merek SGM.

Daftar, harga, susu, SGM, 0-6, bulan, berbagai, kemasan, Ananda, 1, Presinutri, cara, penyajian, formula, 150, 400, 600, 1000, gram, gr

Ilustrasi penjualan susu SGM (haibunda.com)

Susu SGM merupakan susu formula bayi yang diproduksi oleh PT Sarihusada Tbk. SGM menjadi salah satu merek susu formula yang cukup populer di Tanah Air. Susu ini telah hadir untuk beragam golongan usia, mulai bayi 0-6 bulan, bayi 6-12 bulan, balita 3-4 tahun, hingga -anak 5-12 tahun. Nah, khusus untuk bayi 0-6 bulan, SGM memiliki produk yang dinamai SGM Ananda 1 Presinutri.

SGM Ananda 1 Presinutri adalah susu tambahan nutrisi di luar ASI eksklusif dari ibu untuk anak berusia 0 hingga enam bulan. Perusahaan mengklaim bahwa susu formula SGM Ananda 1 Presinutri memiliki komposisi gizi yang dibutuhkan bayi, di antaranya asam amino esensial sebagai komponen penyusun protein yang terdiri dari Isoleusin, Leusin, Lisin, Metionin, Fenilalanin, Treonin, Triptofan, Valin, Tirosin, Histidin, dan Sistein.

Selain itu, susu SGM Ananda 1 Presinutri ini juga disebutkan telah dilengkapi dengan zat besi yang berguna membantu pembentukan sel darah merah dan membantu mencegah anemia karena defisiensi zat besi. Sementara, untuk membantu mempertahankan fungsi saluran cerna, perusahaan juga mengatakan telah menambahkan prebiotik FOS insulin ke dalam susu ini. Adapun kolin, berperan sebagai pembentuk fosfatidilkolin, yang merupakan bagian terpenting dari membran sel.

Dibanding merek susu lainnya, SGM Ananda memiliki kelebihan dalam hal harga yang ekonomis dan juga pilihan banyak pilihan ukuran, mulai dari ukuran 150 gram terkecil sampai ukuran 1000 gram terbesar. Hal ini sangat membantu bagi orang tua yang mau mengetahui apakah susu SGM Ananda ini cocok atau tidak dengan bayinya, dan sangat membantu juga untuk orang tua yang berencana mengganti susu formula bayinya.

Sudah menjadi rahasia umum terkadang produk buatan lokal tidak menjadi pusat perhatian para orang tua, apalagi dalam hal susu mungkin karena kurangnya sosialisasi dan kurangnya promosi dari Dokter Spesialis Anak atau Bidan yang merekomendasikan susu produk lokal. Kebanyakan dari orang tua beranggapan susu dari luarlah yang mempunyai kandungan terbaik walaupun mahal padahal susu produk lokal sudah disesuaikan dengan kondisi bayi Indonesia dan kandungannya pun tak kalah dengan susu produk luar.

Adapun kelebihan dari susu SGM Ananda 1 Presinutri ini adalah harga ekonomis, banyak varian kemasan (150 gr, 400 gr, 600 gr dan 1000gr), karena ada ukuran terkecil cocok untuk tester ke bayi, dan mudah didapat karena tersedia di hampir setiap pusat belanja dan apotek. Namun yang menjadi kekurangannya adalah banyak orang tua yang meremehkan atau pesimis karena susu ini adalah susu lokal.

Salah satu varian produk susu SGM untuk bayi (sumber: blanja.com)

Salah satu varian produk susu SGM untuk bayi (sumber: blanja.com)

Berikut harga susu SGM 0-6 bulan Ananda 1 Presinutri dalam berbagai kemasan.

Nama ProdukHarga
Susu SGM Ananda 1 Presinutri 150 gram Rp14.000
Susu SGM Ananda 1 Presinutri 400 gramRp33.200
Susu SGM Ananda 1 Presinutri 600 gram Rp46.900
Susu SGM Ananda 1 Presinutri 1000 gram Rp75.600

Cara Penyajian

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari produk susu formula SGM Ananda 1 Presinutri, sebelum menyajikan ini kepada si buah hati, para ibu disarankan mencuci tangan dengan sabun hingga bersih, dan mencuci botol serta dot dengan cara menyikat botol dengan air bersih yang mengalir. Kemudian, bilas botol dan dot dengan air yang mengalir dan rebus botol tersebut untuk proses sterilisasi.

Setelah itu, bersihkan tempat penyiapan minuman dan rebus air minum sampai mendidih selama 10 menit dengan tempat tersebut. Setelah mendidih, biarkan air di dalam panci tertutup selama 10 hingga 15 menit agar suhunya turun menjadi 70 derajat Celcius, lalu tuangkan air ke botol yang telah steril. Kemudian, masukkan satu sendok takar penuh susu bubuk SGM Ananda 1 Presinutri, aduk atau kocok di dalam botol hingga merata, dan sajikan kepada buah hati. Frekuensi pemberian susu SGM Ananda 1 Presinutri disarankan tiga kali sehari, sebagai pendamping ASI dan pelengkap, bukan pengganti makanan.

Ilustrasi: bayi minum susu (sumber: happyfamilyorganics.com)

Ilustrasi: bayi minum susu (sumber: happyfamilyorganics.com)

Dalam memberikan asupan susu formula, penting untuk memperhatikan takaran susu yang tepat untuk bayi. Pemberian susu formula bergantung pada kondisi badan dan umur bayi. Umumnya, bayi yang baru saja dilahirkan atau masih berumur di bawah 6 bulan, biasanya mengkonsumsi sekitar 30 ml susu setiap 2-3 jam. Bayi berumur sekitar 1-2 bulan mengonsumsi 30-60 ml setiap 3-4 jam.

Saat bayi memasuki usia 2-6 bulan, biasanya mengonsumsi susu sebanyak 60-90 ml. Sedangkan, bayi berusia 6 bulan ke atas biasanya membutuhkan 90 ml atau lebih. Perhitungan tersebut bukanlah perhitungan yang baku jika bayi Anda menangis karena lapar menginginkan asupan susu yang lebih maka ibu bisa berikan 30-60 ml susu sebagai tambahan.

Apabila Anda kebingungan untuk menentukan takaran susu formula yang pas untuk bayi, maka sebaiknya gunakan botol susu bayi yang sesuai dengan umur bayi. Anda juga dapat menentukan takaran susu untuk bayi Anda dengan menggunakan rumus: berat badan bayi x 2 x 2,2 x 30 ml.

Dari hasil perhitungan tersebut akan diketahui berapa nilainya dan itu merupakan kebutuhan susu total dalam satu hari. Karena mungkin jumlahnya terlalu banyak untuk diminum dalam satu kali minum, Anda bisa membaginya dalam beberapa kali minum menggunakan botol susu sebagai penakarnya.

Perhitungan takaran susu per sekali minum dengan cara membagi hasilnya dengan berapa kali Anda memberikan susu dalam satu hari. Selain itu, Anda juga dapat melihat takaran yang terdapat dalam kemasan susu formula. Pada kemasan susu formula biasanya tercantum mengenai takaran susu sesuai golongan usia. Anda dapat konsultasi ke dokter anak untuk mendapatkan lebih jelas.

Aturan pemakaian susu formula diharapkan dibuat berdasarkan rata-rata keperluan bayi. Jangan membuat formula lebih pekat atau lebih encer daripada yang ditentukan. Siapkan larutan formula bayi hanya untuk satu kali pemberian dan gunakan langsung setelah disiapkan. Buang sisa larutan formula bayi yang tersisa.

[Update: Galih]

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Susu Segar Cimory
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga Susu SGM 0-6 Bulan Dalam Berbagai Kemasan"