Update Harga Susu Prenagen Esensis (Alfamart, Indomaret, Apotek)

Dalam mempersiapkan kehamilan atau pada saat sedang hamil, ibu perlu nutrisi yang tepat dan cukup. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi susu. Dari sekian banyak merk yang beredar, salah satu yang dapat dijadikan pilihan adalah Prenagen Esensis. Produk ini bisa dibeli di Alfamart atau Indomaret dengan harga yang relatif terjangkau.

Susu Prenagen Esensis (sumber: kumparan)

Masa subur menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan kehamilan. Masa subur sendiri merupakan kondisi ketika sel siap dilepaskan dari ovarium. Apabila sel sperma berhasil bertemu dengan sel telur, maka kesempatan untuk mendapatkan akan semakin meningkat. Biasanya, masa subur terjadi sekitar 12 sampai 16 hari dihitung sejak masa pertama menstruasi.

Bacaan Lainnya

Tanda Masa Subur

  • Suhu tubuh meningkat. Suhu wanita seringkali mengalami peningkatan saat memasuki masa subur. Kenaikan suhu tersebut biasanya disebut dengan suhu basal. Peningkatan suhu tersebut umumnya berkisar antara 0,2 hingga 0,5 derajat Celcius. Cara menghitung peningkatan suhu adalah dengan mengukur suhu tubuh beberapa hari sebelum menstruasi ataupun di hari biasa dengan bantuan alat seperti termometer. Apabila Anda mendapatkan suhu tertinggi, maka bisa jadi Anda sedang dalam masa subur.
  • Perut bagian bawah terasa nyeri. Ketika sedang mengalami datang bulan, Anda mungkin akan merasakan perut bagian bawah terasa nyeri. Hal tersebut dikarenakan sel sedang mengalami peningkatan sehingga mengakibatkan perut bagian bawah terasa perih dan serasa ditarik oleh sesuatu. 

Selain dua tanda di atas, masih ada beberapa tanda lagi yang bisa menunjukkan bahwa Anda dalam masa subur. Dengan mengetahui tanda-tandanya, Anda bisa meningkatkan kesuburan, sekaligus memudahkan Anda mendapatkan keturunan. Di samping melihat masa subur dan juga mengonsumsi susu, bagi Anda yang sedang mempersiapkan kehamilan, tidak ada salahnya juga untuk melakukan beberapa hal berikut ini.

Mengonsumsi Susu Pada saat Hamil – (Karya: Akarawut Lohacharoenvanich)

Langkah Mempersiapkan Kehamilan

  • Konsultasi dengan dokter. Bagi pasangan yang merencanakan kehamilan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Dokter biasanya akan melakukan beberapa pemeriksaan, mengecek riwayat kondisi kesehatan, obat yang sedang atau pernah dikonsumsi, dan lainnya. Hal tersebut dimaksudkan untuk menentukan langkah apa yang sebaiknya diambil sebelum kehamilan untuk menghindari kelainan janin.
  • Kurangi konsumsi daging yang kurang matang. Jika Anda termasuk penggemar daging yang setengah matang, sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut secara bertahap. Daging yang tidak atau kurang matang bisa meningkatkan risiko toksoplasma. Jika tidak ditangani dengan baik, maka bisa menyebabkan keguguran saat hamil, mengganggu pertumbuhan organ, otak, dan saraf janin dalam kandungan.
  • Menghentikan konsumsi vitamin A. Selain daging yang kurang matang, calon ibu juga disarankan untuk mengurangi atau bahkan menghentikan konsumsi vitamin A. Mengapa demikian? Alasannya, di dalam vitamin A terkandung asam retinoat yang bisa berbahaya bagi janin, mengakibatkan bayi lahir dengan cacat.
  • Konsumsi makanan mengandung asam folat. Walaupun di dalam Prenagen Esensis sudah terkandung asam folat yang cukup tinggi, tetapi tidak ada salahnya jika Anda menambahkan konsumsi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat dianggap mampu menurunkan risiko kegagalan ovulasi (proses pelepasan sel dari indung telur) dan meningkatkan kesuburan, baik istri dan juga suami. Jumlah konsumsi asam folat yang disarankan setiap harinya adalah sekitar 400 mikrogram. Makanan yang mengandung asam folat antara lain sayuran hijau, brokoli, alpukat, dan asparagus. Selain bagus untuk ibu hamil, asam folat juga bermanfaat untuk pertumbuhan saraf dan tulang belakang.
  • Pemeriksaan hepatitis B. Menurut klikdokter.com. lebih dari 50% kasus hepatitis B di Indonesia terjadi karena penularan dari ibu ke anak setelah persalinan. Untuk mencegah hal tersebut, sebelum merencanakan kehamilan, ada baiknya suami maupun istri memeriksakan diri. Apabila tidak diperiksakan, maka bisa berbahaya bagi bayi yang baru dilahirkan, bahkan penyakit hepatitis B bisa menyebabkan kanker hati.
  • Deteksi TORCH. Selanjutnya, adalah mendeteksi infeksi TORCH (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, Herpes Simpleks). Pentingnya mendeteksi infeksi tersebut dikarenakan itu dapat menyebabkan keguguran dan cacat bawaan pada janin. Hal yang lebih berbahaya adalah ibu hamil sering tidak menyadari bahwa dirinya mengidap TORCH. Untuk itu, penting untuk melakukan pemeriksaan itu terlebih dahulu sebelum merencanakan kehamilan.
  • Selain deteksi TORCH, tidak kalah pentingnya adalah melakukan imunisasi MMR. Kesehatan janin di dalam perut bisa berbahaya jika Anda ternyata terinfeksi campak dan rubella. Untuk itu, saat memulai perencanaan kehamilan, disarankan untuk melakukan imunisasi MMR, setidaknya satu bulan sebelum kehamilan.

Selain itu, sebagian wanita juga dianjurkan untuk mengonsumsi susu dengan nutrisi seimbang untuk mempersiapkan kehamilan. Di pasaran ada banyak susu persiapan kehamilan, seperti PRENAGEN Esensis.

Susu Prenagen Esensis (sumber: mommyasia.id)

Kandungan Nutrisi PRENAGEN Esensis

Susu PRENAGEN Esensis dikatakan rendah lemak, serta mengandung zat besi, asam folat dan kalsium yang tinggi, pangan (inulin), dan vitamin E. Kandungan zinc, zat besi, dan asam folat dianggap dapat membantu organ reproduksi wanita untuk proses kesuburan. Dengan rutin mengonsumsi PRENAGEN Esensis, diharapkan akan mampu membuat organ reproduksi wanita untuk terjadinya kehamilan

Anda tidak perlu khawatir dengan anggapan orang yang mungkin mengatakan bahwa PRENAGEN Esensis dapat menyebabkan kegemukan. Pasalnya, kandungan nutrisi di dalamnya rendah lemak, sehingga tidak akan meningkatkan berat badan secara berlebihan. Produk ini sendiri hadir dalam rasa coklat, vanila, dan moka. Saran penggunaannya adalah 2 hari selama 3 hingga 4 bulan.

Bagi Anda yang membutuhkan susu PRENAGEN Esensis untuk mempersiapkan kehamilan atau untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat kehamilan, Anda bisa membelinya di minimarket terdekat seperti Alfamart dan Indomaret. Berikut referensi harga PRENAGEN Esensis di kedua minimarket terkenal tersebut.

Harga PRENAGEN Esensis di Alfamart

Varian PRENAGEN Esensis Harga
PRENAGEN Esensis Vanilla 180 gr Rp34.500
PRENAGEN Esensis Velvety Chocolate 200 gr Rp34.500

Harga PRENAGEN Esensis di Alfamart di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga PRENAGEN Esensis saat ini mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, PRENAGEN Esensis Vanilla 180 gr yang awalnya dibanderol Rp34.200, sedikit naik menjadi Rp34.500.

Ilustrasi: tes kesuburan suami istri (sumber: halodoc.com)

Harga PRENAGEN Esensis di Indomaret

Varian PRENAGEN Esensis Harga
PRENAGEN Esensis Vanilla 180 gr Rp33.500
PRENAGEN Esensis Velvety Chocolate 200 gr Rp33.500

Perlu Anda ketahui bahwa harga PRENAGEN Esensis di Indomaret tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga PRENAGEN Esensis saat ini di Indomaret juga cenderung naik. Sebelumnya, PRENAGEN Esensis Vanilla 180 gr dijual dengan harga Rp32.200, sekarang menjadi Rp33.500.

Selain di dua minimarket tersebut, Anda juga dapat menemukan lebih banyak varian rasa dan kemasan susu PRENAGEN Esensis di apotek. Sebagai referensi, kami menyajikan info harga PRENAGEN Esensis di apotek saat ini.

Harga PRENAGEN Esensis di Apotek

Varian PRENAGEN Esensis Harga
PRENAGEN Esensis Moka 180 gr Rp36.849
PRENAGEN Esensis Vanilla 180 gr Rp36.849
PRENAGEN Esensis French Vanilla 180 gr Rp36.849
PRENAGEN Esensis Velvety Chocolate 180 gr Rp36.849
PRENAGEN Esensis Velvety Chocolate 360 gr Rp70.805
PRENAGEN Esensis French Vanilla 360 gr Rp72.736

Harga susu PRENAGEN Esensis di atas kami rangkum dari resmi Apotek K24. Tak hanya tersedia di Apotek K24, susu PRENAGEN Esensis juga dapat Anda beli di Apotek Kimia Farma dan apotek lainnya.

[Update: Ditta]

Pos terkait