Update Harga Susu Kental Manis Sachet di Indomaret, Alfamart, dan Situs E-Commerce

Susu manis merupakan produk turunan susu yang mengandung bahan tambahan berupa minyak nabati.[1] Produk ini dijual dalam berbagai kemasan, mulai dari kaleng, pouch, hingga sachet. Dari semua kemasan yang ada, beberapa orang memilih untuk membeli kemasan sachet karena memiliki harga yang relatif terjangkau. Anda bisa membelinya di minimarket terdekat seperti Alfamart dan Indomaret atau secara online di situs e-commerce.

Susu kental manis (sumber: healthline.com)
Susu manis (sumber: healthline.com)

Susu Manis

Tidak seperti susu pada umumnya, kandungan susu segar pada susu manis (SKM) cenderung sedikit, bahkan hampir tidak ada. Kandungan susu pada SKM hanya dipakai untuk perasa sekaligus penambah aroma. Sementara itu, tingkat kekentalan produk dan pewarna dihasilkan dari minyak nabati yang ditambahkan.

Bacaan Lainnya

Minyak nabati pada SKM diklaim tidak membuat rasanya menjadi berlemak dan enek, justru membuat rasa SKM menjadi creamy dan lezat. Meskipun mengandung banyak minyak nabati, SKM juga mudah larut di dalam air. Hal ini karena kandungan glukosa pada produk yang diketahui mampu mengubah sifat minyak yang tadinya tidak bisa larut dalam air menjadi mudah menyatu dengan air.

Supaya rasa susu manis seimbang antara rasa susu dan manisnya, beberapa produk juga ditambahkan zat penstabil rasa. Selain itu, ada juga produk yang mengandung susu skim atau susu bubuk. Hal ini biasanya berlaku pada susu kental manis full cream supaya teksturnya tidak terlalu kental, tetapi rasanya lebih creamy dan legit.

Ada juga produk yang mengandung air serta mineral, seperti zat besi, fosfor, dan zinc. Kandungan ini tidak hanya berfungsi untuk kesehatan tubuh, tetapi juga sebagai pengatur kekentalan produk. SKM yang terlalu banyak mengandung air, akan memiliki tekstur lebih cair. Sementara itu, produk yang mengandung banyak mineral, biasanya lebih kental dengan tekstur seperti sirup.

Baca juga  Specs dan Harga Keyboard KORG PA600 Professional Arranger Terupdate

Kegunaan dan Penyajian Susu Kental Manis

Dengan tekstur, rasa, dan aromanya, SKM dapat dijadikan sebagai campuran aneka makanan manis. Anda bisa menjadikan susu kental manis sebagai pengganti gula dalam menu es campur atau es buah. Supaya lebih nikmat dan berwarna, biasanya SKM akan dicampur dengan sirup dan ekstrak buah-buahan.

membuat es buah atau es campur dengan tambahan susu kental manis terbilang mudah, karena hanya membutuhkan buah-buahan yang sudah dipotong, cincau yang sudah dicincang, sirup, es batu, dan satu sachet SKM. Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk saji dan es campur atau es buah siap dimakan.

Selain itu, SKM sering dijadikan sebagai bahan campuran dalam pembuatan roti bolu. Ini akan menambah rasa dan aroma roti bolu susu buatan Anda. membuat roti bolu susu dengan susu kental manis tidaklah sulit, karena Anda hanya memerlukan satu sachet SKM rasa vanila atau putih, tepung terigu, telur, gula, garam, dan air.

Campurkan semua bahan ke dalam wadah dan aduk hingga rata menggunakan mixer atau whisk. Setelah adonan jadi, masukkan ke dalam cetakan atau loyang yang sudah dilapisi kertas roti dan diolesi margarin. Panggang atau kukus selama 30 menit atau hingga matang. Setelah matang, keluarkan roti dan angin-anginkan supaya dingin.

Untuk membuat toppingnya, Anda hanya perlu mengoleskan SKM di atasnya sebelum dihidangkan. Beberapa orang juga menambahkan keju parut dan irisan buah segar sebagai topping. Jika Anda ingin membuat bolu yang lebih legit, Anda juga bisa menambahkan satu sachet susu kental manis lagi.

Susu kental manis juga bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat es mambo. Caranya, Anda hanya perlu melarutkan satu sachet SKM ke dalam 250 ml air matang. Masukkan susu kental manis cair ini ke dalam plastik es dan ikat bagian atasnya menggunakan karet. Setelah itu, masukkan ke dalam lemari pembeku selama empat jam atau hingga beku. Untuk varian SKM, Anda bisa memilih rasa vanila atau cokelat.

Baca juga  Info Terbaru Harga Susu Nandhi Murni KUD Batu

Bagi Anda yang membutuhkan susu kental manis untuk berbagai keperluan seperti di atas, Anda bisa membelinya di minimarket terdekat seperti Indomaret. Berikut adalah referensi harga susu kental manis di Indomaret.

Ilustrasi: cara penyajian susu kental manis (sumber: pinterest)
Ilustrasi: penyajian susu kental manis (sumber: pinterest)

Harga Susu Kental Manis Sachet di Indomaret

Merek/Varian Susu Kental Manis Sachet Harga
Cap Enaak Kental Manis Putih 6 x 37 gr Rp6.300
Indomilk Kental Manis Coklat 6 x 37 gr Rp7.500
Indomilk Kental Manis Putih 6 x 37 gr Rp7.500
Frisian Flag Kental Manis Putih 6 x 40 gr Rp8.400
Frisian Flag Kental Manis Cokelat 6 x 40 gr Rp8.400

Harga susu kental manis di atas telah kami rangkum dari situs resmi Indomaret. Harga susu kental manis ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan tahun 2021, harga susu kental manis sachet di Indomaret tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Frisian Flag Kental Manis Cokelat 6 x 40 gr yang dibanderol Rp7.500 tahun 2021, naik menjadi Rp8.400 tahun 2022. Selain bisa membelinya secara langsung di Indomaret, Anda bisa membelinya di Alfamart. Sebagai referensi harga susu kental manis di Alfamart, Anda bisa melihat tabel berikut.

Susu kental manis (sumber: thespruceeats.com)
Susu kental manis (sumber: thespruceeats.com)

Harga Susu Kental Manis Sachet di Alfamart

Merek/Varian Susu Kental Manis Sachet Harga
Indomilk Kental Manis Putih 6 sachet Rp7.900
Indomilk Kental Manis Coklat 6 sachet Rp7.900
Frisian Flag Kental Manis Cokelat 6 sachet Rp8.200
Frisian Flag Kental Manis Putih 6 Sachet Rp8.400

Harga susu kental manis sachet di Alfamart di atas telah kami rangkum dari situs resminya. Harga susu kental manis ini juga tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sama seperti harga kental manis sachet di Indomaret, di Alfamart juga mengalami kenaikan harga. Sebagai contoh, tahun 2021, Frisian Flag Kental Manis Putih 6 Sachet dibanderol Rp8.000, naik menjadi Rp8.400 di tahun 2022.

Jika Anda masih belum menemukan varian atau merek susu kental manis yang Anda inginkan di Alfamart dan Indomaret, Anda juga bisa membelinya secara online di situs jual beli online. Sebagai referensi harga susu kental manis di situs e-commerce, Anda bisa melihat tabel berikut.

Baca juga  Update Harga Susu Dancow Fortigro Full Cream Penggemuk Badan
Produk susu kental manis sachet
Produk susu kental manis sachet

Harga Susu Kental Manis Sachet di Situs E-Commerce

Merek/Varian Susu Kental Manis Sachet Harga
Milkita Susu Kental Manis Coklat 1 sachet Rp1.500
Milkita Susu Kental Manis 1 sachet Rp1.500
Frisian Flag Susu Kental Manis Putih Sachet 40 gr Rp1.500
Indomilk Susu Kental Manis Putih Sachet 1 renceng Rp5.590
Cap Enaak Susu Kental Manis Putih 6 sachet Rp5.750
Tiga Sapi Susu Kental Manis Putih 6 sachet Rp6.500
Milkita Susu Kental Manis Putih 6 sachet Rp7.220
Milkita Susu Kental Manis Cokelat 6 sachet Rp7.325
Frisian Flag Susu Kental Manis Putih Sachet 1 renceng Rp7.500
Frisian Flag Susu Kental Manis Cokelat Sachet 1 renceng Rp7.500
Cap Enaak Susu Kental Manis Cokelat 6 sachet Rp8.000
Indomilk Susu Kental Manis Cokelat 1 renceng Rp9.000
Frisian Flag Full Cream Susu Kental Manis 1 renceng Rp15.000
Frisian Flag Susu Kental Manis Putih Sachet 1 dus Rp139.000
Indomilk Susu Kental Manis Cokelat Sachet 1 dus Rp140.700

Harga susu kental manis sachet di atas tentu tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga susu kental manis sachet tahun 2022 mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, Milkita Susu Kental Manis Coklat 1 sachet yang dibanderol Rp1.250 tahun 2021, sedikit naik menjadi Rp1.500 tahun 2022. Pastikan Anda mengecek harganya sebelum membeli untuk memperkirakan anggaran belanja.

Meskipun susu kental manis memiliki rasa yang lezat dan cocok untuk konsumsi harian, Anda tidak bisa meminumnya secara rutin, apalagi dijadikan sebagai produk pengganti susu harian anak. Dilansir dari kemkes.go.id, susu kental manis mengandung lebih banyak gula dan lemak dibandingkan protein, sehingga tidak bisa memenuhi gizi harian anak.

[Update: Almas]

[1] Hasrini, Reno Fitri & Ainun Khoiriyah. 2018. Analisis Produk Krimer Kental Manis dalam Rangka Pengembangan Standar Nasional Indonesia Baru. Jurnal Standardisasi Balai Besar Industri Agro (BBIA) Kementerian Perindustrian, Vol. 20(3): 171-179.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.