Info Terbaru Harga Susu Enfamil di Pasaran

No comment10284 views

Jika berbicara tentang produk susu, terutama susu formula, memang tidak ada habisnya. Meski banyak kalangan, terutama ahli kesehatan dan gizi, menyarankan agar bayi lebih diutamakan untuk mengonsumsi ASI, kenyataannya merk susu formula malah semakin menjamur di pasaran karena umumnya dijual dengan harga terjangkau, salah satunya Enfamil.

Ilustrasi : Ibu Memberikan Susu Formula Pada Bayi (credit: Parentlane)

Ilustrasi : Ibu Memberikan Susu Formula Pada Bayi (: Parentlane)

Enfamil sebetulnya merupakan produk susu yang diproduksi Mead Johnson, yang diperkenalkan dalam bentuk bubuk dan juga sebagai sebuah cairan pekat. Susu ini merupakan produk formula bayi harian pertama Mead Johnson yang dirancang untuk mencontoh komposisi nutrisi dalam susu ibu atau ASI.

Produk Enfamil dianggap inovatif karena beberapa alasan, salah satunya diformulasikan dengan sembilan persen kalorinya dimasukkan ke dalam bentuk protein, yang lebih menyerupai susu manusia (ASI). Enfamil menjadi susu formula bayi harian pertama di AS yang memasukkan tambahan kolin dan inositol, yang disebut menjadi bahan-bahan gizi penting.

Diperkenalkan pada tahun 1964, botol menyusui (nursette bottle) dianggap melakukan revolusi pemberian makanan untuk bayi di AS, dengan menyediakan Enfamil dalam kemasan botol siap pakai yang dilengkapi dengan dot sekali pakai (disposable) yang sudah dibersihkan dan menawarkan makanan untuk anak dan kemudahan bagi orang tua. Enfamil juga disebut telah mengalami beberapa formulasi ulang yang signifikan dan semakin menyerupai komposisi yang terdapat di dalam ASI.

Di Indonesia sendiri, produk susu formula Enfamil telah hadir dalam berbagai jenis dan kemasan. Berikut beberapa produk Enfamil yang beredar di pasaran Indonesia, beserta dengan komposisi gizi yang dikandungnya.

Varian susu Enfamil (sumber: freestufffinder.com)

Varian susu Enfamil (sumber: freestufffinder.com)

Varian Susu Enfamil

  • Enfamil A+ Tahap I, merupakan susu formula yang ditujukan untuk bayi berumur 0 hingga 6 bulan sebagai makanan pendampingnya. Susu formula ini disebutkan memiliki kandungan kolin, Omega 3 dan Omega 6, serta zat besi yang dinilai bisa mendukung tumbuh kembang sang bayi.
  • Enfamil A+1, susu formula ini juga diperuntukkan bayi berusia 0-6 bulan yang dibuat sebagai pendamping ASI untuk bayi agar pertumbuhan bayi dan perkembangan buah hati lebih terjaga dan optimal. Susu ini hadir dalam berbagai varian rasa dan disebutkan telah didukung dengan vitamin dan mineral.
  • Enfamil A+ PF, ini merupakan susu formula yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi khusus bayi prematur atau BBLR. Perusahaan mengklaim, susu formula Enfamil A+ PF ini memiliki kadar protein dan vitamin D yang tinggi, dan kadar DHA serta ARA yang terbukti secara klinis mendukung perkembangan otak si buah hati. Susu ini juga disebutkan mengandung MCT Oil sebanyak 40 persen yang mampu memudahkan proses pencernaan dan penyerapan lemak bagi bayi prematur, sehingga sang bayi mampu mencapai berat badan yang sebanding dengan bayi normal lainnya.
  • Enfamil A+ Lactofree Care, ini merupakan susu bayi yang disebutkan diperkaya dengan vitamin, mineral, dan DHA. Sesuai namanya, susu bebas laktosa ini cocok bagi si kecil dengan lactose intolerant atau alergi terhadap laktosa. Selain bebas masalah perut, susu ini diklaim dapat memenuhi kebutuhan si bayi untuk berkembang.
  • Enfamil A+ Gentle Care, ini adalah susu formula yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi berusia 0 hingga 12 bulan. Perusahaan mengatakan, susu ini telah didukung dengan kadar DHA 17 mg per 100 kkal dan ARA sebesar 34 mg per 100 kkal yang terbukti secara klinis mendukung perkembangan otak dan sistem imun atau kekebalan tubuh. Susu ini juga disebutkan mengandung kolin sebanyak 127 mg per 100 gram untuk pembentukan dan pelepasan asetilkolin.
  • Enfamil A+ 2, susu formula ini merupakan susu lanjutan untuk bayi berusia 6-12 bulan yang diklaim mengandung DHA 17 mg per 100 kkal dan 34 mg ARA per 100 kkal. Menurut enam studi klinis tentang DHA dan ARA, takaran tersebut dinilai mampu mendukung perkembangan otak dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, susu Enfamil A+ 2 ini juga mengandung kolin sebanyak 127 mg per 100 gram untuk pembentukan dan pelepasan asetilkolin.

Metode Penyajian Susu Enfamil

Beberapa produk susu Enfamil harus disajikan bersama ASI, salah satunya Enfamil Human Fortifier. ASI sebelumnya harus berada dalam kondisi suhu ruangan atau sekitar 25 derajat Celcius. Kemudian, larutan ASI dimasukkan pada yang steril dan hangat. Lalu, campurkan bubuk susu ke dalam ASI dengan takaran 1 sachet plus 50 ml ASI untuk menghasilkan 2 kalori per 40 ml, atau 1 sachet plus 25 ml ASI untuk mendapatkan 4 kalori per 30ml. Aduk perlahan campuran Enfamil Human Fortifier dengan ASI, dan susu siap disajikan. Susu sebaiknya dihabiskan setelah 2 jam penyajian.

Saat ini, sudah banyak toko, minimarket, apotek, maupun toko besar yang menjual susu merk Enfamil dalam berbagai varian dan variasi harga. Anda pun bisa membelinya di beberapa situs e-commerce. Berikut kami informasikan kisaran harga susu Enfamil yang saat ini dijual di pasaran.

Ilustrasi: Cara Penyajian Susu Formula (credit: Firstcry Parenting)

Ilustrasi: Cara Penyajian Susu Formula (credit: Firstcry Parenting)

Harga Susu Enfamil

Varian EnfamilHarga
Enfamil A+ Tahap 2 Susu Formula 400 gram (box)Rp155.000 
Enfamil A+ Tahap 1 400gr boxRp162.900 
Enfamil A+ Lactofree Care Susu Formula Bayi 400 gram (kaleng)Rp208.200
Enfamil A+ Step-Up Care 400 gr (kaleng)Rp209.000
Enfamil A+ Gentle Care Susu Formula 400 gram (kaleng)Rp251.000 
Enfamil A+ PF 400 gram (kaleng)Rp270.000 
Enfamil A+ Tahap 1 800grRp340.000 
Enfamil A+ Tahap 2 Susu Formula 800 gram (kaleng)Rp378.000 
Enfamil A+ Gentle Care Susu Formula 900 gram (kaleng)Rp435.900 
Enfamil A+1 1800 grRp726.000 
Enfamil A+ Tahap 2 Susu Formula 1800 gram (box)Rp727.000 

Harga susu Enfamil tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harganya saat ini ada yang naik dan turun. Sebagai contoh, Enfamil A+ Lactofree Care Susu Formula Bayi 400 gram yang awalnya dijual dengan Rp173 ribu, naik menjadi Rp208 ribu per kaleng. Sementara itu, Enfamil A+ Tahap 1 400 gram yang awalnya dibanderol Rp169 ribuan, turun menjadi Rp162 ribuan per box.

Pemberian produk susu Enfamil untuk buah hati juga tergantung dari masing-masing individu, terutama sang ibu. Sebelum memutuskan untuk memberikan susu formula bagi sang buah hati, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Sebab bagaimanapun juga, ASI tetaplah nutrisi yang terbaik bagi bayi yang baru lahir.

[: Almas]

Baca juga  Daftar Harga Susu WRP Diet To Go Kotak dan Cair Terbaru
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Susu Enfamil di Pasaran"