Update Harga Susu Enfagrow (Enfamil) Untuk Bayi Usia 0-6 Bulan

Masa dan balita merupakan masa pertumbuhan yang pesat dalam tumbuh kembang, terlebih pada rentang usia 0-6 bulan. Oleh sebab itu, sebaiknya Ibu memantau tahap perkembangan si kecil usia 0-6 bulan dan berikan dukungan tepat untuk mengoptimalkan perkembangannya.

Bayi mengonsumsi susu formula (sumber: parents.com)

Bayi mengonsumsi (sumber: parents.com)

Tahap perkembangan bayi dapat dimulai dari usia 0-3 bulan. Pada masa itu, bayi biasanya masih dalam keadaan mengepal, sementara lengannya sudah bisa bergerak ke arah mulut atau pandangannya. Si kecil juga sudah memiliki gerak refleks untuk menyusu, ketika Ibu menyentuh halus bagian pipinya. Bayi juga sudah mulai belajar menegakkan kepala untuk beberapa saat.

Ketika sudah berusia 3 bulan, si kecil sudah mampu memainkan tangan dan kakinya, lalu mulai mengamatinya. Saat tengkurap, bayi sudah bisa mengangkat kepala dan dadanya. Dalam tahap perkembangan ini, tangan si kecil mampu menggenggam sebuah benda di tangannya. Setelah berusia 6 bulan, mulut si kecil juga sudah mulai belajar untuk mengunyah.

Pertumbuhan bayi dari usia 0 hingga 6 bulan, bisa dikatakan sebagai masa yang juga menentukan pertumbuhan dan perkembangan tubuh maupun otak bayi. Organisasi Kesehatan Dunia, WHO (World Health Organization) dan Kementerian Kesehatan Indonesia merekomendasikan pada usia 0-6 bulan untuk memberikan ASI eksklusif. ASI (Air Susu Ibu) mengandung yang cukup hingga bayi berusia 6 bulan.

Tetapi, mungkin saja tidak semua Ibu dapat memberikan ASI secara eksklusif. Beberapa mungkin sudah berusaha memberikan, tetapi jumlah ASI tidak mencukupi, atau disebabkan beberapa hal lain. Oleh sebab itu, Ibu biasanya memberi buah hati mereka susu formula juga, sebagai pendamping ASI.

Salah satu perusahaan yang memproduksi susu untuk bayi berusia 0-6 bulan adalah MeadJohnson. Perusahaan ini memiliki Enfa yang ditujukan untuk bayi mulai usia 0-6 bulan, 6 hingga 1 tahun, 1-3 tahun, dan di atas usia 3 tahun.

Untuk produk susu untuk bayi usia 0-6 bulan, mereka memiliki produk Enfamil A+ One dengan berwarna kuning. Mengutip dari website resmi meadjohson.com, produk ini tersedia dalam berbagai ukuran. Lalu berapa harga susu Enfagrow Enfamil untuk usia 0-6 bulan di pasaran?

Harga Susu Enfagrow 0-6 Bulan

Susu Enfagrow (Enfamil) - (Sumber: bukalapak.com)

Susu Enfagrow (Enfamil) - (Sumber: bukalapak.com)

Nama Produk Harga
Enfamil A+1 1800 grRp695.000
Enfamil A+ Tahap 1 800grRp310.000
Enfamil A+ Tahap 1 400gr boxRp165.000

Setelah usia 6 bulan, Ibu atau orang tua disarankan untuk memberikan MP-ASI atau makanan pendamping ASI dan tetap melanjutkan pemberian ASI sampai si kecil memasuki usia 2 tahun atau lebih. Untuk mengoptimalkan proses menyusui si kecil, Ibu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari. Agar Ibu dapat mendukung tumbuh kembang bayi secara optimal, selain memberikan ASI eksklusif, tidak lupa juga untuk memantau dan menstimulasi perkembangan fisik si kecil.

Anda dapat memberikan stimulasi dalam berbagai cara, mulai dari latihan untuk perkembangan kognitif, motorik, hingga komunikasi. Untuk perkembangan kognitif, Anda dapat mencoba dengan memanggil namanya. Cobalah memanggil nama si kecil sebelum Ibu memasuki ruangan. Ia akan melihat sekeliling untuk melihat dari mana suara Ibu berasal, sehingga perlahan si kecil akan mengetahui namanya sendiri.

Lalu, dapat juga berlatih bermain mengambil benda. Ketika si kecil menjatuhkan mainan, berikan kembali mainan tadi kepadanya. Ibu mungkin lama-kelamaan lelah ketika kegiatan ini berulang untuk keenam atau ketujuh kali, tetapi bagi si kecil kegiatan ini lucu dan mendidik: Ia belajar tentang sebab dan akibat.

Ilustrasi: melatih kemampuan si kecil dengan bermain

Ilustrasi: melatih kemampuan si kecil dengan bermain

Untuk perkembangan motorik, Ibu dapat melatih dengan memberi sesuatu untuk diraih. Tempatkan mainan yang menarik dan letakkan sedikit diluar dari jangkauan si kecil pada saat ia telungkup. Ia mungkin akan mencoba berguling atau bahkan merayap ke arah mainan itu. Juga coba menempatkan mainan di depan si kecil ketika dia duduk dalam posisi tripod atau ketika ia sudah bisa duduk sendiri. Latihan ini akan mendorong si kecil untuk meraih mainan dengan satu tangan, yang akan meningkatkan keseimbangannya. Tempatkan bantal di sekelilingnya untuk perlindungan kalau ia sampai terjatuh.

Sedangkan, untuk perkembangan komunikasi, Anda dapat mengajak si kecil berbicara sesering mungkin dengan si kecil dengan Menggunakan cara bicara yang dilebih-lebihkan dan juga ekspresi wajah akan membantu menarik perhatian si kecil.

Setelah usia 6 bulan, Anda tentu akan menghadapi perkembangan yang lain lagi dari si kecil. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan juga pilihan susu formula yang dikonsumsi.  Setelah menginjak usia 6 bulan hingga 1 tahun, Anda bisa memberikan susu Enfamil A+ tahap 2. Produk ini tersedia dalam kemasan ukuran 350g, 900g, 1,2 kg, dan 1,8 kg. Produk ini dikemas dalam dominan warna pink.

Perkembangan si kecil akan berlanjut ke usia di atas 1 tahun. Pada usia tersebut, Anda bisa memberikan jenis produk susu lain dari MeadJohnson, yaitu Enfagrow A+ 3. Susu ini ditujukan untuk bayi berusia 1-3 tahun. Tersedia dalam ukuran 350g, 900g, 1,2 kg, dan 1,8 kg. Susu ini dikemas dalam dominan warna oranye. Sedangkan, untuk balita dengan usia 3 tahun, ada susu Enfagrow A+ 4 dengan kemasan dominan warna hijau. Produk ini tersedia dalam ukuran 350 g, 900 gr, 1,2 kg, dan 1,8kg.

Dengan memperhatikan apa saja yang seharusnya dikonsumsi buah hati, termasuk susu formula, diharapkan si kecil dapat mengalami masa tumbuh kembang dengan baik, sehingga Ibu juga dapat merasa bahagia.

[Update: Galih]

Baca juga  Update Daftar Harga Susu Lactogen Kaleng dan Kotak
loading...

Leave a reply "Update Harga Susu Enfagrow (Enfamil) Untuk Bayi Usia 0-6 Bulan"