Harga Suplemen Penunjang Produksi ASI Lactamam Tab

Makanan utama baru lahir adalah air susu (ASI). yang baru lahir belum memerlukan tambahan atau makanan lain. Untuk memperbanyak ASI demi mencukupi kebutuhan , ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh ibu. Menurut penelitian, memberi ASI secara eksklusif pada enam bulan pertama memberikan manfaat yang bisa dirasakan dalam jangka panjang.

Harga, Lactamam, di, apotek, apotik, K24, Kimia Farma, perangsang, perlancar, memperlancar, produksi, ASI, bayi, anak, teknik, pijat, cara, penunjang, ibu, menyusui, kandungan, vitamin, menstimulasi, tablet, kemasan, suplemen, pijatan, cara kerja, dosis, penelitian, kategori, obat, konsultasi, dokter, resep, strip, merek,

Ilustrasi: ibu menyusui bayinya (sumber: medium.com)

Berbagai institusi kesehatan dunia, termasuk Badan Kesehatan Dunia (WHO), merekomendasikan pemberian ASI eksklusif karena menurut hasil penelitian, bayi yang diberikan ASI memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami penyakit infeksi, seperti pneumonia dan diare. ASI juga dapat menunjang tumbuh kembang bayi yang normal, dan dapat mengurangi risiko obesitas pada anak dan remaja.

Cara Memperlancar Produksi ASI

Dilansir dari laman Alodokter, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperbanyak ASI, yakni dengan memberikan ASI terus-menerus, istirahat yang cukup, menghindari cemas, mengelola stres, saling berbagi atau bertukar pikiran dengan ibu menyusui lainnya, serta mengonsumsi penunjang produksi ASI yang ada di pasaran.

Berikan ASI terus-menerus

Pada beberapa minggu pertama kelahirannya, jadwal pemberian ASI mungkin belum bisa teratur. Meski begitu, berikanlah ASI kapanpun bayi membutuhkannya. Anda dapat memberi ASI kira-kira dua atau tiga jam sekali, sebab bayi yang baru lahir biasanya minum ASI sebanyak delapan hingga 12 kali dalam sehari. Bayi yang baru lahir perlu dibangunkan untuk diberikan ASI bila pemberian ASI terakhir sudah lebih dari dua jam. Pada prinsipnya, semakin sering diberikan, produksi ASI akan semakin bertambah. Hal ini terjadi karena hormon prolaktin akan bekerja merangsang produksi ASI, apabila Anda terus menyusui.

Baca juga  Info Manfaat, Cara Minum, & Harga Vitamata di Apotik dan Toko Obat

Istirahat yang cukup

Istirahat penting untuk menjaga kestabilan produksi ASI. Atur jadwal tidur Anda, misalnya jika bayi sedang tidur, Anda dianjurkan untuk tidur juga. Beristirahat pun bisa dilakukan sambil bersantai bersama bayi atau mengurangi kegiatan di luar rumah. Hindari rokok dan minuman beralkohol, karena kedua hal tersebut dapat menyebabkan berkurangnya produksi ASI.

Hindari cemas

Anda tidak perlu cemas kekurangan ASI. Selama Anda sehat secara fisik maupun mental dan mengonsumsi makanan sehat, Anda tetap dapat memproduksi ASI. Begitu juga dengan kondisi bayi. Selama bayi baik-baik saja, dia akan terus mengonsumsi ASI dan ASI akan terus diproduksi.

Harga, Lactamam, di, apotek, apotik, K24, Kimia Farma, perangsang, perlancar, memperlancar, produksi, ASI, bayi, anak, teknik, pijat, cara, penunjang, ibu, menyusui, kandungan, vitamin, menstimulasi, tablet, kemasan, suplemen, pijatan, cara kerja, dosis, penelitian, kategori, obat, konsultasi, dokter, resep, strip, merek,

Ilustrasi: ibu dan bayi

Mengelola stres

Selama masa menyusui, usahakan untuk mengelola stres dengan baik. Stres mungkin tidak mengurangi produksi ASI, tapi diduga dapat menghambat proses keluarnya ASI. Mintalah bantuan pasangan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, atau bila perlu, minta bantuan anggota keluarga yang lain dalam merawat bayi. Semua ini untuk meringankan beban Anda sehingga Anda dapat menyusui dengan tenang.

Saling berbagi dengan ibu menyusui lainnya

Bertemu dengan sesama ibu menyusui dapat membuat Anda memiliki teman berbagi. Anda bisa bertukar cerita tentang cara memperbanyak ASI. Anda pun dapat saling memberi semangat agar berhasil memberi ASI eksklusif untuk bayi Anda.

Baca juga  Harga Neurobion 5000 Injeksi (Ecer & Kotak Ampoule)

Konsumsi Makanan Sehat

Nutrisi pada makanan dan minuman yang Anda konsumsi akan diberikan kepada bayi melalui ASI. Oleh karena itu, selama masa menyusui secara eksklusif, Anda memerlukan tambahan asupan kalori sebesar 300-500 kalori per hari.

Anda tidak perlu mengonsumsi makanan tertentu dengan maksud untuk memperbanyak ASI. Yang dibutuhkan sebenarnya adalah menjalani pola makan sehat dan bergizi seimbang untuk menjaga kualitas ASI. Makanan yang dimakan harus mengandung serat, protein, karbohidrat kompleks, susu atau olahan susu, Anda bisa mencoba keju dan yoghurt. Untuk sayur dan buah, Anda disarankan mengkonsumsi sedikitnya lima porsi dalam sehari, sebagai pelengkap vitamin dan mineral di dalam tubuh.

Memompa ASI

Memompa adalah salah satu cara memperbanyak ASI. Untuk ibu baru, mungkin keterampilan menyusui belum cukup memadai. Kesalahan posisi menyusui dapat menyebabkan proses menyusui tidak efektif sehingga ASI tidak keluar dengan lancar.

Gunakan pompa setiap kali selesai menyusui. Jangan pedulikan berapa banyak ASI yang kita dapat, karena tujuan memompa adalah untuk memberikan rangsangan dan stimulasi pada payudara. Selain itu, memompa dapat mengosongkan ASI yang tidak dihabiskan bayi sehingga payudara memproduksi ASI kembali untuk mengganti ASI yang sudah keluar.

Obat dan Suplemen

Kemasan Lactamam, suplemen untuk ibu menyusui (sumber: shopee.co.id)

Jika beberapa cara di atas sudah dilakukan namun ASI masih dirasa kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan Si Kecil, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan obat-obatan perangsang ASI dari dokter. Selama masa menyusui, Anda perlu lebih berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan, termasuk KB. Sebelum mengonsumsi obat-obatan apapun, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu.

Baca juga  Info Harga, Kegunaan, & Review Verile Acne Blemish Cream untuk Noda Bekas Jerawat

Lactamam juga menjadi salah satu merek yang kerap dijadikan rekomendasi untuk menstimulasi produksi ASI. Lactamam mengandung ekstrak biji fenugreek 600 mg, ekstrak daun katuk 100 mg, vitamin B12 20 mcg, calcium phosphate dibasic 12 mg. Merupakan suplemen buat ibu menyusui untuk merangsang keluarnya ASI. Karena ASI adalah makanan yang terbaik bagi bayi. ASI eksklusif diberikan sejak bayi lahir ke dunia hingga berusia 6 bulan. Lactamam tab dianggap cocok bagi ibu merasa produksi ASInya kurang banyak.

Pemakaian Lactamam tab untuk ibu menyusui adalah diminum 3 x sehari 2 kaplet. Boleh diberikan sebelum atau sesudah makan. Namun, Lactamam tab tidak boleh diberikan pada karena mempunyai efek oksitosin (merangsang kontraksi yang kuat pada dinding rahim). Hindari pemakaian Lactamam tab pada penderita diabetes, hipoglikemia (gula rendah), asma, migrain, dan tekanan tinggi.

Lactamam bisa dengan mudah dibeli di sejumlah apotik, seperti Kimia Farma dan K24. Lactamam sekitar Rp40.000/strip. Dalam 1 kemasan, Lactamam terdiri dari 10 tablet/strip. Efek samping Lactamam adalah perubahan bau pada keringat dan urine. Selain itu, obat ini dapat menyebabkan feses menjadi lunak.

loading...

Leave a reply "Harga Suplemen Penunjang Produksi ASI Lactamam Tab"