Dosis dan Update Harga Superhoid untuk Wasir di Apotek

Penyakit hemoroid atau biasa dikenal dengan nama wasir merupakan gangguan anorektal yang sering ditemukan dengan gejala pelebaran dan inflamasi dari pleksus arteri-vena di saluran anus.[1] Untungnya, sudah ada berbagai merk obat yang diklaim bisa mengobati dan mencegah gejalanya, seperti Superhoid. Obat ambeien ini bisa Anda beli di apotek dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: gangguan buang air besar (sumber: gutcare.com)
Ilustrasi: gangguan buang air besar (sumber: gutcare.com)

Indikasi Superhoid

Berbeda dengan obat wasir pada umumnya, Superhoid tersedia dalam kemasan suppositoria, yakni obat berbentuk bulat kerucut dengan pembungkus terbuat dari gelatin. Ketika obat dimasukkan ke dalam tubuh, secara otomatis gelatin pelapis obat akan hancur dan mencair. Sehingga, kandungan obat mampu menyebar dan diserap tubuh dengan cepat.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari halodoc, Superhoid sebagai obat hemoroid memiliki indikasi analgesik atau antinyeri akibat gejala ambeien internal dan eksternal. Hemoroid eksternal merupakan terjadinya varises pada pleksus hemoroidalis inferior di bawah linea dentate dan tertutup kulit. Wasir ini diklasifikasikan menjadi dua, yakni akut dan kronis.

Bentuk akut hemoroid eksternal adalah pembengkakan bulat kebiruan pada tepi anus dan sebenarnya adalah hematoma, sedangkan hemoroid eksterna kronik berupa satu atau lebih lipatan kulit anus yang terdiri dari jaringan dan sedikit pembuluh darah. Sementara, hemoroid internal merupakan pembengkakan vena pada pleksus hemoroidalis superior, di atas linea dentate dan tertutup mukosa.

Baca juga  Khasiat dan Update Harga Purwoceng Xtra Jamu Jago

Ambeien jenis ini dibagi menjadi empat derajat, yakni derajat 1 hingga 4. Pada derajat 1, terjadi varises tanpa ada benjolan saat defekasi. Lalu, derajat 2 ditandai dengan pendarahan dan prolaps jaringan di luar anus saat mengejan selama defekasi, tetapi dapat kembali secara spontan. Derajat 3 gejalanya sama dengan derajat 2, hanya saja prolaps tidak bisa kembali secara spontan. Derajat 4 ditandai dengan prolaps tidak dapat direduksi atau inkarserasi.

Komposisi Superhoid

Dilansir dari K24klik, dalam satu suppositoria, diketahui Superhoid mengandung 1,0% benzokain, 2% ZnO, dan 0,25% alukol. Benzokain merupakan salah satu jenis obat anestesi atau bius lokal yang dipakai meredakan nyeri akibat ambeien. Lalu, ZnO merupakan senyawa anorganik dan termasuk bahan aditif untuk produk obat. Sementara itu, alukol merupakan salah satu bahan untuk mengobati gejala gangguan pencernaan akibat asam lambung berlebihan yang menjadi salah satu pemicu timbulnya wasir.

Seperti dikutip dari klikdokter, Superhoid termasuk obat golongan bebas terbatas dan bisa Anda beli di apotek terdekat atau toko obat berizin. membelinya, Anda tidak memerlukan resep dokter. Namun, jika gejala ambeien Anda terlanjur parah, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter, sehingga Anda bisa mengetahui dosis dan penggunaan Superhoid dengan tepat.

Baca juga  Info Terbaru Harga Ponstan 500 Mg (Tablet, Strip, Box)

Dosis dan Cara Pakai Superhoid

Jika Anda mengalami gejala ambeien ringan, Anda disarankan menggunakan Superhoid sebanyak satu kali sehari. Sementara itu, jika wasir yang Anda derita cukup parah dan mengalami pembengkakan serius, maka dianjurkan menggunakan satu suppositoria dalam 2 hingga 3 kali sehari di awal pengobatan dan dosisnya bisa dikurangi jika ambeien mulai membaik.

Supositoria untuk wasir (sumber: gooddoctor)
Supositoria wasir (sumber: gooddoctor)

menggunakan Superhoid tidak sulit, karena Anda hanya perlu memasukkan obat ini ke dalam anus setelah buang air besar. Dilansir dari SehatQ, sebaiknya Anda mengosongkan usus besar dengan BAB dan cuci tangan dengan sabun hingga bersih sebelum memakainya. Setelah itu, buka bungkus obat dan gosokkan pelumas berbahan dasar air ke ujung suppositoria atau Anda bisa mencelupkannya ke dalam air supaya mudah dimasukkan ke dalam anus.

Ketika memasukkan suppositoria, pastikan ujung yang runcing masuk lebih dulu dan tahan posisi Anda saat memasukkan obat selama 15 menit. Ini bertujuan agar obat bisa larut dan menyebar dengan baik. Setelah itu, cuci tangan hingga bersih menggunakan air hangat dan sabun.

Bagi Anda yang membutuhkan Superhoid menyembuhkan ambeien, pastikan Anda mengetahui harganya di pasaran. Obat ini bisa Anda beli dalam kemasan satu suppositoria atau satu dus dengan harga sebagai berikut.

Baca juga  Update Harga Obat Mata Rohto

Harga Superhoid

Kemasan Superhoid Harga
Superhoid 1 Suppositoria Rp7.139 – Rp8.056
Superhoid 1 Dus isi 6 Suppositoria Rp42.250

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Superhoid di apotek saat ini cenderung naik. Misalnya, Superhoid 1 suppositoria yang semula hanya dibanderol mulai Rp6.868, kini sedikit naik menjadi Rp7.139 hingga Rp8.056. Begitu pula harga 1 dus Superhoid yang naik dari kisaran Rp28.000 sampai Rp34.000, sekarang menjadi Rp42.250.

Perlu diingat, harga obat wasir Superhoid tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. info lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi toko obat terdekat seperti Apotek K24 dan Kimia Farma. Bahkan, saat ini Anda pun dapat dengan mudah memesan Superhoid di apotek online terpercaya.

Efek Samping Superhoid

Meski bermanfaat mengurangi keluhan wasir, Anda patut mempertimbangkan efek samping pemakaian Superhoid. Efek samping tersebut adalah dermatitis atau peradangan kulit yang menyebabkan gatal dan ruam. Tentu saja tidak semua orang mengalami efek samping tersebut saat menggunakan Superhoid. Namun bagi Anda yang mengalaminya dan tak kunjung membaik, segera hentikan pemakaian obat dan hubungi dokter.

(Update: Ditta)

[1] Sudarsono, Danar Fahmi. 2015. Diagnosis dan Penanganan Hemoroid. J MAJORITY Universitas Lampung, Vol. 4(6): 31-34.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.