Update Harga Sugar Glider Albino (Anakan, Dewasa, Jantan, & Betina)

Sugar glider atau oposum layang memiliki nama ilmiah Petaurusbreviceps merupakan mamalia kecil berkantung yang tengah . Selain ada sugar glider joey, beberapa kolektor hewan sedang memburu sugar glider albino. Terbilang jarang, sugar glider albino dijual dengan harga , bahkan bisa mencapai jutaan rupiah per ekor.

Sugar Glider Albino (sumber Animalsake.com)
Sugar Glider Albino (sumber Animalsake.com)

Karakteristik Sugar Glider Albino

Hampir semua jenis sugar glider, termasuk albino tersebar di Papua, Halmahera, Tasmania, dan Australia. Di alam liar, oposum layang suka membuat sarang di lubang pohon hutan primer dan sekunder. Dalam satu sarang, terdapat satu keluarga sugar glider mulai dari 2-4 ekor. Termasuk hewan berkoloni, sugar glider hidup berkelompok. Satu koloni sugar glider bisa berjumlah 5-12 ekor.[1]

Bacaan Lainnya

Berbeda dengan jenis lainnya, sugar glider albino lahir akibat kelainan genetik. Ciri khas dari hewan tersebut adalah bulunya yang putih. Ini sangat berbeda dengan sugar glider white face atau putih yang masih memiliki totol atau garis berwarna abu-abu di tubuhnya. Dari ujung kepala hingga ekor, sugar glider albino memiliki bulu berwarna putih solid.

Ciri khas untuk membedakan sugar glider albino asli dengan yang palsu adalah warna matanya. Sugar glider biasa yang terlahir normal memiliki mata berwarna cokelat kehitaman. Sementara itu, sugar glider albino memiliki warna mata kemerahan. Namun, ada juga yang bermata odd eye.

Sugar glider albino odd eye umumnya memiliki dua warna mata yang berbeda. Ada yang bermata merah di bagian kanan dan bermata kecokelatan di bagian kiri. Ini bisa terjadi akibat kelainan genetik tidak sempurna atau biasa disebut dengan setengah albino. Khusus untuk sugar glider setengah albino seperti ini lebih jarang ditemui dibandingkan albino utuh.

Seperti yang telah dijelaskan, sugar glider adalah mamalia mungil, begitupun dengan varian albino. Semua bagian atau postur tubuh sugar glider albino sama seperti sugar glider pada umumnya. Bahkan, hewan tersebut memiliki kantung kecil di bagian tengah perutnya.

Tak hanya memiliki fisik yang menggemaskan, sifat sugar glider albino juga sangat menarik. Hewan nokturnal ini akan sangat aktif di malam hari dan mereka suka memanjat, berlarian, serta berguling di ruang bermainnya. Saat siang dan pagi hari, hewan ini akan menjadi sangat pemalas, sehingga Anda bisa menggendongnya dan mengelusnya tanpa khawatir akan digigit atau dicakar.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sugar glider albino, pastikan Anda mengetahui cara merawatnya. Memelihara sugar glider albino mirip dengan sugar glider pada umumnya, seperti berikut.

Sugar Glider Albino (Sumber: pinterest.com)
Sugar Glider Albino (Sumber: pinterest.com)

Cara Memelihara Sugar Glider Albino

  • Siapkan ruang bermain khusus untuk sugar glider albino dan letakkan kandang besi di dalam ruang bermainnya.
  • Ruang bermain harus dilengkapi dengan permainan seperti tongkat kayu dan jaring supaya sugar glider tidak stres.
  • Kandang dan ruang bermain sugar glider albino harus dibersihkan setiap hari, minimal dua kali sehari.
  • Pakan tidak boleh telat diberikan karena sugar glider albino mudah stres.
  • Supaya kesehatan sugar glider albino terjaga, bawalah ke dokter setiap 6-12 bulan sekali untuk cek kesehatan.
  • Mandikan sugar glider albino secara rutin untuk menghindari kutu dan jamur.
  • Gunakan conditioner khusus hewan untuk melembutkan dan menghaluskan bulu sugar glider.
  • Air minum harus diganti setiap hari, supaya sugar glider albino tidak mudah terkena gangguan pencernaan.
  • Gunakan gunting khusus untuk memotong kuku sugar glider albino.
  • Vaksin dan vitamin harus diberikan secara teratur dan sesuai kebutuhan.

Meskipun jarang, tidak sulit menemukan sugar glider albino karena sudah banyak breeder yang mencoba mengembangbiakkannya. Bahkan, Anda bisa membelinya melalui situs jual beli online dengan harga seperti berikut.

Sugar Glider Albino (sumber: infobinatang.com)
Sugar Glider Albino (sumber: infobinatang.com)

Harga Sugar Glider Albino

Kategori Sugar Glider Albino Harga per Ekor (Rp)
Sugar Glider Albino Anakan 4.500.000
Sugar Glider Albino Joey Dewasa Betina 5.000.000
Sugar Glider Albino Dewasa Jantan 6.500.000

Harga sugar glider albino di atas telah kami rangkum dari situ e-commerce. Jika dibandingkan dengan tahun 2022 lalu, harga sugar glider albino tahun 2023 mengalami kenaikan. Misalnya sugar glider albino dewasa jantan yang tahun lalu dipatok Rp6 juta sekarang naik jadi Rp6,5 juta per ekor. Perlu diingat, harga sugar glider albino tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Pastikan Anda melakukan pengecekan harga untuk memperkirakan anggaran adopsi sugar glider albino.

[Update: Dian]

[1]Farida, Wartika Rosa, dkk. 2016. Manajemen Pemberian Pakan, Reproduksi dan Bonding pada Oposum Layang (Petaurusbreviceps) di Penangkaran. Proceeding Biology Education Conference Pusat Penelitian Biologi, Vol. 13(1): 606-610.

Pos terkait