Info Harga Strip Kolesterol Semua Merek

No comment1212 views

Gaya hidup yang kurang sehat dan terlalu banyak mengonsumsi makanan-makanan berlemak dapat berisiko membuat seseorang mengalami penyakit kolesterol tinggi. Kadar kolesterol tinggi dalam juga berpotensi memicu komplikasi serius seperti penyakit jantung atau stroke. Oleh sebab itu, menjaga kadar kolesterol dalam tubuh menjadi hal yang penting untuk dilakukan sejak dini.

Kolesterol (sumber: pathway)

Kolesterol (sumber: pathway)

Dilansir dari Alodokter, kolesterol sendiri adalah zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, namun juga dapat ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan . Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Walaupun penting untuk tubuh, kolesterol bisa mengganggu kesehatan apabila kadarnya terlalu tinggi.

Untuk mengetahui kadar kolesterol, Anda bisa melakukan tes kolesterol. Batal normal kandungan kolesterol jahat (Low-density lipoprotein/LDL), kolesterol baik (High-density lipoprotein/HDL), dan trigliserida adalah 200 mg/dL. Dengan rincian, angka HDL sebaiknya berada di atas 60 mg/dL, LDL di bawah 100 mg/dL, dan trigliserida sebaiknya berada di bawah 150 mg/dL.

Baca juga  Berapa Biaya Terbaru Kuret Dengan BPJS Kesehatan?

Tes kolesterol harus dilakukan ketika Anda sehat. Ketika Anda baru saja terkena serangan jantung, memiliki penyakit berat, seperti kanker atau infeksi kronis, setelah menjalani pembedahan atau mengalami kecelakaan serius, kolesterol darah Anda mungkin rendah. Anda harus menunggu minimal 6 minggu setelah sakit apapun untuk mendapatkan pengukuran kolesterol yang tepat.Kolesterol juga tinggi untuk sementara pada saat kehamilan. Perempuan harus menunggu setidaknya enam minggu setelah bayi lahir untuk mendapatkan pengukuran kolesterol.

Lalu, bagaimana tes kolesterol dilakukan? Sebelum pengambilan sampel darah, Anda akan diminta untuk berpuasa selama sekitar 10-12 jam, tetapi tidak lebih dari 16 jam. Karena alasan ini, tes kolesterol biasanya dilakukan di pagi hari setelah berpuasa semalam. Selama berpuasa, Anda boleh minum air dan mungkin juga meminum obat-obatan biasa (bukan obat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol seperti steroid anabolic, beta blocker, epinefrina, kontrasepsi oral, dan vitamin D). Jika memiliki diabetes, Anda perlu mendapatkan saran dokter sebelum berpuasa.

Sampel darah diambil dengan memasukkan jarum ke pembuluh darah di lengan. Hasilnya kemudian dikirim ke laboratorium untuk dianalisis. Bila menggunakan alat pengukur kolesterol portabel, sampel darah cukup diambil dengan menusuk kulit di ujung jari. Pengukuran kolesterol di laboratorium biasanya memberikan hasil yang lebih akurat daripada dengan alat portabel.[1]

Baca juga  Harga Curvit (Syrup, Emulsi, Tablet)

Meski demikian, pengukuran kolesterol secara portable dengan menggunakan alat tes berupa strip sampai saat ini masih begitu disukai. Selain praktis, alat tes strip ini setidaknya bisa memberikan gambaran seperti apa kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Namun kelemahannya, alat satu ini biasanya mengukur kadar kolesterol secara keseluruhan dalam darah, termasuk HDL, LDL, dan trigliserida, sehingga hasilnya terkadang kurang akurat. Apabila Anda memperoleh hasil kadar kolesterol keseluruhan melebihi 200 mg/dL secara terus-menerus, sebaiknya segera melakukan pengujian lebih lanjut di laboratorium.

Ilustrasi: Cek Kolestrol Sendiri (sumber: theasianparent)

Ilustrasi: Cek Kolestrol Sendiri (sumber: theasianparent)

Setidaknya ada beragam merek strip kolesterol di pasaran, mulai dari yang berbentuk strip menyerupai kertas biasa atau yang berupa alat tes digital. Berikut informasi harga strip kolesterol dalam berbagai merek.

Harga Strip Kolesterol

Merek & Tipe Strip KolesterolHarga (Rp)
Accupro strip test kolesterol135.000
Easy Touch strip kolesterol142.999
Autocheck strip kolesterol (10 pcs)161.999
NescoMulticheck strip kolesterol (10 strip per box)162.000
Family Dr strip tes kolesterol (10 pcs)199.900
Benecheck strip cek kolesterol alat monitor kesehatan395.000
Lipid Pro strip cek kolesterol616.000
Baca juga  Info Lengkap Komposisi, Khasiat, dan Harga per Kapsul Obat Kuat Purwoceng Xtra Jamu Jago

Informasi harga strip kolesterol di atas diperoleh dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga strip tes kolesterol dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga strip kolesterol yang berlaku di setiap tempat juga bisa berbeda-beda tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual. Anda bisa membeli strip kolesterol di atau -toko alat kesehatan terdekat. Jika kesulitan untuk menemukannya, Anda juga dapat membeli strip kolesterol secara online melalui sejumlah situs e-commerce.

[1] Salma. 2014. Tetap Sehat di 40: 100 Artikel Kesehatan Pilihan (hlm. 127-128). Jumi H dkk, editor. Jakarta: Gema Insani.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Strip Kolesterol Semua Merek"