Update Harga Stiker TCASH di Indomaret, Alfamart, dan GraPARI

Uang saat ini semakin berkembang dan digunakan oleh banyak orang. Tidak sedikit meluncurkan uang tersebut, salah satunya Telkomsel. Bernama Telkomsel Cash atau biasa disingkat TCASH, ini adalah lifestyle yang dapat digunakan untuk transfer atau melakukan pembayaran. Selain di GraPARI, stiker TCASH ini juga dapat dibeli di berbagai minimarket dan situs jual beli online dengan harga yang relatif terjangkau.

Harga Stiker TCASH - www.cnnindonesia.com

Harga Stiker TCASH - www.cnnindonesia.com

Meski baru dikenal dalam beberapa tahun terakhir, namun uang digital TCASH ternyata sudah diluncurkan Telkomsel sejak tahun 2010 silam. TCASH berfungsi layaknya rekening bank yang fleksibel dan tanpa adanya bunga. Layanan yang dicakup e-money ini antara lain transfer ke bayar dengan TAP, bayar beli di HP, belanja online, hingga berbagi uang.

Seperti dilansir Kompas, hingga akhir tahun 2016 lalu, TCASH diklaim sudah dipakai lebih dari satu juta pelanggan Telkomsel. Perusahaan sendiri menargetkan layanan mereka digunakan sebanyak 10 juta pelanggan pada akhir 2017. Telkomsel sangat yakin bisa meraih target tersebut mengingat pelanggan mereka mencapai angka 155 juta orang.

Sebagai uang elektronik, layanan TCASH telah menerima izin penerbitan dari Bank Indonesia. Seperti disampaikan di atas, berbeda dengan pulsa, layanan ini dapat dipakai pengguna untuk berbagai keperluan transaksi, seperti berbelanja, membayar tagihan, membayar merchant, mengisi pulsa ponsel, hingga mengirim atau transfer uang.

Cara Mengaktifkan TCASH

  • Aktifkan dengan menghubungi nomor *800*88# melalui perangkat mobile Anda.
  • Dapatkan stiker TCASH di gerai GraPARI terdekat, minimarket, atau beberapa situs jual beli online.
  • Tempelkan stiker TCASH pada smartphone Anda. Namun, sebelum memasang stiker, disarankan untuk mematikan fitur NFC yang terdapat pada ponsel pintar terlebih dahulu atau menempelkan stiker di bagian yang tidak menutupi area NFC.
  • Customer service Telkomsel akan membantu pelanggan mengaktifkan nomor PIN TCASH.
Stiker T-Cash (sumber: merdeka.com)

Stiker T-Cash (sumber: merdeka.com)

Apabila layanan TCASH ini sudah aktif, pelanggan dapat melakukan isi saldo TCASH, melalui beberapa cara, seperti langsung ke GraPARI, via ATM Bersama, atau mengunjungi minimarket seperti dan Alfamart. Setelah itu, pengguna bisa langsung memakai layanan TCASH di merchant-merchant pilihan Telkomsel, seperti McDonald’s, The Coffee Bean, Baskin Robbins, Seven Eleven, hingga Cinema XXI.

Harga Stiker TCASH

Tidak susah mendapatkan stiker TCASH karena seperti disampaikan di atas, stiker ini bisa Anda beli di gerai GraPARI, minimarket, maupun situs jual beli online. Di salah satu situs e-commerce dalam negeri, stiker TCASH dijual dengan harga Rp20 ribuan, namun ada juga yang menawarkan harga grosir cuma Rp8.500. Menurut akun Twitter LinkAja, harga stiker TCASH di Indomaret hanya Rp5 ribuan. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, harga TCASH berkisar Rp5 ribuan hingga Rp10 ribuan di online dan Rp5 ribuan di Indomaret.

Memang, per tanggal 21 Februari 2019, TCASH resmi berubah menjadi LinkAja. Transformasi ini diharapkan dapat semakin mengakselerasi inklusi keuangan dan mempercepat terbentuknya cashless society yang diusung pemerintah Indonesia dalam Gerakan Nasional Non-Tunai. 

Untuk pengguna lawas TCASH, tidak perlu melakukan registrasi ulang. Cukup download aplikasi LinkAja di Play Store atau App Store. Setelah Anda mengunduh LinkAja, Anda bisa langsung mengisi saldo dengan dengan top up maksimum hingga Rp2 juta untuk basic service dan Rp10 juta untuk full service. 

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Info Terbaru Harga Sikat Gigi Formula
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Stiker TCASH di Indomaret, Alfamart, dan GraPARI"