Update Harga Stetoskop General Care Berbagai Tipe

Dalam dunia kedokteran, ada banyak peralatan medis yang digunakan, dan alat medis yang sangat umum dipakai oleh dokter untuk memeriksa pasien biasanya adalah stetoskop. Alat ini biasanya diletakkan di jas dokter atau digantungkan di leher agar lebih mempermudah dokter saat hendak memeriksa para pasiennya. Sudah banyak produsen stetoskop di dunia seperti merk General Care yang dijual dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi Stetoskop (sumber: fool.com)
Ilustrasi Stetoskop (sumber: fool.com)

Stetoskop berasal dari kata Yunani, stetos yang artinya dada dan skopein yang artinya memeriksa. Stetoskop adalah salah satu alat kesehatan yang paling banyak diketahui secara umum. Fungsi stetoskop adalah sebagai perangkat medis akustik untuk auskultasi atau sederhananya sebagai alat mendengar suara yang ada di dalam (internal) suatu binatang atau tubuh manusia.[1]

Bacaan Lainnya

Kabarnya, stetoskop ditemukan di Prancis pada tahun 1816 silam oleh René-Théophile-Hyacinthe Laennec. Alat ini terdiri dari tabung kayu kosong. Konon katanya, ia sengaja menciptakan stetoskop agar tak perlu meletakkan telinganya ketika melakukan pemeriksaan di bagian-bagian tubuh yang sensitif seperti payudara atau semacamnya.

Baca juga  Update Harga Permen Fox’s Kemasan Plastik dan Kaleng

 

Jenis Stetoskop

Stetoskop akustik
Stetoskop akustik
  • Stetoskop akustik, adalah jenis yang paling umum digunakan. Alat ini bekerja dengan cara menyalurkan suara dari bagian dada melalui tabung kosong berisi udara ke telinga pendengar. Bagian chestpiece biasanya terdiri dari 2 sisi yang dapat diletakkan di pasien untuk memperjelas suara. Lalu sebuah diaphragm (disk plastik) saat diletakkan di pasien, maka suara tubuh akan menggetarkan diaphragm, menciptakan tekanan gelombang akustik yang berjalan hingga ke tube ke telinga pendengar. Bagian bell menyalurkan suara frekuensi rendah. Permasalahan dari stetoskop akustik adalah tingkatan suaranya yang sangat rendah, sehingga mengakibatkan diagnosis menjadi sulit.
  • Stetoskop elektronik, mengatasi tingkatan suara yang rendah dengan cara memperkuat suara tubuh. Hingga kini, sudah ada beberapa perusahaan yang memproduksi stetoskop elektronik.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, harga stetoskop di pasaran sangat variatif. Jika Anda mencari merk yang cukup terjangkau, Anda bisa memilih brand seperti General Care. Produk stetoskop General Care ini laris di kalangan mahasiswa karena harganya yang memang dikenal murah.

Pada tahun 2020 dan 2021 lalu misalnya, harga General Care Dual Head Stethoscope Economy Rp25 ribu, harga General Care (GC) Stethoscope Economy Full Colour Rp30 ribu, dan harga General Care Dual Head Stethoscope Premiere Transparent Rp45 ribu. Kemudian, pada 2022, stetoskop General Care semua seri dijual dengan harga mulai Rp30 ribu hingga Rp61 ribu. Berikut informasi harga stetoskop General Care di pasaran saat ini.

Baca juga  Info Update Harga Timbangan Digital 150 Kg

Harga Stetoskop General Care

Stetoskop General Care (sumber: carousell)
Stetoskop General Care (sumber: carousell)
Tipe Stetoskop General Care Spesifikasi Harga
General Care Dual Head Stethoscope Economy Dilengkapi head, tube, earhook, ear tip, manual, material head dari aluminium alloy, tube PVC, ear hook dari copper alloy, ear tip plastik, O shape ring tube, dan diaphragm PVC Rp30.500
General Care (GC) Stethoscope Economy Full Colour Dual head chestpiece untuk dewasa, pilihan warna beragam, Oxidized Aluminium chest piece, diameter membrane 48 mm, sensitif untuk pengumpulan suara, alumunium alloy chest piece, konduksi suara yang bagus, dan fitur lock/unlock pendengaran Rp42.000
General Care Dual Head Stethoscope Premiere Transparent Silver dual head chestpiece, diameter membran 47 mm, sensitif untuk pengumpulan suara, insulated acoustic tubing optimized acoustic integrity, ring chill, ear tip yang dirancang khusus untuk menyesuaikan struktur telinga, dan fitur lock/unlock pendengaran Rp65.000

Informasi harga stetoskop General Care di atas diperoleh dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Sebagai perbandingan, tahun lalu, General Care Dual Head Stethoscope Economy dijual dengan harga mulai Rp30 ribu, General Care (GC) Stethoscope Economy Full Colour dijual seharga Rp35 ribu, dan General Care Dual Head Stethoscope Premiere Transparent dilepas seharga Rp61.750.

Baca juga  Update Harga Ford Mustang EcoBoost 2.3 (Semua Tipe)

Perlu Anda ingat bahwa harga stetoskop General Care tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Harga stetoskop General Care yang berlaku di setiap tempat juga bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual. Selain General Care, ada pula merk lainnya yang dapat dijadikan alternatif, seperti stetoskop Onemed warna merah yang dijual kisaran harga Rp35 ribuan.

Apabila Anda sedang mencari stetoskop General Care (GC) atau merk lainnya, Anda bisa membelinya di toko-toko alkes (alat kesehatan) terdekat yang ada di kota Anda. Jika Anda kesulitan menemukan stetoskop yang sesuai, Anda juga bisa membeli stetoskop secara online melalui sejumlah situs e-commerce terkemuka di Indonesia. Namun pastikan untuk menghitung juga ongkos kirim (ongkir) produk hingga sampai ke rumah Anda.

[Update: Ditta]

[1] Jumini, Sri. 2018. Fisika Kedokteran. Wonosobo: Penerbit Mangku Bumi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *