Info Terbaru Harga Sprite 1 Liter di Indomaret & Alfamart (Botol dan Dus)

Sprite adalah salah satu merk minuman bersoda yang terbilang banyak penggemarnya. Sprite tidak hanya digemari oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak dan lansia. Selain menawarkan kemasan botol isi 390 ml, Sprite juga dijual dengan kemasan botol isi 1 liter dengan harga yang tergolong terjangkau di minimarket terdekat seperti indomaret dan Alfamart.

Sprite (sumber: nzz.ch)
Sprite (sumber: nzz.ch)

Cara Menikmati Sprite

Sebagai minuman berkarbonasi, Sprite termasuk jenis minuman ringan yang tidak mengandung alkohol. Minuman ringan dengan karbonasi sendiri merupakan minuman yang dihasilkan melalui penambahan gas-gas karbondioksida ke dalam minuman, sehingga mengandung gelembung-gelembung yang memberikan efek kesegaran dan kepuasan saat diminum. Selain itu, minuman berkarbonasi juga bisa menjadi minuman pelepas dahaga ketika haus.

Bacaan Lainnya

Hasil riset Kementerian Kesehatan yang dilakukan pada 2014 lalu, sebanyak 1,1% penduduk Indonesia diketahui minum minuman bersoda. Artinya, dengan total penduduk berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2010 sebanyak 237,6 juta orang, maka jumlah penduduk yang mengonsumsi minuman bersoda mencapai sekitar 2,6 juta orang dan jumlah tersebut akan semakin naik setiap tahunnya.[1]

Dari sekian banyak merek minuman soda yang beredar, Sprite adalah salah satu minuman yang paling banyak diminum oleh orang Indonesia. Ini karena rasanya yang segar dan tak terlalu banyak jumlah karbondioksidanya. Sehingga, siapa pun bisa menikmati minuman Sprite tanpa khawatir dengan jumlah karbondioksida pada minuman tersebut.

Selain diminum secara langsung, banyak orang memakai Sprite sebagai bahan campuran untuk membuat aneka hidangan. Sprite juga sering dipakai untuk membuat roti sebagai bahan pengganti rhum dan pengembang. Roti seperti chiffon atau bolu yang dicampur dengan Sprite, rasanya diklaim lebih empuk dan lembut. Ini karena komposisi karbondioksida yang tidak terlalu banyak dibanding soft drink merk lain.

Sprite juga bisa dijadikan sebagai campuran dalam aneka jenis minuman. Bagi Anda yang suka dengan es krim, Anda mungkin bisa mencoba membuat minuman float dengan Sprite. Cara membuat float tidaklah sulit, karena Anda hanya membutuhkan dua skop es krim, 250 ml Sprite, kental manis, , dan es batu.

Siapkan gelas saji dan tuang sirup sebanyak 2 sendok makan. Untuk jenis sirup yang dipakai, sesuai selera, Anda bisa menggunakan sirup rasa cocopandan, melon, atau kopi. Tambahkan 1 sendok teh kental manis atau sesuai selera. Kental manis akan membuat minuman menjadi terasa lebih creamy.

Masukkan es batu ke dalam gelas hingga penuh atau sesuai selera. Tuang Sprite secara perlahan agar tidak ada buih di bagian atas gelas. Ambil es krim dan letakkan di atas gelas saji sebagai topping. Beberapa orang juga suka mengganti es krim dengan whipped cream yang lebih lembut dan creamy.

Ilustrasi: Cara Menikmati Sprite (credit: Facebook/Sprite Papua New Guinea)
Ilustrasi: Cara Menikmati Sprite (credit: Facebook/Sprite Papua New Guinea)

Sebagai hiasan, Anda bisa menambahkan potongan jeruk lemon atau daun mint di atas es krim. Float es krim Sprite siap untuk disajikan. Jangan lupa untuk mengaduknya dulu sebelum diminum, sehingga rasa es krim, sirup, dan Sprite akan bercampur dengan rata.

Bagi Anda yang suka dengan es jeli soda, Anda juga bisa membuatnya dengan Sprite. Cara membuatnya tidaklah sulit, karena Anda hanya memerlukan 500 ml Sprite, 2 sendok makan air perasan jeruk lemon, dan 4 sendok makan jelly powder. Sebagai tambahan, Anda bisa menambahkan sedikit potongan buah segar.

Siapkan panci dan masukkan Sprite secara perlahan agar tidak terlalu berbusa. Tambahkan agar-agar dan aduk hingga rata. Nyalakan kompor dengan api kecil dan masak adonan hingga mengental dan mendidih. Matikan kompor dan biarkan adonan agak dingin.

Setelah agak dingin, tuang air perasan jeruk lemon ke dalam adonan dan aduk hingga rata. Siapkan cetakan jelly dan masukkan potongan buah segar, usahakan Anda menatanya dengan rapi. Tuang adonan ke dalam cetakan dan letakkan di freezer selama 8 jam. Keluarkan es yang sudah jadi dan potong-potong, lalu sajikan.

Sebelum Anda membuat semua di atas, pastikan Anda sudah membeli Sprite. Anda tidak hanya bisa membeli Sprite dengan kemasan botol kecil, tetapi juga botol 1 liter. Berikut referensi harga sprite 1 l.

Harga Sprite 1 Liter di Indomaret dan Alfamart

Tempat Pembelian Harga Sprite 1 Liter
Indomaret Rp15.000
Alfamart Rp15.000
Harga Sprite 1 Liter - sangatmanis.wordpress.com
Harga Sprite 1 Liter – sangatmanis.wordpress.com

Harga Sprite 1 Liter

Kemasan Sprite 1 Liter Harga
Sprite 1 liter Rp9.800
Sprite 1 liter dus 12 botol Rp115.000 per dus

Harga Sprite di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga Sprite 1 liter tahun 2022 mengalami perubahan.

Untuk Sprite 1 liter per pcs di e-commerce dibanderol Rp9.000-Rp12.500 di tahun 2020, menjadi Rp9.000-Rp11.900 di tahun 2021, berubah lagi menjadi Rp9.800 tahun 2022. Sementara itu, harga Sprite 1 liter per dus dibanderol Rp215.990 tahun 2020, turun menjadi Rp99.000-Rp110.000 tahun 2021, berubah lagi menjadi Rp115.000 tahun 2022.

[Update: Almas]

[1] Tooy, Gracia Ch. 2016. Gambaran Pengetahuan Keluarga tentang Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan di RT 04 Lingkungan 02 Kelurahan Tapuang Kecamatan Tahuna Timur. Jurnal Ilmiah Tindalung P3M Politeknik Negeri Nusa Utara, Vol. 2(2): 71-75.

Pos terkait