Harga Spidol Snowman Whiteboard Marker

No comment 95 views

Untuk keperluan menulis atau menggambar di papan tulis, dibutuhkan alat bernama spidol. Di pasaran ada dua jenis spidol, yakni spidol permanen dan non permanen. Ada banyak spidol, baik permanen ataupun non permanen yang bisa dipilih. Salah satu yang cukup populer adalah Snowman. Selain karena kualitasnya yang baik, Snowman permanent & boardmarker dipilih karena harganya yang cukup terjangkau.

Ilustrasi: menulis di white board dengan spidol

Merek Snowman pernah menyabet penghargaan Top Brand Awards. Penghargaan tersebut diberikan kepada merek-merek produk berdasarkan penilaian yang diperoleh dari hasil survei berskala nasional di bawah penyelenggaraan Frontier Consulting Group.

Nah untuk produk Snowman Whiteboard Marker atau yang disebut ‘dry erase marker’ adalah jenis spidol yang bisa dihapus pada saat kondisi kering. Spidol whiteboard Snowman menggunakan khusus yang mudah dihapus dengan penghapus papan tulis atau kain atau tisu. Digunakan untuk menulis pada permukaan yang tidak berpori seperti kaca, , plastik, melamin dan lain-lain dan sifatnya sementara.

Spidol Snowman Boardmarker ini umumnya digunakan di papan tulis putih (whiteboard), di beberapa negara menggunakan warna hijau (green board) dan warna hitam (black board) untuk pengajaran di sekolah-sekolah sebagai pengganti kapur tulis.

Penggunaan kapur tulis untuk menulis dan menggambar mempunyai sejarah panjang sampai zaman modern sekarang masih ada beberapa sekolah menggunakan kapur tulis dengan berbagai alasan antara lain biaya lebih murah dan menghindari bau tinta spidol.

Tetapi penggunaan kapur tulis mempunyai kekurangan berdebu dan kotor. Alasan inilah banyak sekolah beralih ke penggunaan spidol whiteboard. Alasan lain yaitu prestise sekolah, sekolah yang telah menggunakan spidol whiteboard dianggap lebih modern dan maju. Untuk sekolah favorit yang menggunakan ruangan ber-AC tentu harus menggunakan spidol whiteboard. Saat ini pengguna spidol lebih banyak dibanding pengguna kapur tulis dan terus akan berkembang semakin banyak.

Berbagai Macam Spidol Whiteboard

Menurut

  • Sedang dan Besar. Spidol Whiteboard ini digunakan untuk menulis di papan tulis, untuk pengajaran di sekolah-sekolah.
  • Kecil. Digunakan untuk menulis plastik transparan OHP (sudah mulai ditinggalkan karena sudah menggunakan proyektor multimedia), digunakan untuk menulis label plastik yang sifatnya sementara.
Harga, spidol, permanen, 1, pack, isi, 12, merek, merk, Snowman, Snowman Marker Permanent, di, pasaran, whiteboard, boardmarker, tinta, isi ulang, non permanen, papan tulis, kelebihan, keunggulan, kekurangan, satuan, lusin, produk, kualitas, kapur, menulis, menggambar, warna,

Spidol Snowman Whiteboard Marker ukuran besar (sumber: pickluck.com)

Menurut Jenis Tintanya

Baca juga  Info Terbaru Harga/Tarif Prangko Prisma di Kantor Pos Indonesia

Tinta berbasis solvent non alkohol. Solvent disebut tiner, turunan bumi,  resin tinta yang digunakan larut di pelarut berbasis ketone, ester dan aromatic solvent (xylene & toluene).  Mempunyai ciri yang berbau aromatik yang menyengat. Spidol tipe ini paling banyak digunakan di Indonesia.
Mempunyai keunggulan warna cemerlang dan tersedia tinta isi ulang spidol (tinta refill spidol). Kekurangannya: bau aromatik menyengat sangat mengganggu saat digunakan untuk pembelajaran guru dan murid  berbahaya bagi . Tidak ramah lingkungan. Di negara tetangga dan negara maju spidol whiteboard tipe ini sudah ditinggalkan karena bau menyengat dan tidak ramah lingkungan serta berbahaya bagi .

Menggunakan tinta berbasis alkohol. Tinta spidol whiteboard yang resinnya larut dalam alkohol. Biasanya kandungan terbesarnya menggunakan ethanol (beberapa formulasi menggunakan metanol, isopropanol atau butanol sebagai campuran). Mempunyai ciri berbau rendah seperti spiritus.

Di Indonesia masih terbatas peredarannya dibanding tipe di atas. Tipe ini telah beredar beberapa merek produk mempunyai  kekurangan: sulit dihapus, cepat kering pada mata spidol, warna agak pudar dan harga tinta refillnya mahal karena hanya tersedia kemasan kecil umumnya 15 ml, 17 ml dan 20 ml. Ada beberapa sekali pakai 2 ml dan 5 ml. Tinta ini mempunyai keunggulan, seperti tidak berbau menyengat dan lebih ramah lingkungan.

Menggunakan tinta berbasis air (water base). Tinta spidol whiteboard yang mempunyai air.  Tipe ini digunakan di China dan Korea. Tipe ini kurang digunakan karena mempunyai kekurangan, seperti:

  • Bermasalah pada tegangan permukaan di papan whiteboard dan tulisan pudar.
  • Penghapusan sulit saat kering, harus menggunakan penghapus yang dibasahi air.
  • Keunggulan ramah lingkungan, kalau bau tergantung aditif yang digunakan.
  • Beberapa merek yang beredar lebih berbau dibanding tipe alkohol.

Menurut Tempat Penyimpanan Tinta

Baca juga  Harga Cat Pernis Clear Coat Sikkens 1 Liter

Menggunakan . Menggunakan tabung dari (serat), umumnya yang digunakan polyester dengan cover plastik. Tempat penyimpanan tinta ini yang paling banyak dipakai pada spidol whiteboard yang beredar di Indonesia. 

Harga, spidol, permanen, 1, pack, isi, 12, merek, merk, Snowman, Snowman Marker Permanent, di, pasaran, whiteboard, boardmarker, tinta, isi ulang, non permanen, papan tulis, kelebihan, keunggulan, kekurangan, satuan, lusin, produk, kualitas, kapur, menulis, menggambar, warna,

Spidol Snowman Whiteboard Marker (sumber: deltaed.co.nz)

Keunggulan tipe ini: Spidol simpel sederhana, tidak banyak komponen plastik molding sehingga lebih murah. Cocok untuk spidol sekali buang.

Spidol tipe ini mempunyai kekurangan: yakni tinta cepat habis, karena tinta hanya bisa ditampung dengan serapan batang fiber. Ketika spidol tak lagi mengeluarkan tinta saat dituliskan, sebenarnya masih ada tinta tersisa di batang fiber, tetapi tertahan keluar karena terserap oleh fiber. Meski bisa diisi ulang, spidol jenis ini dipandang kurang efektif, karena terhitung boros tinta. Proses pengisian ulang pun tidak sesederhana itu, diperlukan percobaan selama beberapa kali untuk mengetahui porsi tinta yang tepat. 

Menggunakan batang spidol sebagai penyimpan tinta (valve system). Spidol tipe ini banyak digunakan pada spidol permanen tipe paint marker untuk warna perak, emas dan putih. Beberapa warna lain pada spidol ini untuk mewarnai ban /motor.

Keunggulan tipe ini adalah daya tampung tinta sangat besar dan dapat menggunakan tinta yang tidak terdispersi sempurna (seperti tinta spidol whiteboard berbasis air). Sebelum tinta didorong keluar, spidol kocok dulu (biasanya ada gotri (bola logam atau kaca) atau potongan logam di dalam spidol) supaya tinta tercampur merata.

Namun, karena daya tampung fiber yang melingkari kecil dan terbatas, cepat habis, harus mendorong mata spidol, terkadang terlalu banyak tinta yang keluar sehingga banjir tinta. Sehingga penggunaan tinta menjadi  boros.

Menggunakan catridge sebagai tempat penyimpanan tinta. Cartridge tinta berbentuk tabung yang berisi tinta cair dipasangkan di dalam batang spidol dihubungkan pipa kapiler kecil ke dalam batang fiber yang pendek. Dari batang fiber tinta dialirkan ke mata spidol.

Keunggulan tipe ini adalah daya tampung tinta lebih besar penggunaan lebih lama, durasi isi ulang lama dan isi ulang mudah, tidak terjadi banjir tinta. Namun, kekurangannya adalah harus menggunakan tipe tinta berkualitas baik yang terdispersi sempurna supaya lancar.
komponen plastik molding lebih banyak.

Harga Spidol Snowman Whiteboard Marker

Merek Snowman diklaim memiliki kualitas yang baik namun setiap produknya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Spidol Snowman Whiteboard Marker biasanya dijual dengan harga Rp6.500 untuk satuan. Sementara untuk 1 pack isi 12 (1 lusin) biasa dijual dengan harga Rp70 ribu hingga Rp90 ribuan.

loading...

Leave a reply "Harga Spidol Snowman Whiteboard Marker"