Info Terbaru Harga Speaker Selenium (12 Inch, 15 Inch, 18 Inch)

Speaker Selenium merupakan perangkat yang banyak dicari atau mereka yang ingin memperoleh kualitas sound system yang berkualitas. Karena dikenal memiliki kualitas suara yang menakjubkan, harga speaker Selenium pun bisa dibilang tergolong mahal. Sayangnya, untuk mencari produk baru speaker ini di pasaran Indonesia tergolong sulit, karena jumlah distributor yang tergolong terbatas.

Harga Speaker Selenium - www.worthpoint.com
Harga Speaker Selenium – www.worthpoint.com

Apa Itu Speaker?

Speaker bisa diartikan sebagai perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan perangkat digital atau analog berupa atau suara. Di samping itu, speaker juga bisa dikatakan sebagai alat bantu keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP3 Player, DVD Player, dan lain sebagainya, atau CPU.

Bacaan Lainnya

Pada dasarnya, speaker merupakan mesin penerjemah akhir, kebalikan dari mikrofon. Speaker menangkap sinyal elektrik dan diubahnya kembali menjadi getaran untuk menggetarkan udara guna membuat gelombang suara. Speaker menghasilkan getaran yang hampir sama dengan getaran yang diterima oleh mikrofon, yang direkam dan dikodekan pada pita magnetik (tape), kepingan CD, LP, dan lain-lain.

Bagian-bagian yang ada di speaker antara lain casing yang berfungsi melindungi seluruh bagian speaker, kumparan yang berfungsi mengalirkan energi gerak menuju sekat rongga, sekat rongga yang berfungsi untuk menghasilkan gelombang tekanan yang diakibatkan gerakan udara di sekitar dari pergerakan kumparan, magnet yang berfungsi melakukan induksi terhadap membran, dan membran yang berfungsi menerima proses induksi magnet yang kemudian menghasilkan bunyi.

Dalam konteks komputerisasi, speaker memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanya dari perangkat penguat /suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri. Proses dari perubahan gelombang elektromagnetik menuju ke gelombang bunyi tersebut bermula dari aliran listrik yang terdapat di penguat audio/suara, kemudian dialirkan ke dalam kumparan. Dalam kumparan ini, terjadi pengaruh gaya magnet pada speaker yang sesuai dengan kuat-lemahnya arus listrik dan menimbulkan getaran pada membran. Dengan demikian, terjadilah gelombang bunyi yang dalam keseharian dapat kita dengar.

Alat ini dapat dibagi menjadi beberapa tipe. Berdasarkan frekuensi yang dihasilkan, perangkat ini dapat dibagi menjadi subwoofer dan woofer. Subwoofer adalah speaker yang memiliki kemampuan suara dari 20 hingga 200 Hz, yang memungkinkan kita mendengarkan suara atau nada yang rendah (full bass) dengan jelas. Sementara, woofer adalah speaker yang memiliki kemampuan menghasilkan suara cukup rendah, yakni berkisar 40 sampai 1.000 H, sehingga suara yang dihasilkan lebih nge-bass.

Selain itu, dikenal pula speaker 3 way, yakni speaker yang memiliki tiga jenis frekuensi, yaitu rendah, menengah, dan tinggi. Speaker yang memiliki kemampuan frekuensi menengah dengan rata-rata 500 sampai 5.000 Hz disebut dengan midrange, speaker dengan frekuensi tinggi (5.000 sampai 20.000 Hz) disebut dengan tweeter, dan speaker dengan kemampuan frekuensi tiga arah disebut dengan full range.

Speaker Selenium (sumber: wilinofilisur.pw)

Varian Speaker Selenium

Speaker Selenium telah dinilai positif oleh sebagian besar pengguna. Kebanyakan mengaku puas dengan kualitas yang dihasilkan speaker ini, dan mayoritas terpesona dengan dentuman subwoofer Selenium. Bahkan, tidak sedikit yang membandingkan speaker ini dengan merek-merek terkenal seperti JBL yang memiliki harga lebih mahal.

Speaker Selenium sendiri telah hadir dalam beragam tipe atau model. Selenium 15SWS1100 misalnya, ini adalah speaker subwoofer yang memiliki diameter 15 inch dan diklaim mampu ‘memecahkan’ penghalang daya 1.000 Watt. Speaker ini dikatakan mampu menangani daya musik hingga 2.200 Watt secara terus-menerus, sehingga cocok bagi mereka yang menginginkan performa premium.

Secara umum, fitur yang ditawarkan speaker ini di antaranya bumped back-plate dan extended pole piece untuk eksekusi maksimal, sistem multi-cooling langsung yang mendinginkan celah dan udara yang terjebak di antara dua spider, koil berdiameter 4 inch dari fiberglass, serat panjang yang tidak ditekan untuk respons dan kekuatan linier, dua kontra penyeimbang, dan bingkai cor yang kuat.

Selain itu, ada juga Selenium 15SWS800 yang juga berdiameter 15 inch. Produk ini memiliki daya 800 Watt dan juga telah dibekali dengan beberapa fitur menarik, seperti menggunakan koil tembaga berdiameter 4 inch, kerucut pulp serat panjang yang tidak ditekan, dan kerangka dari material yang sangat kuat. Speaker ini dikatakan mampu menangani daya musik kontinu hingga 1.600 Watt.

Tipe yang lebih besar adalah Selenium 18SWS1100 yang memiliki diameter 18 inch. Ini adalah speaker subwoofer yang juga dikatakan mampu ‘memecahkan’ penghalang daya 1.000 Watt. Speaker ini dikatakan mampu menangani daya musik hingga 2.200 Watt secara terus-menerus, sehingga cocok bagi mereka yang menginginkan performa premium.

Di atas kertas, Selenium 18SWS1100 memiliki spesifikasi diameter 18 inch, power handling sebesar 1.100 Watt (maksimal 2.200 Watt), hambatan sebesar 8 Ohm, respon frekuensi 30 sampai 2.500 Hz, sensitivitas 97 dB 2.83 V/1m, diameter koil 4 inch, material aluminium, coil fiberglass, dan termasuk kategori subwoofer midrange.

Model lainnya, ada Selenium 10MB3P, yang sesuai namanya, merupakan speaker subwoofer atau mid-bass dengan diameter 10 inch. Speaker ini dikatakan memiliki frekuensi yang cukup tinggi, yaitu 100 dB 1 V/1 m, dengan koil berdiameter 3 inch, konstruksi yang kokoh, respon yang halus, serta fleksibilitas yang maksimal.

Spesifikasi Speaker Selenium – www.adverts.ie

Harga Speaker Selenium

Varian Speaker Selenium Harga
Speaker Selenium 12MB2P 12 inch Rp1.500.000 – Rp2.500.000
Speaker Selenium 15SWS1100 15 inch Rp3.000.000
Speaker Selenium 18SWS1000 18 inch Rp4.000.000
Speaker Selenium SPM1202A Rp7.885.000

Informasi harga speaker Selenium di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya sebenarnya tidak banyak berubah. Selenium 12MB2P 12 inch misalnya, masih tetap dijual Rp1,5 jutaan, sedangkan harga Selenium 15SWS1100 15 inch sedikit turun dari Rp3,5 juta menjadi Rp3 jutaan.

Selain produk baru, banyak juga pedagang yang menawarkan speaker selenium dalam kondisi bekas atau second. Di pasaran dalam negeri, harga speaker selenium bekas ini berada di kisaran Rp2 juta hingga Rp3 jutaan, tergantung kondisi barang. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung datang ke toko peralatan elektronik terdekat di kota Anda.

(Panca)

Pos terkait