Harga Speaker Kenwood 12 Inch (Baru dan Bekas)

No comment145 views

Apabila Anda bergelut dengan , pasti sudah tidak asing lagi dengan Kenwood. Ini adalah salah satu produsen peralatan audio, barang-barang elektronik, dan peralatan komunikasi yang cukup terkenal. Sudah ada banyak produk yang dirilis Kenwood, termasuk speaker. Hadir dalam berbagai ukuran atau diameter, seperti 8 inch, 12 inch, hingga 15 inch, harganya ternyata dapat dikatakan cukup terjangkau.

Ilustrasi: Berbagai Jenis Speaker (credit: garious)

Ilustrasi: Berbagai Jenis Speaker (credit: garious)

Seperti diketahui, dalam sistem audio, bahkan audio visual, speaker memiliki peranan yang sangat penting. Biasa disebut pengeras suara, ini adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponen yang berbentuk membran untuk menggetarkan udara, sehingga terjadi gelombang suara dan sampai ke gendang telinga dan kita dapat mendengarnya sebagai suara.[1]

Pengertian lain speaker yaitu perangkat elektronika yang terbuat dari logam dan memiliki membran, kumparan, serta magnet sebagai bagian yang saling melengkapi.[2] Tanpa adanya membran, sebuah speaker tidak akan mengeluarkan bunyi, demikian juga sebaliknya. Speaker juga disebutkan sebagai sebuah transduser elektro-acoustical yang mengubah sinyal listrik ke suara.[3]

Untuk menghubungkan perangkat ke speaker agar suara dapat keluar, kita dapat menggunakan setidaknya dua model penghubung. Pertama adalah audio wireline atau kabel, yang memiliki fungsi sebagai media transmisi yang berperan untuk mempercepat penyampaian pesan, dan yang kedua adalah koneksi audio nirkabel yang dipancarkan oleh device berupa transmitter, kemudian sinyal diteruskan ke bagian penerima.[4]

Baca juga  Info Harga Home Theater Polytron Berbagai Seri

Jenis Speaker

  • Subwoofer, merupakan jenis speaker yang dapat menghasilkan frekuensi suara 20 Hz hingga 200 Hz, sehingga kita dapat mendengarkan nada rendah atau full bass. Biasanya, speaker jenis ini dipasang pada speaker aktif komputer, speaker mobil, speaker aktif ruangan, dan sebagainya. Untuk pemasangannya, diperlukan box terpisah dengan speaker lainnya.
  • Woofer, adalah jenis speaker yang dapat menghasilkan frekuensi rendah, yakni sekitar 40 Hz hingga 1000 Hz, sehingga suara yang dihasilkan pun akan lebih ngebass. Jenis ini sering ditemukan di hampir semua jenis speaker aktif ruangan dan dijual di berbagai toko peralatan elektronik.
  • Midrange, adalah speaker yang mampu menghasilkan frekuensi menengah sekitar 500 Hz hingga 5000 Hz, sehingga suara yang dihasilkan terdengar lebih jelas. Umumnya, jenis ini dapat ditemukan pada speaker aktif 3 way.
  • Tweeter, adalah jenis speaker yang mampu menghasilkan frekuensi sekitar 500 Hz hingga 20.000 Hz, sehingga suara yang dikeluarkan sedikit melengking.
  • Full range, adalah jenis speaker yang mampu menghasilkan nada rendah, menengah, maupun tinggi, dan kerap digunakan untuk speaker sound system luar ruangan.
Ilustras: Kenwood Speaker 12 Inch (credit: crutchfieldonline)

Ilustras: Kenwood Speaker 12 Inch (credit: crutchfieldonline)

Speaker Kenwood

Sudah ada banyak merk speaker yang diluncurkan ke pasaran dalam negeri dan salah satu, seperti disinggung di atas, yang cukup populer adalah Kenwood. Menurut review sejumlah kalangan, Kenwood sering dipilih lantaran speaker ini mampu mengeluarkan suara yang jernih, termasuk untuk audio mobil. Selain itu, kualitas material Kenwood juga unggul, dan dengan kualitas yang sama itu, harga speaker Kenwood diklaim lebih murah.

Baca juga  Update Harga Keyboard Yamaha PSR S500 (Baru dan Bekas)

Dikutip dari situs resmi Kenwood , perusahaan saat ini menghadirkan speaker X Series, salah satunya model KFC-XS170. Ini adalah speaker berdiameter 17 cm, yang diklaim sudah memiliki sertifikat Hi-Resolution dan didukung rigid aluminium die-cast frame untuk mengurangi getaran yang tidak perlu serta neodymium magnet dengan cavity architecture untuk meningkatkan kinerja mid-bass.

Selain model tersebut, Kenwood juga menghadirkan seri KFC-MW3000, yang merupakan speaker berdiameter 30 cm atau 12 inch, bertipe subwoofer. Menurut lembar spesifikasi resmi, speaker ini mampu menghasilkan daya puncak 1.200 Watt dengan daya RMS sebesar 300 Watt pada 4 Ohm. Perangkat tersebut juga memiliki respon frekuensi sebesar 36 Hz hingga 300 Hz dan kedalaman mounting hingga 147 mm.

Harga Speaker Kenwood 12 Inch

Nah, apabila Anda tertarik membeli speaker buatan Kenwood, Anda bisa langsung menuju toko perangkat audio terdekat atau membeli secara online lewat situs e-commerce. Untuk speaker Kenwood KFC-MW3000 berukuran 12 inch, sekarang dijual dengan harga Rp940.000 hingga Rp1.100.000. Namun, ada pula yang menjual perangkat tersebut dengan harga Rp1.776.000 hingga Rp2.370.000 per . Sementara, harga produk bekasnya berkisar Rp600 ribu sampai Rp700 ribuan, tergantung kondisi barang. Sebelum membeli, perhatikan apakah produk yang akan Anda beli itu asli atau tidak.

Baca juga  Harga Freezer Box 100 Liter (Berbagai Merk)

[1] Supriyatno, Eko dan Siswanto. 2016. Pemodelan Sistem Audio Secara Wireless Transmitter Menggunakan Laser Pointer. Jurnal Teknik Mesin, Vol. 5(Edisi Spesial): 155-158.

[2] Suyanto. 2013. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

[3] Waluyati, Sri, dkk. 2008. Modul Teknik Audio Video Home Theater. Jakarta.

[4] Supriyatno, Eko dan Siswanto. Op cit.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Speaker Kenwood 12 Inch (Baru dan Bekas)"