Harga Soundcard Behringer (Baru dan Bekas)

Apabila Anda sehari-harinya berkecimpung di dunia audio atau rekaman, pasti sudah tidak asing lagi dengan soundcard. Kartu suara adalah salah satu perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data digital menjadi informasi suara yang dapat didengar telinga manusia.[1] Di pasaran dalam negeri, sudah banyak merk soundcard berkualitas yang dapat dipilih dan salah satu yang cukup populer adalah produk buatan Behringer. Anda bisa membelinya di berbagai toko audio atau dengan harga rata-rata jutaan rupiah.

Salah satu varian soundcard Behringer (sumber: churchfront.com)
Salah satu varian soundcard Behringer (sumber: churchfront.com)

Seperti disinggung di atas, soundcard adalah perangkat keras alias hardware yang berguna untuk mengubah data digital menjadi informasi suara yang dapat didengar oleh telinga manusia. Soundcard bisa merekam suara berformat analog (baik dari mikrofon atau alat audio lainnya) menjadi digital yang nantinya disimpan dalam media penyimpanan.[2]

Bacaan Lainnya

Dikutip dari Kompas.com, Gooch Synthetic Woodwind dianggap luas sebagai soundcard pertama yang digunakan di terminal PLATO (sistem instruksi berbasis komputer pertama).Dibuat oleh Sherwin Gooch pada tahun 1972, komponen ini bertugas memadukan empat suara. Enam tahun berselang, komputer Apple II menggunakan soundcard plug-in yang disebut ‘Apple Music Synthesizer’, yang dikembangkan oleh perusahaan bernama ALF Products.

Agar dapat berfungsi dengan baik, suatu soundcard setidaknya memiliki empat bagian utama. Bagian pertama adalah interface yang terhubung dengan motherboard, biasanya menggunakan Peripheral Component Interconnect (PCI). Kemudian, ada konektor input dan output, sehingga user dapat memasang headphone, speaker, atau mikrofon. Bagian ketiga adalah fitur Digital to Analog Converter yang memungkinkan konversi data digital ke suara analog, dan komponen terakhir adalah fasilitas Analog to Digital Converter yang memungkinkan untuk membuat rekaman digital dari input suara analog.

Review Soundcard Behringer

Di pasaran dalam negeri, ada banyak merk soundcard yang telah meluncur, dan salah satu yang cukup terkenal adalah Behringer. Behringer sendiri adalah perusahaan asal Jerman yang berdiri pada tahun 1989 silam dan memang berfokus pada peralatan audio seperti audio mixer, speaker, USB audio interface alias soundcard, microphone, headphone, dan peralatan lainnya.

Dikutip dari situs resminya, Behringer telah merilis beberapa soundcard untuk pasaran global. Di Indonesia, salah satu model yang cukup laris adalah Behringer UMC2, yakni antarmuka USB ultra-kompak 2 x 2, 48 kHz dengan XENYX microphone preamp tingkat studio, kombinasi input XLR/TRS untuk input vokal, dan input tambahan 0,25 inch input instrumen (tidak perlu kotak DI). Kumpulan fitur yang kaya, termasuk dua output dan daya yang dipasok USB, menjadikan UM2 diklaim terbaik dan menjadi antarmuka perekaman portabel di kelasnya.

Varian lainnya adalah Behringer UMC202HD, yakni sebuah antarmuka USB yang dikatakan dapat merekam produk atau hanya dalam hitungan menit dengan semua konektivitas untuk mikrofon, gitar, bass, dan keyboard. Anda dapat merekam vokal yang sempurna untuk DAW berbasis komputer berkat 2 preamp mikrofon rancangan Midas, yang mencakup daya phantom +48 Volt untuk mikrofon kondensor, semuanya melalui converter 24-bit/192 kHz tingkat untuk kualitas suara sebaik mungkin.

Yang tidak kalah populer adalah Behringer UMC204HD, yang dikatakan dapat menjembatani kesenjangan antara kreativitas dan penggemar Anda. Antarmuka USB 2.0 yang sangat cepat dalam sebuah kotak ini dapat merekam karya Anda dalam hitungan menit dengan semua konektivitas yang diperlukan untuk mikrofon, gitar, keyboard, dan bahkan perangkat MIDI. Behringer UMC204HD yang sangat andal dikatakan dapat membantu Anda bersinar di domain digital.

Varian Soundcard Behringer (sumber: sweetwater.com)
Varian Soundcard Behringer (sumber: sweetwater.com)

Harga Soundcard Behringer

Varian Soundcard BehringerHarga
Behringer UM2Rp900.000
Behringer UMC22Rp1.100.000
Behringer UMC202HDRp1.650.000
Behringer UMC204HDRp1.990.000
Behringer UM404HDRp3.080.000
Behringer UMC1820Rp5.100.000
Behringer U-PHORIA Complete Recording/Podcasting BundleRp2.175.000
Behringer U-PHORIA Pro Complete Recording/Podcasting BundleRp3.450.000

Informasi harga soundcard produksi Behringer di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga soundcard Behringer tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing penjual bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

Harga Soundcard Behringer Bekas

Apabila harga produk baru Anda rasa masih terlalu mahal, tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa membeli soundcard Behringer dalam kondisi bekas dengan harga lebih murah. Soundcard Behringer UM2 second misalnya, sekarang dijual dengan harga mulai Rp500 ribuan, sedangkan harga Behringer UMC202HD bekas berkisar Rp1,2 jutaan.

[1] Utomo, Mardi Siswo. 2005. Rancang Bangun Aplikasi Pemutar Suara Digital untuk Laboratorium Bahasa Menggunakan Delphi 6.0. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Vol. X(3): 125-132.

[2] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *