Ciri Khas dan Update Harga Sop Janda (Jawa Sunda) di Bekasi

Sop Janda merupakan salah satu kuliner yang cukup populer di Bekasi, Jawa Barat. Kuliner tersebut adalah sop bening dengan campuran daging dan sayur. Dinamakan Sop Janda, karena makanan ini mengusung cita rasa sop dari Jawa dan Sunda. Di daerah Bekasi banyak kedai yang menyediakan menu Sop Jawa Sunda dengan harga per porsi yang relatif terjangkau.

Ilustrasi: Sop Janda Bekasi (credit: Viva)
Ilustrasi: Sop Janda Bekasi (credit: Viva)

Sop Janda menjadi salah satu kuliner pilihan bagi para pelancong yang mampir ke Bekasi, karena rasanya yang unik dan lezat. Masuk dalam kategori makanan berkuah, cita rasanya yang sedap dan sedikit pedas membuatnya cocok dinikmati ketika malam hari atau ketika cuaca dingin. Berbeda dengan jenis sop lainnya, dalam seporsi Sop Janda, Anda bisa merasakan kuah yang segar, gurih, asin, dan sedikit pedas karena dalam kuahnya berisi kaldu daging sapi dan cabai rawit.

Bacaan Lainnya

Untuk isiannya, Sop Janda menggunakan daging sapi pilihan dan daging iga. Anda bisa memilih bagian daging yang ada dalam Sop Janda. Selain itu, ada juga Sop Janda yang dilengkapi dengan wortel. Sebagai topping, ditambahkan daun bawang dan bawang goreng.

Asal-Usul Sop Janda

Terdapat beberapa versi mengenai asal usul Sop Janda. Versi paling populer adalah pencetus Sop Janda bernama Darmi. Dikisahkan sekitar tahun 1997, Darmi yang saat itu berstatus sebagai janda mulai menjual menu sop dengan menyertakan embel-embel janda. Siapa sangka, penamaan menu yang unik tersebut ternyata memancing rasa penasaran banyak orang hingga menjadikan Sop Janda populer.

Baca juga  Info Terbaru Harga Bawang Goreng Kemasan Semua Merk

Kepopuleran Sop Janda ternyata membuat pebisnis kuliner lain melihat peluang, akhirnya muncullah Sop Janda dengan versi lain. Meskipun begitu, Sop Janda Mpok Darmi diklaim sebagai yang pertama dan autentik. Versi lain menyebutkan bahwa Sop Janda tidak ada hubungannya dengan status janda si penjual. Penamaan janda sebenarnya berasal dari singkatan Jawa Sunda yang merupakan perpaduan suku sebagai pencipta menu ini.

Sop Janda (Jawa Sunda) di Bekasi - www.tribunnews.com
Sop Janda (Jawa Sunda) di Bekasi – www.tribunnews.com

Ciri Khas Sop Janda

Meskipun ada beberapa versi mengenai asal usulnya, Sop Janda memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh sop jenis lain, yaitu penambahan cabai rawit utuh di dalamnya. Penambahan cabai rawit utuh ini tentu saja untuk menambah rasa pedas sehingga akan menimbulkan sensasi ‘nagih’ bagi penikmatnya. Tulang dan iga sapi dalam Sop Janda juga diyakini memiliki tekstur dan rasa yang berbeda karena dipercaya Sop Janda dibuat dengan cara istimewa yang dirahasiakan.

Di beberapa warung Sop Janda, juga ada pilihan kuah pedas dan tidak pedas. Untuk Sop Janda kuah pedas, warnanya merah menyala dengan cabai rawit merah utuh dan sebagai pelengkapnya. Sementara itu, Sop Janda kuah tidak pedas hanya memakai cabai hijau yang utuh.

Baca juga  Info Terbaru Tarif Jasa Cuci Helm Sepeda Motor

Rasa pedas sop ini sebenarnya tidak hanya didapatkan dari cabai rawit merah dan hijau, tetapi juga merica serta rempah-rempah lainnya. Rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatan berbeda dengan rempah-rempah sop pada umumnya. Rempah-rempah tersebut adalah jenis rempah khas untuk memasak Jawa dan Sunda. Setiap kedai Sop Janda juga menambahkan rempah-rempah tersendiri sebagai ciri khas. Untuk lebih jelas mengenai kedai mana saja yang menjual Sop Janda dan harga per porsinya, Anda bisa melihat tabel berikut.

 Sop Janda (credit @Mutiz Mukhran)
Sop Janda (credit @Mutiz Mukhran)

Harga Sop Janda

Nama Tempat Makan Alamat Harga per Porsi
Sop Janda Lepas Bekasi Taman Puri Cendana Blok AA No. 8, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Sop Janda Lepas: Rp23.000
 

Sop Janda Pedas Jatiasih

Jl. Wibawa Mukti No. 64, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat. Sop Janda Ikan Mujair Mantap: Rp30.000
Sop Janda Ikan Mas Mantap: Rp30.000
Sop Ikan Salai (Ikan Asap): Rp37.000
Sop Janda Tulang Iga Jumbo: Rp55.000
Sop Janda Ikan Gurame Mantap: Rp86.666
Sop Janda Ma Idah Jl. Cut Mutia No. 3, Sepanjang Jaya, Kec. Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat Sop Janda: Rp35.000
Sop Janda Kalimalang Jl. Kalimalang, Kayuringin Jaya, Bekasi, Jawa Barat Sop Janda: Rp35.000
RM Sop Janda Sukamahi Jl. Raya Sukamahi, Sukamahi, Kec. Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat Sop Janda: Rp37.000
Sop Janda Jawa Sunda Jl. Raya Pekayon No. 11, Pekayon Jaya, Bekasi, Jawa Barat Sop Janda: Rp38.000
Sop Janda Cikarang Pasir Gombong, Bekasi, Jawa Barat Sop Janda: Rp40.000
Sop Janda Ibu Darmi Jl. Lanjutan, Gandamekar, Kec. Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat Sop Janda: Rp50.000
Sop Janda Ibu Fahru Jl. Banda 1 No. 25, Gandamekar, Kec. Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat Sop Janda + Nasi: Rp55.000
Sop Janda: Rp50.000
Sop Janda Sate Tegal Grand Wisata Revina Ruko Festive Garden Blok Aa 16 No. 15, Jl. Grand Wisata, Bekasi, Jawa Barat Sop Janda: Rp72.000

Informasi harga sop janda telah kami rangkum dari berbagai sumber di wilayah Bekasi, termasuk aplikasi pesan antar. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, Sop Janda di Grand Wisata Revina yang semula dijual seharga Rp66 ribu, naik menjadi Rp72 ribu per porsi. Berbeda dengan harga Sop Janda di warung Jawa Sunda yang turun dari Rp49 ribu menjadi Rp38 ribu per porsi.

Harga Sop Janda tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan kebijakan kedai. Pastikan Anda mengecek harganya sebelum membeli Sop Janda, sehingga Anda bisa memperkirakan anggaran kuliner dengan mudah. Sop Janda pun dapat Anda pesan melalui layanan delivery order GoFood maupun GrabFood.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *