Update Harga Sop Buntut Hotel Borobudur Legendaris

Sop buntut merupakan hidangan tradisional Indonesia dengan bahan dasar buntut sapi yang dimasak dengan sayuran, seperti wortel, kentang, kol, daun bawang, dan seledri.[1] Nah, salah satu restoran yang terbilang cukup legendaris serta terkenal dengan menu sop buntut enak adalah Hotel Borobudur yang ada di Jakarta. Meskipun harga hidangan tersebut tidaklah murah, banyak pencinta kuliner yang menyukainya karena rasanya yang lezat.

Sop buntut Hotel Borobudur (sumber: travelingyuk)
Sop buntut Hotel Borobudur (sumber: travelingyuk)

Varian Sop Buntut Hotel Borobudur

Berlokasi di Jl. Lapangan Banteng Selatan No. 1, Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta, Hotel Borobudur tidak hanya menyediakan fasilitas untuk menginap, tetapi juga kuliner. Bagi para pengunjung hotel yang ingin menginap atau sekadar berkuliner, bisa mencicipi aneka hidangan lezat di restaurant hotel.

Bacaan Lainnya

Menu buntut sapi atau Oxtail dishes tampaknya menjadi incaran para foodie yang mampir ke hotel ini. Tidak hanya karena unik dan menarik, tetapi juga rasanya yang lezat. Menu oxtail dishes tersebut antara lain, nasi goreng buntut, buntut penyet, buntut sosis solo, dan buntut bitterballen.

Tak ketinggalan, ada juga sop buntut atau legendary oxtail soup. Dilansir dari website resminya, khusus untuk menu ini, Anda bisa memilih varian buntut sapi yang ingin dimasak menjadi sop, di antaranya regular, grilled, fried, atau penyet style. Untuk menu reguler, ini adalah menu sop buntut khas Hotel Borobudur dengan buntut sapi yang diolah langsung dengan cara direbus. Nah, untuk Anda yang ingin mencicipi rasa sop buntut yang tak biasa, Anda bisa memilih varian grilled atau dibakar, fried atau digoreng, dan penyet style atau dipenyet dengan sambal dan disajikan secara terpisah dengan kuah sop.

Umumnya, orang-orang akan memesan varian reguler, karena cita rasa sop buntutnya yang lebih autentik dibandingkan varian lainnya. Tak hanya itu, konon, kaldu sop buntut ini lebih terasa dan kental dibandingkan sop buntut varian lain. Karena, buntut sapi dimasak secara langsung dalam panci bersamaan dengan bahan pelengkapnya hingga matang.

Sop buntut Hotel Borobudur (sumber: hotelborobudur.com)

Review Sop Buntut Hotel Borobudur

Dalam satu porsi sop buntut yang Anda pesan, Anda akan mendapatkan satu mangkuk sop buntut dan sepiring nasi hangat, lengkap dengan peralatan makan, seperti sendok dan garpu. Uniknya, sop buntut ini diletakkan di dalam mangkuk berbentuk kotak dengan alas piring datar berbentuk kotak, menunjukkan makanan yang disajikan di Hotel Borobudur berkualitas premium.

Berbeda dengan sop buntut pada umumnya yang berkuah bening, sop buntut Hotel Borobudur memiliki kuah yang kental dan berwarna kecokelatan. Sekilas, mungkin Anda akan mengira bahwa sop ini mengandung kecap dan bercita rasa manis, tetapi siapa sangka memiliki cita rasa yang segar, sedikit asin, dan asam. Diketahui, warna kecokelatan yang muncul pada kaldu sop adalah hasil dari rempah-rempah, sayuran, tomat, dan asam jawa.

Disajikan dengan nasi hangat bertabur bawang goreng krispi, menurut salah satu konsumennya, sop buntut Hotel Borobudur memiliki cita rasa yang sangat berkaldu, lezat, dan potongan ekor sapi yang tebal. Tak hanya itu, konon daging pada tulang ekor sapi mudah digigit dan lembut. Tekstur daging yang empuk membuat Anda tidak akan kesulitan untuk memisahkan daging dan tulang ekor sapi.

Bawang goreng dan irisan daun bawang juga ditaburkan di dalam mangkuk sup supaya rasanya lebih gurih dan bertekstur. Seperti yang kita ketahui, kadang makanan berkuah memiliki rasa yang monoton akibat teksturnya yang sejenis. Dengan tekstur yang bervariasi, Anda justru akan merasa ketagihan menyantapnya.

Sebagai pelengkap, ada irisan jeruk nipis, sambal, dan kerupuk. Jika Anda merasa kuah sop buntut kurang asam dan segar, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis. Lalu, bagi Anda pencinta pedas, tak perlu sungkan untuk menuangkan semua sambal ke dalam sup dan mengaduknya. Nah, kerupuk tak boleh absen di atas meja makan, karena sebagian besar orang Indonesia merasa kurang lengkap jika tidak ada kerupuk di nasinya.

Tidak hanya bisa makan sop buntut Hotel Borobudur di lokasi secara langsung dengan menu paket legendary, Anda juga bisa membungkusnya untuk dibawa pulang dengan memesan menu take away. Berikut referensi harga sop buntut Hotel Borobudur.

Sop buntut Hotel Borobudur (sumber: hotelborobudur.com)

Harga Sop Buntut Hotel Borobudur

Paket Sop Buntut Hotel Borobudur Harga per Porsi
Legendary Rp190.000
Take Away Rp208.000

Harga sop buntut Hotel Borobudur di atas telah kami rangkum dari website hotel yang bersangkutan. Perlu diingat, harga sop buntut Hotel Borobudur tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Meskipun begitu, harga sop buntut Hotel Borobudur tahun 2022 masih sama seperti tahun 2021.

[Update: Almas]

[1] Tyas, Agnes Siwi Purwaning. 2017. Identifikasi Kuliner Lokal Indonesia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pariwisata Terapan Universitas Gadjah Mada, Vol. 1(1): 1-14.

Pos terkait