Info Terbaru Harga SolarTuff Solid (SolarFlat)

Polycarbonate memang menjadi salah satu jenis material yang kerap dipakai untuk atap, umumnya berbentuk lembaran besar yang dapat dipasang tanpa sambungan.[1] Sekarang, sudah banyak atap polycarbonate yang dapat Anda pilih untuk hunian Anda. Namun, jika ingin yang punya tampilan elegan, bening, dan tetap kuat, salah satu yang direkomendasikan adalah SolarTuff Solid atau yang kerap disebut SolarFlat. Di pasaran, produk ini dijual dengan harga mulai ratusan ribu rupiah dan telah hadir di berbagai toko bahan bangunan serta situs jual beli online.

Ilustrasi: Perbedaan Solartuff Solid dan Solarflat (credit: impack-pratama)
Ilustrasi: Perbedaan Solartuff Solid dan Solarflat (credit: impack-pratama)

SolarTuff Solid merupakan produk solid flat polycarbonate sheet produksi PT Impack Pratama Industri. PT Impack Pratama Industri sendiri adalah perusahaan Indonesia yang berbasis terutama bergerak dalam bahan bangunan plastik manufaktur dan produk. Produknya diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yakni atap, fasad, dan bahan baku, dengan merk seperti TwinLite, SolarFlat, SolarTuff, LaserCool, Alcotuff, Alcolite, Decobond, dan Impraboard. Melalui anak perusahaannya, PT Impack Pratama Industri juga terlibat dalam bisnis yang lain, seperti bahan plastik bangunan dan real estate.[2]

Bacaan Lainnya
Baca juga  Info Terbaru Harga Rodalon (100 ml dan 1 Liter), Antiseptik Desinfektan Ternak

Kembali ke SolarTuff Solid, material ini disebut-sebut memakai material terbaik dengan teknologi terkini dari Eropa. Keistimewaan produk ini adalah memiliki tingkat visibilitas atau tembus pandang seperti kaca dan juga kuat, dengan tingkat kejernihan yang diklaim paling tinggi dan tahan terhadap benturan, diklaim 250 kali lebih kuat dari kaca dan 20 kali lebih kuat dari akrilik.

Tidak hanya itu, SolarTuff Solid juga dikatakan memiliki permukaan yang rata dan halus, anti-bocor (dengan pemasangan yang benar), tahan banting dan hampir tidak bisa pecah, fleksibel dan mudah dipasang, tidak membutuhkan banyak rangka dikarenakan beban yang ringan, perlindungan terhadap UV dan tahan terhadap cuaca, serta memiliki fitur peredam suara.

Umumnya, SolarTuff memang cenderung diaplikasikan sebagai atap kanopi serta atap rumah kaca. Namun, material ini tidak hanya dapat Anda gunakan sebagai atap. SolarTuff Solid pun bisa Anda gunakan sebagai pembatas jalan tol kedap suara, bangunan umum yang terekspos dengan benturan dan vandalisme, plastik untuk kebutuhan keamanan Anda, tameng anti huru-hara, pelindung mesin pabrik, signage dan lampu-lampu neon, hingga papan reklame dan dekorasi lampu.

Memotong lembaran SolarTuff Solid Polycarbonate bisa menggunakan gergaji, gergaji tangan, atau jigsaw. Lembaran harus dijepit sebelum dipotong untuk menghindari lembaran bergetar dan hancur. Anda bisa memulai pemotongan dengan pisau gergaji dengan gerakan, gunakan power dengan kecepatan rendah untuk mengatur pemotongan sehingga material tidak terlalu panas dan meleleh.

Baca juga  Harga Pil KB Andalan (Strip & Box) di Pasaran

Biarkan masking terpasang untuk menghindari goresan yang tidak diinginkan. Selalu gunakan kacamata pelindung saat memotong lembaran. Gunakan gergaji bundar bermata tiga dengan carbide. Gergaji pita harus memiliki 5 gigi per cm dan hanya digunakan untuk memangkas lembaran atau memotong bentuk yang tidak rapi.

Ilustrasi: Kanopi Berbahan Solartuff (credit: Lazada)
Ilustrasi: Kanopi Berbahan Solartuff (credit: Lazada)

Cara Memasang SolarTuff Solid

  • Selalu memasang lembar SolarTuff Solid dengan permukaan Ultra Violet (UV) menghadap matahari.
  • Plain (non-embossed) SolarTuff Solid Polycarbonate sheet dilindungi oleh masking film di kedua sisinya, sedangkan embossed hanya pada sisi UV.
  • Masking harus dibiarkan menempel pada saat fabrikasi dan pemasangan untuk melindungi permukaan dan hanya dilepas pada saat pekerjaan telah selesai.
  • Untuk jenis plain (bukan embossed), pastikan untuk mengenali sisi UV sebelum pemasangan. Pasalnya, sangat tidak mungkin untuk membedakan sisi yang dilindungi UV setelah masking dilepas.
  • Pengeboran lubang pada jarak 3 sampai 5 mm dari pengancing untuk ruang pemuaian pada siang hari dan pengerutan pada malam hari.
  • Untuk aplikasi pada atap, direkomendasikan kemiringan minimal 5 derajat agar air bisa mengalir.
  • Gunakan hanya pengancing anti-karat untuk genteng kubah tahan cuaca.
Baca juga  Info Terbaru Harga Alat Sounding Meter di Pasaran

Harga SolarTuff Solid

Jenis/Ukuran SolarTuff Solid Harga
SolarTuff Solid 1,2 mm Rp170.000 – Rp181.800 per meter
Rp9.450.000 per roll (50 meter)
SolarTuff Solid 3 mm Rp470.000 – Rp700.000 per meter
Rp1.150.000 – Rp1.300.000 per lembar
Rp10.300.000 per roll (20 meter)
SolarTuff Solid 6 mm Rp985.000 per meter
Rp5.800.000 per lembar (6 meter)

Harga SolarTuff Solid di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko material bangunan dan situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga material ini sebenarnya relatif stabil. SolarTuff Solid 1,2 mm misalnya, awalnya dijual Rp166 ribu hingga Rp180 ribu dan sekarang berkisar Rp170 ribu sampai Rp180 ribu per meter. Sementara, harga SolarTuff Solid 3 mm yang semula Rp449 ribu per meter, kini menjadi Rp470 ribu per meter.

[Update: Panca]

[1] Prianto, Eddy dan Agung Dwiyanto. 2013. Profil Penutup Atap Genteng Beton dalam Efisiensi Konsumsi Energi Listrik pada Skala Rumah Tinggal. Modul, Vol. 13(1): 23-34.

[2] Setianto, B. 2016. Saham-Saham Basic Industry & Chemical di BEI per Laporan Keuangan Q1 2016. Jakarta: BSK Capital.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.