Update Harga SolarFlat Semua Ukuran (1,2mm, 3mm, 6mm)

Jika Anda menginginkan punya atap yang dapat menyalurkan penerangan alami, namun kuat atau solid, salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan adalah SolarFlat. Ini adalah atap yang hadir dengan penampilan sebening kaca dan tetap kokoh. Di pasaran, SolarFlat dijual dengan harga mulai ratusan ribu rupiah dan telah hadir di berbagai toko bahan bangunan serta situs jual beli online.

Seperti yang kita ketahui, atap adalah salah satu bagian rumah yang paling terlihat dari luar dan sangat menentukan penampilan hunian. Selain itu, atap berperan melindungi isi rumah dari panas, dingin, hujan, angin, dan pengaruh cuaca lainnya.[1] Sementara, secara estetis, atap merupakan elemen yang sangat menentukan ciri atau karakter suatu bangunan, misalnya rumah gadang dan joglo, paling mudah dikenali dari atapnya.[2]

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Kegunaan Solar Flat (credit: impack-pratama)
Ilustrasi: Kegunaan Solar Flat (credit: impack-pratama)

Dulu, atap yang kerap dipakai masyarakat di Indonesia adalah yang terbuat dari genteng, entah itu tanah liat, keramik, beton, aspal, hingga atap dari bahan ijuk, rumbia, seng, dan asbes. Seiring waktu, tingkat kesadaran manusia akan pentingnya kelestarian lingkungan dan penggunaan energi pun semakin meningkat. Akhirnya, muncul alternatif bahan membuat atap, seperti PVC hingga polycarbonate.

Baca juga  Harga Brush Pen Tombow (Satuan dan Pack)

Polycarbonate sendiri memang menjadi salah satu jenis material yang kerap dipakai untuk atap. Bahan ini umumnya berbentuk lembaran besar yang dapat dipasang tanpa sambungan.[3] Kelebihan atap polycarbonate adalah dapat dipasang dengan mudah dan cepat, namun harganya memang relatif lebih mahal dibandingkan atap lainnya, seperti genteng, sirap, atau seng. Untuk varian lebih murah, ada PVC (polyvinyl chloride), dengan daya tahan lebih lama dibandingkan fiberglass.

Kelebihan SolarFlat

Sekarang, sudah banyak atap polycarbonate yang dapat Anda pilih untuk hunian Anda. Jika ingin yang punya tampilan elegan, bening, dan kuat, salah satu yang direkomendasikan adalah SolarFlat. Banyak juga yang menyebutnya dengan SolarTuff Solid, ini merupakan lembaran polycarbonate yang diklaim punya kejernihan luar serta memiliki ketahanan terhadap benturan. Pasalnya, material ini diproduksi menggunakan bahan baku terbaik, diproses dengan teknologi terbaru dari Eropa, membuatnya memiliki kualitas yang mumpuni.

Ada sejumlah kelebihan atau keunggulan yang ditawarkan oleh SolarTuff Solid. ini punya material yang jernih sebening kaca, diklaim 250 kali lebih kuat dari kaca dan 20 kali lebih kuat dari akrilik, memiliki permukaan yang rata dan halus, anti-bocor (dengan pemasangan yang benar), tahan banting dan hampir tidak bisa pecah, fleksibel dan mudah dipasang, tidak membutuhkan banyak rangka dikarenakan beban yang ringan, perlindungan terhadap UV dan tahan terhadap cuaca, serta memiliki fitur peredam suara.

Baca juga  Kegunaan dan Update Harga Simas Margarin (Repack & Karton)

Umumnya, SolarFlat memang cenderung diaplikasikan sebagai atap kanopi serta atap rumah kaca. Namun, material ini tidak hanya dapat Anda gunakan sebagai atap. SolarTuff Solid pun bisa Anda pergunakan sebagai pembatas tol kedap suara, partisi bangunan umum yang terekspos dengan benturan dan vandalisme, plastik untuk kebutuhan Anda, tameng anti huru-hara, pelindung pabrik, signage dan lampu-lampu neon, hingga papan reklame dan dekorasi lampu.

Jika Anda tertarik menggunakan SolarFlat sebagai atap di rumah Anda, tidak sulit mendapatkan material tersebut. Anda bisa membelinya di sejumlah toko bahan bangunan. Bahkan, tidak sedikit yang menawarkan di situs jual beli online. Sebagai referensi, berikut kami sampaikan informasi terkini kisaran harga SolarFlat di pasaran dalam negeri.

Aplikasi solarflat untuk atap kanopi (sumber: medium.com)
Aplikasi solarflat untuk atap kanopi (sumber: medium.com)

Harga SolarFlat

Jenis/ SolarFlat Harga
SolarFlat 1,2 mm Rp170.000 – Rp181.800 per meter
Rp9.450.000 per roll (50 meter)
SolarFlat 3 mm Rp470.000 – Rp700.000 per meter
Rp1.150.000 – Rp1.300.000 per lembar
Rp10.300.000 per roll (20 meter)
SolarFlat 6 mm Rp985.000 per meter
Rp5.800.000 per lembar (6 meter)
Baca juga  Update Harga Granit 60x60 per Dus

Harga SolarFlat di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko material bangunan dan situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga material ini sebenarnya relatif stabil. SolarFlat 1,2 mm misalnya, awalnya dijual Rp175 ribu per meter dan sekarang berkisar Rp170 ribu sampai Rp180 ribu per meter. Untuk info lebih detail, silakan datang ke toko bahan bangunan terdekat.

[Update: Panca]

[1] Prianto, Eddy dan Agung Dwiyanto. 2013. Profil Penutup Atap Beton dalam Efisiensi Konsumsi Energi Listrik pada Skala Rumah Tinggal. Modul, Vol. 13(1): 23-34.

[2] Ranti, S. 1997. Rumah Tropis-Tropical House (Cetakan ke-5). Jakarta: Penerbit Djambatan, hlm. 132.

[3] Prianto, Eddy dan Agung Dwiyanto. Op. cit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *