Info Kegunaan & Harga Sodium Sulfat Terbaru

Anda yang berkecimpung di industri pembuatan sabun, detergen, atau bahkan pulp kertas mungkin sudah tak lagi dengan bahan kimia yang disebut sodium sulfat atau yang memiliki nama lain natrium sulfat. Bahan ini punya banyak kegunaan di dunia industri. Bahkan kabarnya dengan total produksi yang mencapai 6 juta ton per tahun, sodium sulfat termasuk salah satu komoditas bahan kimia utama yang banyak dibutuhkan. Di pasaran sendiri sodium sulfat dijual dengan harga yang beragam, tergantung merek dan pabrikannya.

Ilustrasi: Harga Sodium Sulfat (credit: tbsnews.net)
Ilustrasi: Harga Sodium Sulfat (credit: tbsnews.net)

Tentang Sodium Sulfat

Dilansir dari Wikipedia, sodium sulfat atau natrium sulfat adalah natrium dari asam sulfur. Dalam bentuk anhidratnya, senyawa ini berbentuk padatan kristal putih dengan rumus kimia Na2SO4, atau lebih dikenal dengan mineral tenardit; sedangkan bentuk dekahidratnya mempunyai rumus kimia Na2SO4·10H2O yang lebih dikenal dengan nama garam Glauber atau sal mirabilis. Bentuk heptahidratnya juga berbentuk padatan, yang akan berubah menjadi mirabilit ketika didinginkan.

Bacaan Lainnya

Dekahidrat natrium sulfat dikenal sebagai garam Glauber setelah ahli kimia dan apoteker /, Johann Rudolf Glauber (1604–1670), yang menemukannya pada tahun 1625 di mata air Austria. Dia menamakannya sal mirabilis (garam ajaib), karena sifat obatnya: kristal digunakan sebagai pencahar tujuan umum, sampai alternatif yang lebih canggih muncul pada tahun 1900-an.

Pada abad ke-18, garam Glauber mulai digunakan sebagai bahan baku untuk produksi industri soda ash (natrium karbonat), melalui reaksi dengan kalium (kalium karbonat). Permintaan soda ash meningkat dan pasokan natrium sulfat pun terus meningkat. Oleh karena itu, pada abad ke-19, proses Leblanc skala besar, yang menghasilkan natrium sulfat sintetis sebagai perantara utama, menjadi metode utama produksi soda ash.

Dua pertiga dari produksi dunia decahydrate (garam Glauber) berasal dari mineral alami bentuk mirabilite, misalnya seperti yang ditemukan di dasar danau di Saskatchewan selatan. Pada tahun 1990, Meksiko dan Spanyol adalah produsen utama dunia natrium sulfat alami (masing-masing sekitar 500.000 ton), dengan Rusia, Amerika Serikat, dan Kanada masing-masing sekitar 350.000 ton. Sumber daya alam ini diperkirakan mencapai lebih dari 1 miliar ton.

Kegunaan Sodium Sulfat

Ilustrasi: Kandungan Sodium Sulfat dalam Deterjen (credit: Unilever)
Ilustrasi: Sodium Sulfat dalam Deterjen (credit: Unilever)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sodium sulfat memiliki banyak manfaat dalam dunia industri, di antaranya berguna untuk pembuatan deterjen atau sabun colek. Sodium sulfat berfungsi untuk membantu daya bersih produk sabun colek. Bahan ini berupa bubuk putih dan mudah larut dalam air. Sodium sulfat juga berfungsi sebagai bahan pengisi (filler), yakni memperbesar volume produk.[1]

Tak cukup sampai di situ, sodium sulfat pun memiliki peranan dalam proses pembuatan kraft pulping dari kertas, berguna untuk produksi asam klorida, pembuatan industri tekstil, pembuatan dalam industri farmasi, hingga untuk pembuatan gelas.

Dalam industri tekstil, terutama di Jepang, sodium sulfat membantu dalam “meratakan,” mengurangi muatan negatif pada serat sehingga pewarna dapat menembus secara merata. Di Indonesia sendiri, natrium sulfat umumnya didapat sebagai produk samping dari industri viscose rayon. Sodium sulfat juga digunakan sebagai pengencer untuk pewarna makanan. Bahan ini dikenal dengan kode aditif E514.

Meskipun natrium sulfat atau sodium sulfat umumnya dianggap tidak beracun, bahan kimia ini tetap harus ditangani dengan hati-hati. Debu atau serbuknya dapat menyebabkan sementara jika terhirup oleh atau bahkan menimbulkan mata. Risiko tersebut dapat dicegah dengan pelindung mata dan masker kertas. Berikut harga sodium sulfat tahun 2022 dengan 2023.

Harga Sodium Sulfat

Sodium sulfat (sumber: alibaba.com)
Sodium sulfat (sumber: alibaba.com)
Merek Sodium Sulfat Harga Sebelumnya (Rp) Harga Sekarang (Rp)
Sodium Sulfate Ex. IBR Repack 1 kg 5.000 7.000
Natrium Sulfat Anhidrat (sodium sulfate) 500 gr 153.000 115.000
Sodium Sulfat Lenzing 50 kg 195.000 195.000
Sodium Sulphate Birla sak 50 kg 225.000  
Sodium sulfat, anhydrous, granular Univar 500 gram 255.000 255.000
Sodium sulfat, anhydrous, granular Loba Chemie 500 gr 340.000 450.000
Sodium Sulfate Merck Pro Analis 1000 gram 633.000 633.000

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga beberapa sodium sulfat tahun 2021, 2022, dan 2023 ada yang mengalami perubahan. Sebagai tambahan, pada tahun 2020, sodium sulfat dibanderol Rp120 ribu hingga Rp633 ribu. Kemudian, tahun 2021 berubah jadi Rp106 ribu sampai Rp633 ribu. Informasi harga sodium sulfat di atas diperoleh dari berbagai sumber.

Perlu Anda ketahui bahwa harga sodium sulfat atau natrium sulfat dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga sodium sulfat yang berlaku di setiap tempat juga bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[Update: Dian]

[1]Permono, Ajar. 2015. Membuat Sabun dan Shampo. Jakarta: Penebar Swadaya Grup.

Pos terkait