Harga Slebor Depan Honda BeAT Original dan KW

Setiap komponen yang ada di sepeda motor pasti memiliki fungsi yang penting, tidak terkecuali spakbor. Sering juga disebut slebor, ini adalah bagian kuda besi yang didesain sedemikian rupa untuk melindungi pengendara dari cipratan air saat hujan turun atau ketika melewati genangan air. Apabila Anda kebetulan punya skuter matik Honda BeAT dan slebor depannya rusak, tidak perlu khawatir. Pasalnya, Anda bisa membeli penggantinya, baik yang original maupun KW, dengan harga relatif terjangkau.

Slebor depan Honda BeAT (sumber: astra-honda)
Slebor depan Honda BeAT (sumber: astra-honda)

Seperti diketahui, sepeda motor tetap menjadi kendaraan favorit banyak orang di Indonesia. Pasalnya, sepeda motor merupakan alat transportasi yang memiliki dimensi lebih kecil dibandingkan mobil sehingga relatif mudah dipakai saat menerjang kemacetan lalu lintas.[1] Tidak cuma itu, sepeda motor dianggap sebagai kendaraan dengan harga jauh lebih hemat, mudah dalam perawatan, irit bahan bakar, dan cepat dikendarai untuk mencapai tujuan.[2]

Bacaan Lainnya

Fungsi Slebor Motor

Seperti alat transportasi pada umumnya, sepeda motor juga terdiri dari banyak komponen. Nah, salah satu komponen yang ternyata sangat penting tetapi kerap diabaikan pengendara adalah spakbor. Biasanya terletak di bagian depan dan belakang sepeda motor, spakbor, seperti disinggung di atas, punya fungsi untuk melindungi penumpang maupun pengendara agar tidak terkena cipratan air.

Baca juga  Update Harga Minerva Megelli 250 RE & RV

Bukan cuma pengendara dan penumpang yang terlindungi dengan adanya spakbor. Komponen tersebut juga dapat melindungi bagian mesin serta bagian injeksi sepeda motor agar tidak terkena air, kotoran, atau debu. Jika di dalam mesin terdapat tumpukan debu, dapat mengganggu kinerja sepeda motor sehingga kuda besi Anda tidak bisa beroperasi secara optimal.

Tidak hanya itu, slebor, demikian peralatan ini juga sering disebut, dikatakan bisa menambah kepercayaan diri Anda saat berkendara. Pasalnya, bentuk slebor memang didesain sedemikian rupa oleh pabrikan dengan cukup apik, terkadang bahkan terlihat elegan dan sporty, sehingga mampu menambah estetika kuda besi.

Selain itu, penggunaan spakbor di sepeda motor juga telah diatur dalam undang-undang. Spakbor merupakan piranti yang wajib ada dalam suatu sepeda motor, sesuai Peraturan Pemerintah No. 25 Tahun 2012 Pasal 40. Aturan tersebut berbunyi bahwa spakbor merupakan komponen yang wajib terpasang di setiap kendaraan baik motor maupun mobil. Bentuk spakbor pun tidak boleh asal-asalan, harus memiliki lebar paling sedikit selebar telapak ban dan mampu mengurangi percikan air atau lumpur ke belakang atau badan kendaraan.

Baca juga  Specs dan Info Terbaru Harga Kawasaki W175 Cafe

Apabila sepeda motor kedapatan tidak spakbor, maka polisi lalu lintas berhak menilang Anda. Pihak kepolisian akan meminta Anda untuk membayar denda sebesar Rp250 ribu atau Anda masuk penjara paling lama satu bulan. Peraturan ini juga berlaku untuk komponen lainnya seperti helm dan surat-surat kendaraan.

Sayangnya, karena merupakan bagian dari bodi, slebor memang rawan mengalami kerusakan, entah itu lecet akibat tergores atau malah pecah karena terjadi tabrakan. Jika kondisinya sudah parah, mau tidak mau, Anda memang harus mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Untung saja, saat ini tidak sulit mendapatkan slebor baru karena sudah banyak bengkel yang menjualnya.

Untuk slebor depan Honda BeAT misalnya, Anda sudah dapat membelinya di dealer resmi Honda atau lewat bengkel-bengkel umum. Bahkan, banyak yang menawarkan komponen tersebut melalui sejumlah situs jual beli online. Harganya bervariasi, dengan yang asli umumnya dijual dengan harga lebih mahal dibandingkan produk aftermarket dan KW.

Slebor depan Honda BeAT (sumber: shopee)

Harga Slebor Depan BeAT

Slebor Depan BeAT Harga
Slebor Depan BeAT FI & CBS Putih Original Rp112.000
Slebor Depan BeAT FI Hitam Original Rp113.000
Slebor Depan BeAT FI K25 Original Rp126.000
Slebor Depan BeAT FI & CBS K25 Biru Original Rp126.000
Slebor Depan BeAT FI & CBS K25 Hitam Original Rp128.000
Slebor Depan BeAT FI & CBS Merah Original Rp140.500
Slebor Depan BeAT Karburator Original Rp150.000 – Rp185.000
Slebor Depan BeAT FI KW Rp45.500 – Rp90.000
Slebor Depan BeAT Karburator KW Rp57.200 – Rp95.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Speedometer RX King 2004 (Original dan KW)

Informasi harga slebor depan BeAT di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Untuk slebor BeaT FI original, kami kutip dari situs resmi Honda Cengkareng, sedangkan model lainnya kami peroleh dari sejumlah bengkel dan situs e-commerce. Perlu Anda catat bahwa harga komponen tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Dewi, Hilda Rosdiana dan Dwi Endah Kusrini. 2014. Peramalan Jumlah Kepemilikan Sepeda Motor dan Penjualan Sepeda Motor di Jawa Timur dengan Regresi Data Panel. Jurnal Sains dan Seni POMITS, Vol. 3(2): 332-337.

[2] Djunaidi, Zulkifli dan R. Arnur. 2015. Risiko Ergonomi Ketidaksesuaian Desain dan Ukuran Tempat Sepeda Motor terhadap Antropometri pada Mahasiswa. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, Vol. 9(3): 243-248.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *