Update Harga Sisir Kutu Elektrik (Listrik)

Rasa pada rambut tidak melulu karena ketombe, melainkan bisa karena adanya parasit yang berkembang biak dan kerap dikenal sebagai kutu. Jika kutu rambut tersebut berjumlah banyak, tentu Anda akan kesulitan untuk membasminya dengan sisir biasa saja. Untung saja, seiring perkembangan teknologi, sekarang sudah terdapat sisir kutu elektrik dengan kepraktisannya yang dijual bebas di pasaran dengan harga bervariasi.

Ilustrasi: kulit kepala gatal (sumber: netdoctor)
Ilustrasi: kepala gatal (sumber: netdoctor)

Dulu, sebagian orang akan membasmi kutu rambut dengan menyisir kulit kepala menggunakan serit yang membuat hewan mungil itu dapat terpental dari rambut. Dengan bentuknya yang khusus, bagian serit memiliki rapatan padat tanpa celah untuk menangkap kutu rambut di kulit kepala yang memang umumnya berukuran sangat kecil.

Bacaan Lainnya

Setelah dipakai, dalam membersihkan sisir serit, Anda perlu memperhatikan sisa kutu atau kotoran yang menempel pada sisir. Anda dapat menggunakan kawat kecil atau lidi untuk membersihkannya. Lalu siapkan alkohol atau cuka sebagai cairan pembersihnya. Siapkan wadah sesuai ukuran sisir serit, kemudian rendam sisir ke dalamnya kurang lebih selama 10 menit, lalu bilas dengan air yang mengalir. Sementara itu, untuk sisir serit yang terbuat dari stainless, dapat dilakukan perebusan selama 15 menit untuk memastikan telur kutu telah mati.

Apa Itu Sisir Kutu Elektrik?

Mengadopsi bagian dari serit sebagai sisir khusus pembasmi kutu, sisir elektrik ini memiliki teknologi terbaru yang secara otomatis langsung mengisap kutu. Hal tersebut sudah pasti mencegah kutu lari ketika tersisir, sebab daya hisapnya begitu kuat. Penggunaan alat yang terbilang mudah dan praktis membuat banyak orang beralih pada sisir kutu elektrik ini.

Berbeda dengan sisir serit, sisir kutu elektrik menawarkan keunggulan lain sebab tak hanya mampu digunakan untuk manusia, melainkan juga dapat membersihkan bulu hewan. Jika hewan peliharaan Anda juga memiliki banyak kutu, sisir kutu elektrik ini dapat dicoba dengan mudah untuk membersihkannya.

Cara Pakai Sisir Kutu Elektrik

Cara menggunakan alat ini cukup mudah, sama halnya saat Anda menyisir rambut dengan sisir biasa. Sebelumnya, Anda perlu menancapkan adaptor sisir kutu ke colokan listrik rumah agar alat dapat menyala. Kemudian Anda dapat menyisir rambut seperti biasa. Alat ini akan bekerja secara otomatis mendeteksi sekaligus menghisap kutu di rambut saat proses penyisiran, mirip dengan vacuum.

Selanjutnya, tinggal Anda amati hasilnya. Kutu rambut Anda langsung mati karena tersengat listrik pada alat tersebut. Produk ini dapat digunakan tanpa menggunakan shampoo khusus kutu maupun zat kimia lainnya yang memicu kesehatan kulit kepala. Alat ini juga diklaim aman digunakan karena dapat bekerja pada semua tipe rambut dari berbagai usia, pria maupun wanita.

Sisir kutu elektrik (sumber: lazada)
Sisir kutu elektrik (sumber: lazada)

Keuntungan Sisir Kutu Elektrik

  • Alat begitu praktis dan efektif menyedot kutu dan telurnya dari kulit kepala.
  • Penggunaan produk yang aman tanpa ditambah dengan bahan kimia berbahaya.
  • Menggunakan teknologi terbaru yang mutakhir dan telah dipatenkan oleh pihak produsen.
  • Mudah diaplikasikan karena produk begitu kokoh.
  • Membasmi kutu secara reguler dan mencegahnya datang kembali.
  • Tidak merusak kesehatan rambut dan membuat kusut rambut.
  • Alat begitu higienis karena mudah dibersihkan.
  • Dapat digunakan semua umur, baik wanita maupun pria.
  • Multifungsi karena dapat dipakai untuk membersihkan bulu hewan dan didesain khusus membersihkan kotoran yang menempel pada kulit rambut.
  • Terbuat dari material stainless steel yang membuat sisir ini tidak mudah patah dan awet.
  • Dengan teknologi daya isapnya, alat ini juga dilengkapi filter yang mampu menangkap dan menjebak kutu rambut hingga ke telur-telurnya.

Salah satu produk sisir elektrik yang cukup laris di pasaran adalah V Comb dan telah dirilis dan dipatenkan oleh Licetec selaku produsen. Memiliki adaptor dengan dua model sisir, sisir kutu elektrik V Comb punya berat 0,36 kg dan daya 240 volt. Anda dapat membasmi kutu rambut tanpa perlu tambahan bahan kimia lainnya.

Spesifikasi Sisir Kutu Elektrik V Comb

  • LED illuminated filter unit.
  • Chemical-free head lice treatment.
  • 2 position comb.
  • Power Adapter model VB-01.
  • Input rating 240V, AC 50-60Hz.
  • Output rating 5V DC 1A.
  • Operating temperature/humidity 5 to 40 RH 15% to 93% (no condensation).
  • Berat 0,36 kg.
  • Dimensi 14.2 x 16.5 x 8.2 cm.

Selain merk V Comb, ada juga mere sisir kutu listrik lain seperti Flea Doctor untuk seperti anjing dan kucing. Sisir ini bekerja menggunakan tenaga baterai AA sebanyak 2 pcs, sehingga cukup praktis. Jika dibandingkan produk V Comb, harga sisir kutu Flea Doctor terpantau lebih terjangkau.

Ilustrasi: Cara Pakai Sisir Kutu Elektrik (credit: Youtube/Licetec V-Comb)
Ilustrasi: Cara Pakai Sisir Kutu Elektrik (credit: Youtube/Licetec V-Comb)

Harga Sisir Kutu Elektrik

Merk Sisir Kutu Elektrik Harga
Sisir Kutu Elektrik Flea Doctor Rp62.300 – Rp75.000
Sisir Kutu Elektrik V Comb Rp105.000 – Rp240.000

Informasi harga sisir kutu elektrik di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga sisir kutu elektrik tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu sisir kutu elektrik Flea Doctor dijual dengan harga mulai Rp45 ribuan, sedangkan harga sisir kutu elektrik V Comb mulai Rp85 ribuan.

Jika produk di atas masih terbilang mahal untuk Anda, di pasaran juga tersedia beragam sisir penghilang kutu yang harganya lebih murah. Salah satu di antaranya sisir kutu dengan jenis magnet yang saat ini dijual dengan harga mulai Rp7.000 sampai Rp10.000, tidak jauh berbeda dengan tahun lalu yang ditawarkan mulai Rp6.000 sampai Rp12.000.

Ada lagi sisir serit berbahan logam rapat lice comb dengan gagang yang juga dijual cukup murah sekitar Rp10 ribuan per buah, tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Sementara itu, sisir tanpa gagang dijual Rp4 ribuan untuk produk biasa, sedangkan jika Anda ingin sisir tanpa gagang dengan produk yang lebih bagus, dijual Rp30 ribuan.

[Update: Panca]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *