Kegunaan dan Update Harga Simas Margarin (Repack & Karton)

Margarin menjadi salah satu kebutuhan dapur yang penting jika Anda suka membuat kue atau masakan yang bercita rasa creamy. Nah, salah satu merk margarin yang dapat dibilang banyak dicari orang adalah Simas. Di pasaran sendiri, Simas tidak hanya dijual dalam bentuk kemasan original, tetapi juga repack dengan harga tergolong terjangkau.

Simas margarin (sumber: shopee.com)
Simas margarin (sumber: shopee.com)

Review Simas Margarin

Margarin adalah produk makanan yang berbentuk plastis dan merupakan emulsi air dalam lemak. Margarin seperti Simas biasanya dimanfaatkan untuk membuat produk bakery, seperti bolu, roti, dan lain-lain. Secara komposisi, margarin adalah campuran antara 80% lemak dan 15-16% air.[1] Selain itu, pada margarin Simas, juga terdapat bahan campuran lain, seperti pengemulsi, pewarna, flavor, vitamin, dan lain-lain.

Bacaan Lainnya

Adanya bahan tambahan pada margarin Simas, membuat rasa margarin ini menjadi lebih gurih dan sedap, meskipun tak segurih butter atau mentega. Meskipun begitu, banyak orang memakainya sebagai bahan campuran roti, karena margarin tersebut memiliki daya pengemulsi yang baik. Sehingga, adonan bisa cepat tercampur dan tidak terlalu lengket. Margarin yang rasanya tidak terlalu pekat, juga dipakai untuk membuat cream atau saus sebagai bahan olesan roti.

Bagi Anda yang suka dengan rasa garlic cheese cream yang lezat, Anda bisa membuatnya dengan beberapa resep tertentu. Untuk membuat cream cheese Simas, Anda dapat menyiapkan beberapa bahan seperti 3 siung bawang putih, 100 gr krim cheese, 25 gr keju cheddar, 50 ml susu UHT, dan 25 gr margarin Simas. Setelah semua bahan sudah terkumpul, berikut cara membuat cream cheese Simas.

Baca juga  Update Harga Susu Growssy untuk Kucing (Sachet dan Box)

Resep Cream Cheese dari Simas Margarin

  • Siapkan panci dan isi dengan susu UHT, lalu nyalakan kompor dengan api kecil.
  • Sambil menunggu susu agak kental, Anda bisa mencuci bawang dan mencincangnya secara kasar.
  • Setelah itu, masukkan margarin ke dalam panci dan aduk hingga leleh serta tercampur rata dengan susu.
  • Tambahkan krim cheese dan keju cheddar ke dalam panci, lalu aduk hingga teksturnya agak mengental namun belum sampai mendidih.
  • Masukkan bawang ke dalam panci, lalu aduk adonan hingga rata.
  • Matikan kompor dan biarkan cream agak dingin, lalu tuang ke dalam toples atau wadah tertutup lainnya. Garlic cream cheese siap untuk dijadikan cocolan roti tawar saat sarapan.

Beberapa orang juga suka menambahkan sedikit garam, daun oregano kering, dan daun bawang kering sebagai bahan tambahan. Ada juga yang menambahkan sedikit lada agar cream menjadi lebih wangi dan lezat. Selain itu, Anda juga bisa mengatur tingkat kepadatan dan kekentalan krim. Jika krim terlalu padat dan kental, Anda bisa menambahkan sedikit susu UHT ke dalam panci dan mengaduk adonan hingga agak cair. Sementara itu, jika adonan kurang kental dan padat, Anda bisa menambahkan ¼ sendok tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan susu sebelumnya.

Baca juga  Update Harga Exhaust Fan (Blower) Dapur Semua Merek, Termasuk Panasonic

Margarin Simas juga sering dijadikan sebagai bahan pengganti minyak untuk menggoreng. Banyak yang memakainya untuk menggoreng nasi, seafood, daging, dan sayur. Selain itu, margarin Simas juga enak untuk dijadikan sebagai bumbu bakaran. Bagi Anda yang bosan mengonsumsi gorengan, Anda bisa membakar bahan pangan yang ada di lemari pendingin Anda.

Untuk membuat bumbu bakaran menggunakan Simas margarin, Anda harus menyiapkan ¼ siung jahe, kecap manis, kecap asin, kecap ikan, 25 gr margarin Simas, bawang putih, merica, saus tomat, dan potongan cabai rawit sesuai selera. Cuci semua bahan dan cincang kasar, lalu masukkan ke dalam mangkuk.

Cairkan margarin Simas dan masukkan ke dalam mangkuk berisi bahan mentah. Setelah itu, tambahkan kecap asin, kecap manis, dan kecap ikan sesuai selera. Untuk menambah rasa bumbu, masukkan saus tomat ke dalam mangkuk dan aduk hingga rata. Bumbu bakaran yang sudah jadi bisa langsung dipakai. Beberapa orang juga suka menambahkan sedikit minyak wijen dan memakai bumbu tersebut sebagai bumbu marinasi untuk daging dan ikan.

Simas margarin repack (sumber: shopee)
Simas margarin repack (sumber: shopee)

Harga Simas Margarin

Varian Simas Margarin Harga
Simas Margarin Repack 250 gr Rp7.500
Simas Margarin Repack 500 gr Rp11.500
Simas Margarin Repack 1 kg Rp22.000
Simas Margarin Repack 5 kg Rp117.500
Simas Margarin 1 Karton (15 kg) Rp350.000
Baca juga  Update Biaya Training ESQ Way 165 Leadership Center

Informasi harga margarin Simas di atas kami peroleh dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga margarin Simas di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, margarin Simas repack 250 gr yang semula dijual seharga Rp6.500, kini menjadi Rp7.500. Begitu pula harga margarin Simas repack 1 kilogram yang naik dari Rp19 ribu menjadi Rp22 ribu

Selain Simas, ada berbagai merk margarin yang dapat Anda temukan di pasaran. Sebagai referensi, berikut kami sajikan info harga margarin merk lain di Indomaret.

Harga Margarin Lainnya di Indomaret

Merk Margarin Harga
AMANDA Margarine Dapur 200 gr Rp5.200
Forvita Margarine 200 gr Rp6.900
FILMA Margarine Bernutrisi 200 gr Rp7.100
PALMIA Royal Butter Margarine 200 gr Rp8.700
Blue Band Margarine Cake & Cookie 200 gr Rp14.400

Harga berbagai merk margarin di atas telah kami rangkum dari situs resmi Indomaret. Perlu diingat bahwa harga sejumlah produk margarin tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[Update: Ditta]

[1] Hasibuan, Hasrul Abdi & Aga Prima Hardika. 2015. Formulasi dan Pengolahan Margarin Menggunakan Fraksi Minyak Sawit pada Skala Industri Kecil serta Aplikasinya dalam Pembuatan Bolu Gulung. Agritech Pusat Penelitian Medan, Vol. 35(4): 377-386.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *