Harga Shuttlecock Garuda (Semua Tipe)

No comment918 views

Selain sepak bola, lain yang sangat populer di Tanah Air adalah badminton. Sering juga disebut bulutangkis, ini sangat terkenal karena kerap menghadirkan prestasi membanggakan bagi bangsa. Tidak susah memainkan ini, karena minimal Anda cuma butuh shuttlecock, selain raket. Di sendiri, ada beragam merk shuttlecock yang dapat dijadikan pilihan, seperti , Samurai, JP Gold, Pastra, Proteam, hingga Yonex, dengan rata-rata puluhan ribu rupiah per slop.

Bermain Badminton (sumber: Medium)

Bermain Badminton (sumber: Medium)

Seperti disampaikan di atas, bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang sangat populer di Indonesia, selain sepak bola. Olahraga ini hampir dimainkan di seluruh kota di dalam negeri. Salah satu alasannya karena prestasi badminton Indonesia di ajang internasional memang membanggakan dan menjadi satu-satunya olahraga yang sering menyumbangkan medali sejak resmi dipertandingkan di ajang Olimpiade.[1]

Permainan ini menggunakan raket sebagai alat pemukul serta shuttlecock sebagai objek pukul, serta dapat dimainkan di lapangan tertutup (indoor) maupun terbuka (outdoor). Lapangan permainan berbentuk empat persegi panjang, yang ditandai dengan garis pembatas, dibatasi oleh net untuk memisahkan antara daerah permainan sendiri dan permainan lawan. Badminton dapat dimainkan satu lawan satu (single) maupun berpasangan (double).[2]

Perlengkapan Badminton

  • Raket, ini adalah yang penting dan wajib ada dalam permainan bulutangkis. Untuk memilih raket yang tepat, rasakan berat dan kenyamanan hand grip perangkat tersebut. Pilih juga yang kokoh, mulai dari kepala raket hingga hand grip. Pastikan pula senar raket tidak mudah putus.
  • Shuttlecock, ini juga merupakan perlengkapan yang wajib ada jika Anda hendak bermain badminton. Dalam pertandingan resmi, shuttlecock ini biasanya terbuat dari angsa dengan panjang 8,8 cm dan berat 4,8 gram sampai 5,6 gram serta memiliki 4 atau 16 helai .
  • Lapangan, badminton dapat dimainkan di dalam maupun luar . Namun biasanya, dalam pertandingan atau event resmi, olahraga ini diselenggarakan di area indoor untuk menghindari tiupan angin yang dapat mengganggu pukulan dan arah bola atau shuttlecock. yang ideal untuk bulutangkis harus memiliki tinggi minimal 7,7 meter sampai 10 meter dan lebar 5,18 meter. Semua garis batas lapangan dicat dengan warna putih, dengan lebar 3,8 cm. Lantas, jaring atau net dipasang melintang di tengah lapangan dengan ketinggian sekitar 152 cm sampai 155 cm.
Baca juga  Harga Futon Bed (Semua Merk dan Ukuran)

Seperti disampaikan di atas, salah satu perlengkapan penting dalam olahraga ini adalah shuttlecock, atau sering disebut kok. Apabila Anda mencari shuttlecock, disarankan untuk memilih produk dengan material bulu yang tahan lama. Bulu angsa adalah pilihan terbaik dan sudah digunakan untuk pertandingan resmi. Namun, Anda juga bisa memakai bahan bulu bebek yang lebih murah atau berbahan nilon untuk dipakai latihan.

Perlengkapan Badminton (sumber: medicalxpress)

Perlengkapan Badminton (sumber: medicalxpress)

Selain bulu, shuttlecock yang baik juga harus memiliki gabus yang bagus. Gabus yang terbuat dari bahan alami sangat direkomendasikan karena memberikan shot feeling yang nyaman. Namun, jika itu tidak tersedia, Anda juga bisa memakai shuttlecock dengan gabus berbahan sintetis atau perpaduan antara material alami dan sintetis.

Yang harus diingat pula, cek speed number pada shuttlecock. Setiap shuttlecock memiliki angka (speed number) yang menunjukkan seberapa jauhnya sebuah shuttlecock bisa terbang meluncur bila dipukul dengan besar daya tertentu. Selain bergantung pada kualitas shuttlecock itu sendiri, kecepatannya juga bergantung pada lingkungan tempat shuttlecock dimainkan.

Baca juga  Harga Kincir Tambak (1 Phase dan 3 Phase)

Di Indonesia sendiri, shuttlecock yang biasanya cocok digunakan adalah yang memiliki speed number dengan angka 76 dan 77. Arti dari angka 76 adalah kecepatannya lambat sampai sedang dan untuk penggunaan di daerah hangat. Sementara, arti dari angka 77 adalah kecepatannya sedang dan pas untuk penggunaan di daerah pesisir.

Review Shuttlecock Garuda

Di pasaran sendiri, sudah ada beragam merk shuttlecock yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan anggaran. Nah, dari sekian banyak brand yang beredar, salah satu yang kerap direkomendasikan adalah shuttlecock Garuda. Produk ini dikatakan terbuat dari bulu angsa berkualitas. Dengan bulu yang tebal, shuttlecock diklaim awet dan punya ketahanan yang cukup baik.

Shuttlecock Garuda (sumber: Blibli)

Shuttlecock Garuda (sumber: Blibli)

Selain itu, shuttlecock merk Garuda juga disebutkan sudah memenuhi kualifikasi internasional dan telah digunakan dalam banyak pelatihan PBSI. Kepala shuttlecock pun terbuat dari gabus import dengan speed number 77 sampai 78 grains, sebagai cocok apabila Anda hendak bermain bulutangkis di luar ruangan, termasuk di kawasan pesisir.

Baca juga  Update Harga Tiket Masuk Waterboom Green Sukamanah Rancaekek, Bandung

Harga Shuttlecock Garuda

Tipe Shuttlecock GarudaHarga
Shuttlecock Garuda Glory OranyeRp41.000 per slop
Shuttlecock Garuda Glory HijauRp50.000 per slop
Shuttlecock Garuda Brantas HijauRp57.000 per slop
Shuttlecock Garuda Brantas BiruRp58.000 per slop
Shuttlecock Garuda Glory MerahRp59.000 per slop
Shuttlecock Garuda Brantas HitamRp60.000 per slop
Shuttlecock Garuda Star MerahRp63.500 per slop
Shuttlecock Garuda Gold PutihRp65.000 per slop
Shuttlecock Garuda Gold MerahRp71.000 per slop
Shuttlecock Garuda Gold HitamRp73.000 per slop
Shuttlecock Garuda Gold CoklatRp74.000 per slop
Shuttlecock Garuda SaktiRp83.000 per slop
Shuttlecock Garuda Gold PinkRp84.000 per slop
Shuttlecock Garuda Gold KuningRp85.000 per slop
Shuttlecock Garuda Gold HijauRp85.000 per slop
Shuttlecock Garuda Hijau (Blue Packing)Rp90.000 per slop
Shuttlecock Garuda HitamRp90.000 per slop
Shuttlecock Garuda InternasionalRp150.000 per slop

Harga shuttlecock merk Garuda di atas kami rangkum dari berbagai referensi, termasuk toko peralatan olahraga, produsen resmi, situs jual beli online. Perlu dicatat bahwa harga shuttlecock Garuda tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga yang tertera juga dapat berbeda di masing-masing toko atau lokasi.

[1] Apriantono, Tommy, Iwa Ikhwan Hidayat, Rini Syafriani. 2018. Karakteristik Fisiologi Atlet Bulutangkis Ganda Campuran (Physical Test). Jurnal Sosioteknologi Institut Teknologi Bandung, Vol. 17(3): 384-390.

[2] Subarjah, Herman. 2010. Hasil Belajar Keterampilan Bermain Bulutangkis (Studi Eksperimen pada Siswa Diklat Bulutangkis FPOK-UPI). Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol. 33(3): 325-340.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Shuttlecock Garuda (Semua Tipe)"