Harga Shockbreaker Tabung YSS Original untuk Matic

Seperti motor tipe lainnya, skuter matic juga memerlukan shockbreaker untuk menunjang kenyamanan dan keamanan saat dipakai untuk berkendara. Biasanya, shockbreaker untuk motor otomatis ini memiliki tabung atas dan tabung bawah, sehingga kerap disebut shockbreaker tabung. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak merk shockbreaker tabung, dan salah satu yang tergolong premium adalah keluaran YSS sehingga harganya pun relatif lebih mahal.

Shockbreaker tabung YSS original untuk matic (sumber: gridoto)
Shockbreaker tabung YSS original untuk matic (sumber: gridoto)

Jenis Shockbreaker

Bagi Anda yang menyukai otomotif, terutama sepeda motor, pasti sudah sangat familiar dengan shockbreaker. Sering juga disebut shock saja, shockbreaker adalah sistem yang berguna untuk menyerap getaran dan kejutan dari permukaan jalan sehingga motor dapat melaju nyaman dan aman.[1] Tidak hanya untuk mengurangi efek kasarnya permukaan jalan, shockbreaker dipasang agar laju tetap stabil sehingga lebih gampang dikendalikan.[2]

Bacaan Lainnya

Walaupun mungkin bentuknya sekilas mirip, ternyata shockbreaker dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Untuk shockbreaker depan misalnya, ada model teleskopik yang terletak pada sistem redaman yang terjadi di dalam tungkai. Kegunaannya adalah untuk menahan roda sehingga dalam satu sisi roda cuma terdapat satu tungkai yang terdiri dari dua tabung. Tabung di bawah berfungsi sebagai tabung suspensi, sedangkan tabung di atas bernama fork tube dan terhubung langsung dengan kemudi motor.

Baca juga  Update Biaya Ganti Warna Motor di STNK

Masih digunakan di depan, ada pula telescopic inverted, yang punya tabung berdiameter lebih besar, terjepit di triple clamp. Jika memakai tipe ini, akan lebih sensitif dan punya resistensi yang lebih baik terhadap fleksibilitas. Kelebihan ini adalah handling lebih baik, tetapi bobotnya jauh lebih berat dan dijual dengan harga lebih mahal.

Sementara itu, untuk shockbreaker belakang, model yang sering digunakan adalah monoshock, yang dapat dibagi lagi menjadi tipe langsung dan tipe link. Tipe langsung adalah model shockbreaker yang langsung dipasang tanpa perantara pada chasis dan arm, sehingga tidak efektif membawa beban berat, sedangkan tipe link punya batang penghubung sebagai perantara yang akan membantu peredaman saat melintas jalanan yang tidak rata.

Model lainnya adalah dual shock, yang dipasang pada bagian kiri dan kanan mengapit roda belakang. Biasanya digunakan untuk yang kerap membawa beban berat, dual shock diyakini dapat meminimalkan guncangan akibat jalanan yang kasar. Menawarkan titik beban yang lebih merata, biaya perawatan dual shock pun diklaim lebih terjangkau.

Baca juga  Specs dan Info Terbaru Harga Selis New Balis, Motor Listrik Roda Tiga

Apa Itu Shockbreaker Tabung?

Untuk turangga besi berbodi dan bermesin kecil, termasuk skuter matik, biasanya menggunakan shockbreaker tabung. Shockbreaker ini, seperti namanya, memang dilengkapi dengan sebuah tabung, yang dapat dipasang di sisi atas dan di bawah. Mungkin akan membuat tampilan motor lebih keren, tetapi tabung tersebut memiliki fungsi yang lebih penting ketimbang pemanis tunggangan.

Shockbreaker tabung sebenarnya berawal dari shock biasa, yang telah dilengkapi dengan oli, berfungsi mengembalikan per yang memantul ketika meredam kejut di permukaan jalan yang tidak rata. Dilansir dari Harapan Rakyat, dengan adanya tekanan dari gas di dalamnya, fungsi oli bisa menjadi lebih terbantu. Meski sudah digunakan dalam waktu lama, shockbreaker tabung diklaim tetap prima dan berfungsi secara optimal.

Shockbreaker tabung YSS untuk motor matik (sumber: biggo.id)
Shockbreaker tabung YSS untuk motor matik (sumber: biggo.id)

Saat ini, sudah ada banyak merk shockbreaker tabung yang dapat ditemukan di bengkel motor maupun situs e-commerce, dan salah satu yang cukup populer adalah YSS. YSS telah lama dikenal sebagai brand nomor satu dalam pengembangan dan produksi suspensi kelas dunia, serta sudah dipasarkan ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Ada banyak tipe shockbreaker yang telah dirilis ke pasaran, termasuk yang paling hits adalah YSS G Series. Shockbreaker ini diklaim sudah mengadopsi fitur full preload, sehingga ketinggian jok akan ikut menyesuaikan dengan kekerasan shock tersebut. Tidak cuma ada, terdapat pula tabung nitrogen yang selain membuat tampilan kendaraan terdongkrak, juga memberikan rebound yang lebih mumpuni. Lalu, berapa harga shockbreaker tabung produksi YSS saat ini?

Baca juga  Harga ATV Yamaha (Baru dan Bekas)

Harga Shockbreaker Tabung YSS

Tipe Shockbreaker YSS Harga
YSS G-Series 300 Rp950.000
YSS G-ZA Tabung Atas Rp990.000 – Rp1.047.000
YSS C Euro Gold Series Rp1.150.000
YSS C Euro OK302-300T Rp1.628.000
YSS G-Plus Gold Tabung Rp2.275.000 – Rp2.650.000
YSS G-Sport Black Series OG302-330TRL Rp2.750.000 – Rp3.450.000
YSS Twin Shock G-Sport Black Series Rp5.685.700

Informasi harga shockbreaker tabung produksi YSS di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bengkel motor dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga komponen tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati karena sekarang sudah banyak dijual shockbreaker tabung YSS palsu alias KW.

[1] Nurofi’atin, Umi dan Agus Maman Abadi. 2018. Analisis Model Sistem Suspensi dengan Metode Runge-Kutta Orde Empat. Eksata: Jurnal Ilmu-Ilmu MIPA, Vol. 18(2): 106-120.

[2] Noerdien, Achmad, Gatut Rubiono, Ikhwanul Qiram. 2018. Pengaruh Studi Karakteristik Getaran Shock Breaker pada Matic 110 cc. Jurnal V-Mac, Vol. 3(1): 5-8.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.