Update Harga Shockbreaker YSS Honda BeAT Original (Semua Tipe)

Bagi para penggemar sepeda motor, pasti sudah tidak asing lagi dengan shockbreaker atau kerap disebut suspensi. Shockbreaker adalah komponen yang memiliki fungsi utama untuk menyerap getaran dan kejutan dari permukaan jalan sehingga meningkatkan keamanan dan kenyamanan ketika berkendara.[1] Selain bawaan pabrik, saat ini juga sudah tersedia banyak merk shockbreaker aftermarket, salah satunya YSS. Menyediakan sejumlah suspensi untuk berbagai jenis motor, seperti Honda BeAT dan lainnya, harga shockbreaker YSS yang sekarang mulai ratusan ribu rupiah.

Shockbreaker YSS Honda Beat (sumber: shopee)
Shockbreaker YSS Honda Beat (sumber: shopee)

Apa Itu Shockbreaker?

Secara umum, sistem suspensi terdiri dari dua komponen utama, yakni pegas dan shock absorber.[2] Pegas dalam sistem tersebut berfungsi untuk menyerap dan meredam kejutan permukaan jalan, sehingga harus fleksibel. Meski demikian, jika pegas terlalu fleksibel, dapat mengganggu kenyamanan berkendara, sehingga memerlukan komponen peredam yang disebut shock absorber.[3] Shock absorber ini memperlambat dan mengurangi besarnya getaran gerakan, dengan mengubah energi kinetik dari gerakan suspensi menjadi energi panas yang dapat dihamburkan melalui cairan hidrolik.[4]

Bacaan Lainnya

Secara umum, shockbreaker terdiri dari beberapa komponen, seperti slider garpu, sil oil, cincin stopper, sil debu, tabung garpu, torak garpu, pegas reaksi, pegas garpu, dan baut garpu. Masing-masing bagian tentu saja memiliki fungsi tersendiri. Sil oli misalnya, berguna untuk menjaga minyak shock agar tidak keluar dari slider garpu, sedangkan sil debu bermanfaat untuk menjaga agar debu tidak masuk ke dalam slider garpu.

Baca juga  Update Harga Autosol di Toko Bangunan (Kecil dan Besar)

Masing-masing tipe sepeda motor tentunya sudah didukung komponen ini, termasuk skuter matik. Masalahnya, dengan segala kepraktisan yang ditawarkan, cukup gas dan rem, banyak pemilik sepeda motor otomatis yang lalai memperhatikan kondisi shockbreaker kendaraan mereka, baik yang tipe monoshock samping maupun shockbreaker belakang ganda.

Sebenarnya, cara merawat shockbreaker, terutama sisi belakang, tidak terlalu sulit. Karena mengusung desain yang kebanyakan sudah minim perawatan, baik ganti oli maupun spring atau pegas, maka perawatan komponen tersebut cukup dengan menjaga kebersihan bagian sensitif shockbreaker, seperti pada bagian as shock. Jika kotoran dibiarkan terlalu lama menempel, akan as baret. Hal ini akan membuat seal rusak dan oli shock merembes, sehingga kinerja shock berkurang.

Untuk mengetahui apakah shockbreaker sudah rusak atau belum, juga semudah perawatannya. Gejalanya, selain bocor, biasanya ayunan shock tidak nyaman karena daya rebound berkurang, terutama ketika melewati jalanan yang tidak rata. Kemudian, saat dipakai untuk melakukan manuver, laju sepeda motor terasa tidak stabil.

Baca juga  Info Terbaru Harga Pensil 2B 1 Pack dalam Berbagai Merek

Nah, apabila Anda merasakan gejala-gejala di atas, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan. Anda bisa pergi ke bengkel sepeda motor untuk melakukan repair. Namun, apabila kerusakan sudah terlalu parah, solusi satu-satunya adalah mengganti shockbreaker tersebut dengan yang baru. Selain bisa memakai seperti bawaan pabrikan, Anda juga dapat memakai merk aftermarket, salah satunya YSS.

YSS sendiri selama ini memang sudah dikenal sebagai produsen shockbreaker berkualitas, yang berasal dari Thailand dan telah eksis lebih dari 30 tahun. Kabarnya, suspensi buatan YSS sudah menyebar ke berbagai negara, dan 35 persen di antaranya adalah di Indonesia. Produk ini begitu digemari karena diklaim punya kualitas yang baik berkat pengetesan tiap tahap untuk menghindari adanya komplain serta jaminan 100 persen presisi atau tidak adanya cacat produksi.

Ilustrasi: shockbreaker YSS Honda BeAT (sumber: bukalapak)
Ilustrasi: shockbreaker YSS Honda BeAT (sumber: bukalapak)

Di pasaran dalam negeri, YSS sudah menghadirkan banyak tipe shockbreaker, yang biasanya digolongkan berdasarkan peruntukan sepeda motor, mulai dari skuter matik, motor bebek, hingga sport bike. Nah, apabila kuda Anda kebetulan adalah Honda BeAT dan ingin menggunakan suspensi dari YSS, berikut kisaran harganya di pasaran.

Baca juga  Info Terbaru Harga Engsel Sendok (Lurus, Bengkok, Setengah Bengkok)

Harga Shockbreaker YSS BeAT

Tipe Shockbreaker YSS Harga
YSS Pro ZR Rp350.000 – Rp379.000
YSS Single Shock All New Pro Plus OD222-300P Rp420.000 – Rp450.000
YSS Single Shock G-SIX 0C302-310T Rp825.000
YSS Shock G Plus Black Series Rp1.545.000
YSS Shock G Plus Gold Series Rp2.749.000
YSS Shock G Sport Black Series Rp4.800.000
YSS Shock G Sport Red Series Rp5.275.000

Harga shockbreaker YSS untuk Honda BeAT di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk official store YSS di sejumlah situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya ada yang naik dan ada yang turun. Harga YSS Pro ZR misalnya, naik dari Rp326 ribu menjadi Rp350 ribuan. Sebaliknya, harga YSS Single Shock G-SIX 0C302-310T turun dari Rp899 ribu menjadi Rp825 ribuan.

[1] Nurofi’atin, Umi dan Agus Maman Abadi. 2018. Analisis Model Sistem Suspensi Sepeda Motor dengan Metode Runge-Kutta Orde Empat. Eksata: Jurnal Ilmu-Ilmu MIPA, Vol. 18(2): 106-120.

[2] Ibid.

[3] Wakid, M. 2011. Sistem Suspensi Kendaraan Ringan. Yogyakarta: Pustaka, hlm. 15-16.

[4] Majanasastra, R. Bagus Suryasa. 2013. Analisis Defleksi dan Tegangan Shock Absorber Roda Belakang Sepeda Motor Yamaha Jupiter. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Universitas Islam 45 Bekasi, Vol. 1(1): 1-7.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.