Info Terbaru Harga Shifter Shimano 7 Speed Original

Shimano tidak hanya dikenal sebagai produsen memancing. Brand asal Jepang ini juga sudah tersohor sebagai pembuat peralatan sepeda yang berkualitas. Dengan segala keunggulannya, harga produk yang dirilis oleh Shimano memang tidak dapat dikatakan murah, demikian juga jika Anda hendak membeli produk shifter 7 speed buatan perusahaan tersebut.

Shifter Shimano 7-speed (sumber: boltonebikes.com)
Shifter Shimano 7-speed (sumber: boltonebikes.com)

 

Bacaan Lainnya

Bagi Anda yang belum familiar, Shimano sendiri adalah perusahaan asal Jepang yang sudah berdiri sejak tahun 1921 silam, dengan nama Shimano Iron Works di Sakai, dekat Osaka. Hanya dalam waktu sepuluh tahun, Shimano telah mengekspor produknya sampai ke China. Bisnis ini resmi sebagai perusahaan terbatas dan komersial pada Januari 1940 di bawah nama Shimano Iron Works Co, Ltd., dan pada tahun 1951, perusahaan tersebut berganti nama menjadi Shimano Industrial Co. Ltd.

Dikutip dari Bukalapak, sejak awal didirikan, Shimano langsung memproduksi freewheel sepeda. Freewheel sendiri adalah sebuah gir yang bisa diam meskipun roda yang terpasang padanya tetap berputar. Saat itu, freewheel merupakan sebuah inovasi paling modern di dunia sepeda. Pada tahun 1930, Shimano sudah mampu memproduksi 30.000 freewheel. Garansi yang diberikan kepada pembeli adalah penggantian dua unit freewheel untuk setiap satu freewheel yang rusak. Garansi ini menaikkan reputasi Shimano sebagai produsen freewheel dengan kualitas baik.

Pada tahun 1937, Shimano terpaksa menurunkan kapasitas produksi freewheel karena pemerintah Jepang memaksa mereka membuat persenjataan untuk angkatan laut Jepang. Tahun 1957, Shimano membuat inovasi dengan memproduksi freewheel yang memiliki pengubah kecepatan 3 tingkat. Sayangnya, inovasi ini kurang diikuti dengan penjualan yang baik.

Pabrikan mulai membuat Derailleur yang terkenal pada tahun 1956. Produk ini juga disebut sebagai pengubah kecepatan eksternal. Derailleur adalah mekanisme yang memindahkan rantai sepeda dari pada sepeda yang memiliki sampai dengan 10 kecepatan. Tahun berikutnya, Shimano mulai memproduksi internal gearing 3 kecepatan, merupakan mekanisme yang ditutupi dalam pusat roda belakang. Pengubah kecepatan internal ini diperkenalkan ke pasar AS beberapa tahun kemudian dan segera menjadi standar untuk tiga kecepatan sepeda.

Pada tahun 2005, perusahaan telah memperoleh penjualan bersih mencapai 1,4 miliar dolar AS, dengan komponen sepeda memperoleh keuntungan 75 persen dari total penjualan. Memancing menghasilkan 23 persen dari pendapatan penjualan perusahaan, sedangkan produk lain, termasuk peralatan dan bagian snowboarding yang diproduksi, hanya berkontribusi sekitar 2 persen dari total keuntungan penjualan. Shimano sempat memproduksi peralatan golf sampai 2005, tetapi karena keuntungan yang diperoleh tidak signifikan, maka produk Shimano untuk peralatan golf ditutup.

Pengertian Shifter

Shifter Shimano 7 Speed (sumber: carview.co.jp)

Ada banyak peralatan sepeda yang telah diluncurkan Shimano ke pasaran global, termasuk shifter. Ini dapat dikatakan sebagai bagian penting dari sistem transmisi yang berupa tuas untuk memicu pemindahan pada sepeda, dengan rasio gigi lebih dari satu. Biasanya, shifter sepeda terdapat pada bagian kokpit sepeda. Jenis shifter dapat dibagi menjadi tiga, yaitu jenis umum shifter, jenis shifter berdasarkan cara mengoperasikannya, dan jenis shifter berdasarkan kesatuan dengan tuas rem.

Secara umum, shifter dapat dibedakan menjadi dua. Jenis yang pertama adalah friction shifter, yakni yang menggunakan sistem atau feeling. Pemakaiannya lebih sulit karena pengguna harus mengandalkan feeling dalam melakukan shifting sebab shifter tidak memiliki posisi yang dalam menentukan posisi gear. Friction shifter digunakan pada sepeda model lama dengan harga yang cukup murah.

Berbeda dengan friction shifter, tipe kedua, index shifter, terdapat indikator pada sistem transmisi dan berhenti secara presisi (ditandai dengan bunyi “click”) di tiap posisi gear, sehingga membuat penggunaan shifter ini lebih mudah. Digunakan pada banyak sepeda model saat ini, tipe tersebut ditawarkan dengan harga yang bervariasi.

Selain itu, ada pula jenis shifter yang dibedakan berdasarkan cara pengoperasian. Setidaknya, ada empat tipe yang dikenal oleh masyarakat luas, terutama para pencinta sepeda, yaitu Revo Shifter, Thumb Shifter, Rapid fire Plus Shifter, dan Dual Control Shifter. Konon, penamaan shifter-shifter tersebut diberikan oleh Shimano.

Jenis Shifter Shimano

  • Revo shifter, atau disebut juga grip shifter, menyatu bersama handgrip, mirip handle gas pada kendaraan bermotor. Cara kerjanya yaitu dengan memutar grip ini ke dalam pada indeks yang diinginkan untuk menaikkan posisi gigi, dan sebaliknya memutar ke arah luar ke arah indeks yang diinginkan untuk menurunkan posisi gigi. Biasanya, grip ini digunakan pada tipe sepeda low-end merk Shimano.
  • Thumb shifter, terpasang di bagian atas handlebar. Sesuai dengan namanya, cara kerjanya adalah menekan shifter ini dengan jari jempol ke arah angka indeks yang diinginkan untuk menaikkan posisi gigi, dan sebaliknya menariknya dengan jari telunjuk ke arah indeks yang diinginkan untuk menurunkan posisi gigi. Thumb shifter umumnya digunakan di sepeda lipat low end.
  • Rapid fire plus, jenis shifter yang letaknya berada di bawah handlebar. Berbeda dengan shifter yang lain, ada dua handle pada jenis shifter ini. Pengoperasiannya menggunakan jari jempol untuk tuas bawah dan telunjuk untuk tuas atas. Dengan sekali tekan pada handle, maka akan dapat menurunkan hingga 3 sekaligus. Khusus untuk level Shimano Altus ke atas, sudah menggunakan teknologi two-way release, yaitu tuas dapat ditarik maupun didorong.
  • Dual control shifter, seperti namanya, memiliki dual control. Tuas sebagai penggerak shifter tergabung dengan handle rem. Ditujukan untuk mempermudah control posisi gear pada sepeda yang dianggap hampir perlu selalu menggenggam handle rem, memang agak sulit untuk penggunaannya dan membutuhkan penyesuaian khusus.

Apabila Anda menginginkan shifter keluaran Shimano, tidak sulit mendapatkan produk ini. Pasalnya, Anda bisa membelinya di berbagai toko aksesori sepeda maupun situs jual online. Berikut informasi terbaru harga shifter Shimano selengkapnya di pasaran dalam negeri.

Shifter Shimano 7 Speed – www.lazada.co.id

Harga Shifter Shimano 7 Speed

Tipe Shifter Shimano Harga
Shifter Shimano Tourney EF41 7 Speed Rp130.000 – Rp250.000
Shifter Shimano Altus 7 Speed SC-CT15 Rp250.000 – Rp350.000
Shifter Shimano EF500 7 Speed Rp259.000 – Rp350.000
Shifter Shimano STX 3 x 7 Speed MC30 Rp493.000 – Rp645.000
Shifter Shimano Alivio 7 Speed MC10 Rp576.000 – Rp760.000
Shifter Shimano ST-M050 7 Speed Rp750.000

Harga shifter buatan Shimano di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan sepeda dan situs jual online. Apabila dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya ada yang naik dan ada yang turun. Harga Shimano Tourney EF41 7 Speed misalnya, naik dari Rp99 ribu menjadi mulai Rp130 ribuan. Sebaliknya, harga Shimano EF500 7 Speed turun drastis dari Rp567 ribu menjadi Rp259 ribu sampai Rp350 ribuan. 

Pos terkait