Harga Sewa Laptop Bulanan (Core i3, Core i5, Core i7, Gaming)

Di zaman yang serba modern seperti saat ini, laptop memang telah menjadi kebutuhan pokok banyak orang. Sayangnya, walau hadir dalam beragam tipe dan beberapa punya harga murah, belum semua orang bisa memiliki notebook, mungkin karena keterbatasan dana. Jika Anda juga termasuk demikian, Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada sejumlah jasa sewa laptop secara harian, mingguan, bahkan bulanan, yang juga cocok untuk mereka yang membutuhkan notebook untuk waktu yang singkat.

Unit laptop (sumber: meetingtomorrow.com)
Unit laptop (sumber: meetingtomorrow.com)

Apa Itu Laptop?

Siapa sih yang tidak mengenal laptop? Sudah menjamah banyak lapisan masyarakat dengan segala profesi, laptop merupakan salah satu perangkat elektronik paling populer. Juga biasa disebut dengan notebook, laptop adalah kecil yang dapat dibawa ke mana-mana dengan mudah atau biasa disebut portabel, yang terintegrasi dengan casing.[1] Karena mudah dijinjing atau ditenteng saat bepergian, laptop juga kerap disebut sebagai komputer jinjing.[2]

Bacaan Lainnya

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan laptop yang tidak dipunyai PC desktop. Didesain kecil, , dan portable, laptop mudah dibawa bepergian sehingga sangat cocok untuk membantu rutinitas pekerjaan seseorang, terutama bagi mereka dengan mobilitas tinggi. Tidak cuma itu, notebook juga dibekali baterai seperti halnya handphone yang berguna sebagai penyimpan daya tanpa perlu disambungkan dengan sumber .

Meski sekilas punya tampilan yang seragam, ternyata laptop dapat dibedakan menjadi beberapa tipe. Ada yang menggolongkan notebook berdasarkan ukuran layarnya, ada pula yang membuat klasifikasi laptop menurut bentuk dan spesifikasi yang dibawa. Berikut sejumlah tipe laptop yang telah dikenal masyarakat umum.

Tipe Laptop

Desktop Replacement Computer, merupakan laptop dengan layar paling lebar, biasanya berukuran 17 sampai 20 inch. Produk ini secara garis besar mengusung kemampuan layaknya komputer, tetapi sewaktu-waktu dapat dibawa ke mana-mana. Karena kemampuannya yang besar, daya tahan baterai ini pun menjadi terbatas, rata-rata cuma tiga dalam kondisi baru.

Medium Size Laptop, adalah varian dengan display berukuran antara 14 atau 15,4 inch, dengan berat rata-rata 3 kg. Walau tergolong cukup berat, notebook ini punya baterai dengan daya tahan lebih lama dibandingkan laptop lainnya.

Thin and Light Laptop, umumnya punya bentuk yang tipis, hemat tempat, dan mudah dibawa bepergian. Produk ini biasanya memiliki berat 1,8 sampai 2,8 kg dengan layar berukuran 12 sampai 14 inch. Meskipun berukuran slim, tetapi kemampuannya diklaim tidak kalah dengan notebook ukuran standar.

Ultraportable Laptop, jenis ini dirancang khusus bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak dapat meninggalkan pekerjaannya. Umumnya punya layar berukuran 12 inch dan berat maksimal 1,7 kg, model ini juga sudah didukung spesifikasi yang mumpuni, termasuk CPU yang hemat energi, grafis yang sudah terintegrasi, dan baterai yang tahan lama.

Selain model-model di atas, dikenal pula netbook, sebuah laptop berukuran mini dengan layar rata-rata 11 inch, tetapi punya spesifikasi yang cenderung rendah sehingga harganya cukup terjangkau. Ada pula notebook 2-in-1 atau laptop yang dapat difungsikan sebagai notebook dan tablet. Biasanya, varian ini menggunakan layar sentuh serta keyboard yang dapat dibongkar-pasang. Produk lainnya adalah rugged PC, yakni laptop yang dirancang khusus untuk kondisi-kondisi yang sulit seperti adanya guncangan mekanik, kondisi basah, dan lingkungan berdebu.

Unit laptop (sumber: rtings.com)
Unit laptop (sumber: rtings.com)

Mengenai harganya, banderol laptop sangat bervariasi, tergantung merk, model, dan spesifikasi. Semakin tinggi specs yang dibawa, maka harganya pun akan lebih , misalnya laptop untuk gaming. Sebaliknya, semakin rendah dapur pacu yang diusung, maka harganya pun akan lebih terjangkau. Khusus untuk notebook 2-in-1., biasanya harganya lumayan mahal mengingat keunggulan desain yang ditawarkan.

Sebenarnya, sudah ada banyak merk yang merilis laptop dengan harga murah, bahkan merk-merk ternama seperti HP, Acer, atau ASUS. Namun, memang belum semua bisa membeli notebook secara tunai maupun kredit. Selain itu, ada beberapa orang yang cuma membutuhkan notebook dalam jangka waktu tertentu sehingga mempunyai laptop pribadi bukan perkara yang urgent.

Nah, apabila Anda termasuk orang-orang yang demikian, Anda bisa mengambil opsi untuk menyewa laptop. Sudah ada banyak tempat yang menyediakan jasa rental laptop, terutama di kota-kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya. Tidak cuma harian dan mingguan, konsumen pun bisa menyewa notebook secara bulanan. Lalu, berapa harga sewanya per bulan?

Harga Sewa Laptop Bulanan

Tipe LaptopHarga Sewa
Laptop Core i3Rp500.000 per bulan
Laptop Core i5Rp750.000 per bulan
Laptop Rp850.000 per bulan
Laptop Gaming Core i7Rp2.600.000 per bulan

Informasi harga sewa laptop bulanan di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk rental notebook. Untuk laptop Core i3, contohnya Dell Latitude E5520 dan HP ProBook 4430s, sedangkan notebook Core i5 semisal HP EliteBook 840 dan Lenovo ThinkPad X230. Perlu Anda catat bahwa tarif sewa laptop tersebut tidak mengikat, bisa berubah sewaktu-waktu dan dapat berbeda di masing-masing rental.

[1] Mulyana, D. Hendrik. 2015. Mudah Mengenal dan Membedah Laptop. Jakarta: Datakom Lintas Buana.

[2] Setianto, Eko H. dan SmitDev Community. 2009. Serba-Serbi Laptop. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, hlm. 2.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *