Harga Sewa Drone (Jam, Harian, Mingguan)

Anda pasti sudah familiar dengan benda bernama drone. Juga sering disebut UAV atau Unmanned Aerial Vehicle, secara sederhana drone adalah pesawat yang diterbangkan tanpa awak. Sering dipakai sebagai fotografi, drone sekarang juga dimanfaatkan sebagai pengantar barang, bahkan dapat digunakan sebagai alat peperangan. Dengan kemampuan yang canggih, harga drone memang relatif mahal. Karena itu, banyak yang akhirnya lebih memilih untuk menyewa drone karena biayanya jauh lebih terjangkau, terutama jika dipakai untuk sesekali waktu.

Drone (pexels: Jc Laurio)
Drone (pexels: Jc Laurio)

Manfaat Drone

Seperti disampaikan di atas, drone merupakan pesawat tanpa pilot. Pesawat ini dikendalikan secara otomatis melalui komputer yang dirancang atau melalui kendali jarak jauh dari pilot yang terdapat di dataran atau di kendaraan lainnya. Awalnya UAV merupakan pesawat yang dikendalikan jarak jauh, tetapi otomasi kini sudah mulai banyak diterapkan.

Bacaan Lainnya

Drone dapat dikatakan termasuk dalam kategori multirotor, yakni yang memiliki banyak baling-baling, dengan bentuk menyerupai helikopter, tetapi dilengkapi kamera.[1] Dengan kamera tersebut, drone akhirnya kerap digunakan sebagai bantu fotografi atau merekam objek dari jarak jauh di atas ketinggian.[2]

Baca juga  Info Terbaru dan Lengkap Harga Kompor Hock Minyak Tanah

Seiring waktu, drone juga dapat digunakan sebagai pengantar barang. Sebuah di Singapura diketahui sudah memanfaatkan drone sebagai waiters. Pasalnya, drone bisa digunakan sebagai hiburan untuk menarik perhatian pengunjung. Meski demikian, kapasitas barang yang dapat diantarkan menggunakan drone memang harus disesuaikan.

Fungsi lainnya drone adalah sebagai pemantau bencana. Ada kabar saat bencana taifun Haiyan di Filipina, drone membantu para relawan mengetahui kondisi medan bencana. Pasalnya, dengan korban sekitar 6 ribu orang dan kondisi hancur berantakan, mustahil bagi para relawan untuk mencari korban-korban yang masih hilang dan melakukan pemetaan lokasi.

Tidak hanya itu, drone pun sekarang mulai banyak digunakan sebagai salah satu piranti militer, terutama dalam peperangan. Drone tidak cuma bisa dipakai untuk mengintai musuh, melainkan juga melontarkan atau mengebom. Drone buatan Turki kabarnya laris manis dibeli negara-negara Benua Afrika, baik yang bersenjata maupun yang tidak bersenjata.

Jenis Drone

Sebenarnya, ada banyak jenis drone. Namun, secara garis besar, ada dua model yang dikenal, yakni fixed wing dan multicopter. Fixed wing memiliki bentuk seperti pesawat terbang biasa yang dilengkapi sayap. Model ini memerlukan desain aerodinamika pada sayap dan badannya sehingga perancangannya memang cukup rumit.

Baca juga  Manfaat dan Update Harga Infusion Pump (Berbagai Merk)

Sementara itu, multicopter adalah jenis drone yang memanfaatkan putaran baling-baling untuk terbang. Multicopter ini dapat dibagi menjadi dua, yakni single rotor dan multirotor. Tipe single rotor berbentuk seperti helikopter menggunakan baling-baling tunggal, sedangkan multirotor memakai tiga hingga delapan baling-baling.[3]

Harga Drone

Dengan kemampuannya yang canggih, harga drone memang tidak bisa dikatakan murah. DJI Mavic 3 misalnya, sekarang dijual dengan harga Rp34,059 jutaan, sedangkan harga DJI FPV Combo berkisar Rp20,199 jutaan. Model lainnya seperti Urban Chasing M2 Underwater Drone ditawarkan dengan harga mencapai Rp66,599 jutaan, sedangkan harga DJI Inspire 2 Kit with Zenmuse X5S mencapai angka Rp107 jutaan.

Dengan harga yang mahal, tentu tidak semua orang mampu membeli drone. Sebagai solusi, terutama jika Anda hanya memakai drone untuk pemakaian sesekali, Anda dapat mengambil opsi menyewa drone. Saat ini, sudah banyak jasa penyewaan drone. Harga yang ditawarkan bervariasi, biasanya tergantung durasi dan jenis drone. Berikut kami sajikan kisaran harga sewa drone di pasaran.

Baca juga  Info Terbaru Harga Stik PS2 dan PS3 Tanpa Kabel (Original & KW)
Drone (pexels: Mudassir Ali)
Drone (pexels: Mudassir Ali)

Harga Sewa Drone

Varian Drone Harga Sewa
Phantom 3 Pro Harian : Rp500.000
Mingguan : Rp2.200.000
DJI Spark Harian : Rp550.000
Mingguan : Rp2.400.000
DJI Mavic Air Harian : Rp600.000
Mingguan : Rp2.500.000
DJI Mavic Pro Paket 1 Hari : Rp1.300.000
Paket 2 Hari : Rp2.100.000
DJI Phantom 4 Pro Terbang Saja 6 Jam : Rp1.500.000
Terbang Hemat 8 Jam : Rp2.500.000
Terbang Bebas 8 Jam : Rp4.000.000
Mavic 2 Zoom Terbang Saja 6 Jam : Rp1.500.000
Terbang Hemat 8 Jam : Rp2.500.000
Terbang Bebas 8 Jam : Rp4.000.000
Inspire 2 X5S Harian : Rp4.000.000
Mingguan : Rp19.000.000

Informasi harga sewa drone di atas kami rangkum dari beberapa jasa penyewaan drone. Perlu Anda catat bahwa biaya sewa drone tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan masing-masing penyedia jasa. Selain itu, tarif sewa drone juga dapat berbeda di masing-masing tempat.

[1] Krisbianto, F. Yuni dan Martinus Legowo. 2017. Gaya Hidup Komunitas Drone APDI (Asosiasi Pilot Drone Indonesia) di Surabaya. Paradigma, Vol. 5(1): 1-8.

[2] Ibid.

[3] Suroso, Indreswari. 2016. Peran Drone/Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Buatan STTKD dalam Dunia Penerbangan. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan dan Kebijakan Regulasi Penerbangan dan Antariksa: Problema dan Tantangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.