Harga Sepeda Specialized Hardrock (Baru dan Bekas)

Jika Anda hobi bersepeda, terutama melintasi perbukitan dan medan-medan off-road, salah satu rekomendasi sepeda MTB yang dapat dijadikan pertimbangan adalah varian Hardrock dari Specialized. Bukan cuma ditawarkan dengan harga cukup terjangkau di kelasnya, produk ini juga mengusung tampilan yang mewah serta sejumlah fitur memadai, meskipun sebenarnya ditujukan untuk kalangan entry-level.

Banyak olahraga yang bisa dilakukan untuk membuat kondisi tubuh tetap fit dan sehat, salah satunya bersepeda. Bersepeda sendiri merupakan aktivitas yang dapat dipilih selain lari, jogging, berenang, atau kaki. Seperti diketahui, dengan latihan aerobik yang rutin, seseorang dapat meningkatkan ambilan oksigen, meningkatkan kapasitas darah untuk mengangkut oksigen, dan menurunkan denyut nadi ketika istirahat maupun saat melakukan aktivitas.[1]

Ilustrasi: Specialized Hardrock Pro (credit: stolen-bikes.co.uk)

Ilustrasi: Specialized Hardrock Pro (credit: stolen-bikes.co.uk)

Olahraga bersepeda juga dikatakan sebagai salah satu yang paling sedikit terjadinya tekanan pada lutut dan cara paling baik untuk menguatkan tulang rawan. Bersepeda pun diklaim mampu memperbaiki sirkulasi darah secara keseluruhan, dengan jantung akan bekerja lebih ekonomis karena performa pemompaan menjadi lebih efisien sehingga mengurangi tekanan darah secara keseluruhan dan mengurangi penyakit jantung.

Baca juga  Info Terkini Harga Sepeda Anak Roda 4 dalam Berbagai Merek & Ukuran

Manfaat bersepeda tidak hanya bisa dirasakan tubuh kita, tetapi juga lingkungan sekitar. Menggunakan alat transportasi ini dinilai dapat menghemat pengeluaran, terutama ketika dipakai bekerja (bike to work). Menggunakan sepeda berarti tidak menggunakan mobil, sehingga menurunkan biaya bahan bakar serta tingkat polusi udara.[2]

Review dan Specs Specialized Hardrock

Ada banyak model sepeda yang dapat Anda jadikan sarana untuk berolahraga. Dari sekian banyak yang tersedia, model MTB atau sepeda gunung mungkin dapat dikatakan yang paling terkenal. Seperti namanya, ini adalah jenis sepeda yang umumnya digunakan untuk melintasi medan yang berat, seperti perbukitan dan pegunungan.

Beberapa merk sudah merilis sepeda jenis MTB, termasuk Specialized. Jika Anda belum familiar, ini adalah salah satu brand asal AS, tepatnya California, yang sudah beredar di pasaran dalam negeri. Telah eksis sejak tahun 1974 silam, Specialized pun meluncurkan banyak tipe sepeda yang cocok untuk melintasi jalanan pegunungan atau medan off-road. Nah, varian yang cocok untuk kalangan entry-level dengan bujet pas-pasan adalah Hardrock.

Di dalam situs resminya, perusahaan mendefinisikan sepeda ini sebagai sepeda gunung dengan performa terbaik di kelasnya, dan untuk alasan yang bagus. Dengan rangkanya yang ringan, geometri yang stabil, dan spesifikasi yang luar biasa, diklaim tidak ada hardtail entry-level lain di pasaran yang dapat menandingi kombinasi kinerja, keserbagunaan, dan nilai yang diusung Hardrock.

Baca juga  Update Harga Sepeda Dahon di Indonesia (Semua Tipe)
Ilustrasi: Specialized Hardrock Pro Disc (credit: Bike Radar)

Ilustrasi: Specialized Hardrock Pro Disc (credit: Bike Radar)

Produk ini sudah ditunjang sejumlah fitur yang keren. SRAM X3 7-kecepatan dipasang untuk pergantian gigi yang mulus dan akurat, sadel Body Geometri XC khusus dengan bumper depan dan belakang untuk ketahanan off-road, serta ban Fast Trak LK Sport untuk hambatan gelinding yang lebih rendah. Selain itu, juga mengusung garpu 80mm yang halus dengan penyesuaian dan kecepatan pegas ukuran khusus untuk kinerja yang baik, serta rangka aluminium premium A1 dengan tabung bawah ORE ganda sehingga membuat sepeda menjadi lebih ringan dan lebih tahan lama,

Menurut sejumlah pengguna, kelebihan Hardrock buatan Specialized adalah menggunakan stang lumayan lebar, sehingga pengendara bisa melakukan handling dengan mudah. Selain itu, sepeda ini juga dikatakan punya jok yang nyaman dan membuat pengendara betah bersepeda selama berjam-jam, memiliki rem yang responsif, punya kecepatan bergulir yang sangat tinggi, serta suspensi yang sangat baik untuk mengatasi medan perbukitan.

Baca juga  Harga Pedal Sepeda BMX (Berbagai Merk dan Tipe)

Harga Specialized Hardrock

Nah, apabila Anda tertarik memiliki sepeda Hardrock buatan Specialized, tidak sulit mendapatkan kendaraan kayuh tersebut. Anda bisa membelinya di sejumlah toko sepeda atau lewat situs jual online. Hadir dalam tiga pilihan warna, Metallic Black, Gold, dan Red, satu unit sepeda Specialized Hardrock sekarang dijual dengan harga Rp8.491.000 hingga Rp9.425.000 untuk edisi 2011. Sementara, Specialized Hardrock 29ER saat ini dilepas dengan harga Rp12.696.000 hingga Rp16.700.000.

Apabila harga produk baru Anda rasa masih terlalu mahal, tidak ada salahnya untuk memburu produk second. Saat ini, juga sudah banyak pemilik yang melepas sepeda Specialized Hardrock mereka. Di pasaran dalam negeri, Specialized Hardrock A1 bekas sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp3.250.000 hingga Rp9.000.000 per unit, tergantung kondisi barang.

[1] Palar, Chrisly M., dkk. 2015. Manfaat Latihan Olahraga Aerobik terhadap Fisik Manusia. Jurnal e-Biomedik, Vol. 3(1): 316-321.

[2] Silalahi, T. R. dan Diah Intan Kusumo Dewi. 2013. Penggunaan Sepeda untuk Bekerja di Kampung Melayu Kota . Jurnal Ruang Vol. 1 (1): 111-120.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Sepeda Specialized Hardrock (Baru dan Bekas)"