Harga Sepeda Motor Listrik Viar (Baru dan Bekas)

Setelah sebelumnya lebih tersohor sebagai produsen motor roda tiga untuk kebutuhan niaga, Viar ternyata menjadi salah satu merk lokal yang pertama kali meluncurkan kuda besi bertenaga listrik. Bernama Viar Q1 (kemudian diperbarui menjadi Q1), motor elektrik ini telah menjangkau banyak konsumen, bahkan digunakan sebagai kendaraan operasional salah satu ojek online. Dengan harga yang terjangkau, motor listrik Viar Q1 sekarang dapat dibeli secara tunai atau kredit.

Sepeda motor listrik Viar (sumber: bukalapak)
Sepeda motor listrik Viar (sumber: bukalapak)

Meski sekarang sudah banyak masyarakat Indonesia yang memiliki mobil, tetapi sepeda motor tetap menjadi favorit banyak kalangan sebagai alat transportasi. Pasalnya, sepeda motor punya dimensi yang relatif kecil dibandingkan mobil sehingga relatif mudah digunakan untuk menerjang kemacetan lalu lintas.[1] Selain itu, alasan lain masih populernya sepeda motor karena harganya jauh lebih hemat, mudah dirawat, irit bahan bakar, dan lebih cepat mencapai tujuan.[2]

Bacaan Lainnya

Awalnya, sepeda motor menggunakan bahan bakar minyak (bensin) agar dapat dioperasikan. Seiring waktu, untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan juga menghemat penggunaan minyak bumi, sekarang bermunculan kendaraan roda dua bertenaga listrik. Bahkan, pun sudah menetapkan Indonesia sebagai pusat kendaraan listrik di ASEAN, dengan target motor listrik nasional mencapai angka 2,1 juta unit pada tahun 2025 mendatang.[3]

Review Motor Listrik Viar

Sudah ada banyak merk yang meluncurkan sepeda motor elektrik ini, dan salah satu yang dapat dikatakan pelopor di pasaran dalam negeri adalah Viar. Banyak yang bilang bahwa ini adalah brand asal China, nyatanya Viar adalah produk asli Indonesia. Berada di bawah naungan PT Triangle Motorindo dengan merk dagang Viar Motor Indonesia, pabrikan ini berbasis di Semarang, Jawa Tengah dan telah eksis sejak tahun dekade 2000-an lalu.

Melansir situs resminya, motor listrik buatan perusahaan asal Lumpia dinamakan Viar Q1. Kuda besi elektrik ini pertama kali diluncurkan ke pasaran dalam negeri pada pertengahan tahun 2017 lalu sekaligus menjadi salah satu pelopor sepeda motor listrik di Tanah Air. Selang beberapa bulan, kuda besi ini dilengkapi STNK sehingga dapat digunakan di jalan raya.

Saat itu, alasan perusahaan meluncurkan motor listrik adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah pemanasan global. Selain itu, cadangan minyak bumi yang merupakan bahan bakar kendaraan pun semakin menipis. Kendaraan listrik ini juga diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia yang menginginkan alat transportasi mudah, efisien, bebas polusi, minim perawatan, serta biaya operasional rendah.‎

Berjarak dua tahun dari model pertama, perusahaan memperkenalkan Viar Q1, versi facelift dari varian Viar Q1. Dirilis dalam gelaran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2019 yang diadakan di BSD, Tangerang, terdapat beberapa ubahan pada kuda besi. Revisi paling kentara adalah jumlah baterai yang kini dapat menggendong dua paket baterai. Dengan penambahan kapasitas baterai tersebut, New Viar Q1 diklaim mampu menempuh jarak hingga 120 km.

Menurut klaim perusahaan dalam situs resminya, Viar Q1 adalah kendaraan yang bebas polusi, bebas maintenance, tanpa bahan bakar, tidak bising, serta efisiensi energi hingga tiga kali lebih hemat dibandingkan motor konvensional. Kuda besi ini juga didukung sejumlah fitur seperti lampu depan LED, indikator LCD negatif, serta socket USB untuk pengisian daya gawai.

Sepeda motor listrik Viar (sumber: motorplus)

Spesifikasi Motor Listrik Viar

Nama Motor Q1
Motor 800 Watt
Kecepatan Maksimal 60 km per jam
Jarak Tempuh 60 km (satu baterai)
Pengisi Daya AC 180 – 240 Volts
Daya Keluar 71,4 Volt 4 Ampere
Tipe Baterai Lithium-ion 60 Volt 23 Ah
Daya Tahan Baterai 800 – 1.000 Siklus
Kapasitas Maksimal Baterai 2 kWh
Pengisian Baterai 100% 4 – 5 Jam
Dimensi Motor 1.680 x 690 x 1.220 mm
Daya Angkut 120 kg
Rem Hidrolik Cakram
Rangka Steel
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Peredam Kejut Ayun Ganda
Ban 90/90-10 Tubeless

Harga Motor Listrik Viar

Saat ini, sepeda motor listrik Viar Q1 sudah dipasarkan secara luas di Indonesia. Anda sudah bisa membelinya di dealer-dealer resmi Viar terdekat di daerah Anda. Melansir data terkini, harga sepeda motor listrik Viar tersebut dipatok mulai Rp18.000.000 hingga Rp26.100.000 (on the road atau dengan STNK), tergantung daerah. Sementara itu, jika ingin membeli produk bekasnya, harganya berkisar Rp11,5 juta sampai Rp15 jutaan, tergantung kondisi barang.

[1] Dewi, Hilda Rosdiana dan Dwi Endah Kusrini. 2014. Peramalan Jumlah Kepemilikan Sepeda Motor dan Penjualan Sepeda Motor di dengan Menggunakan Regresi Data Panel. Jurnal Sains dan POMITS, Vol. 3(2): 332-337.

[2] Djunaidi, Zulkifli dan R. Arnur. 2015. Risiko Ergonomi Ketidaksesuaian Desain dan Ukuran Tempat Duduk Sepeda Motor terhadap Antropometri pada Mahasiswa. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, Vol. 9(3): 243-248.

[3] Ramadhan, Hanung, Satria Fadil Persada, Bahalwan Apriansyah. 2021. Analisis Demografi pada Peran Social Media Marketing Efforts (SMME): Studi Kasus Motor Listrik XYZ. Jurnal Teknik ITS, Vol. 10(2): 135-140.

Pos terkait