Update Harga Sepeda Low Rider di Pasaran (Baru dan Bekas)

Anda yang bersepeda pasti sudah tidak asing lagi dengan sepeda jenis Low Rider. Ini adalah varian sepeda yang unik, dengan desain yang nyentrik, berbeda dengan sepeda kebanyakan seperti MTB, road bike, atau BMX. Di pasaran, Anda bisa berburu sepeda model ini di sejumlah toko sepeda atau online shop dengan yang sebenarnya relatif terjangkau.

Sepeda Lowrider Limo - bikestreak.com
Sepeda Lowrider Limo – bikestreak.com

Sepeda unik ini pertama kali diperkenalkan oleh George Barris pada tahun 1960-an. Kala itu, sedang tren mobil model Low Rider di kalangan anak muda Amerika. Sayangnya, tren ini hanya bisa dirasakan oleh mereka yang berasal dari keluarga kaya karena untuk membuat mobil Low Rider dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Bacaan Lainnya

Melihat kondisi tersebut, Barris kemudian mencoba membangun sebuah sepeda yang mengacu pada kesan Low Rider. Ia pun memodifikasi sepeda miliknya dengan konsep Low Rider dan langsung menarik antusiasme anak muda di lingkungannya. Seketika, tren sepeda Low Rider kemudian mewabah di kalangan remaja Amerika.

Pada tahun 1963, pabrikan sepeda SCHWINN untuk pertama kalinya mengeluarkan revolusi terbaru ‘New Cruiser Sting Ray’, sebuah sepeda Low Rider yang mengacu pada model motor dragster yang sedang ngetop pada saat itu. Karena model tersebut nyaman dikendarai dan memiliki desain unik, maka sepeda ini langsung booming dan digemari anak-anak muda.

Di Indonesia, sepeda Low Rider mulai dikenal pada akhir tahun 1970-an, dengan penyebutan bermacam-macam salah satunya sepeda kumbang. Meski begitu, karena waktu dan area peredaran yang terbilang sempit, maka pamor sepeda ini saat itu masih kalah dibandingkan model sepeda MTB, BMX, Ontel, atau sepeda mini.

Meski demikian, lama-kelamaan jumlah penggemar sepeda Low Rider di Tanah Air semakin banyak. Tercatat, ada beberapa merk luar negeri yang didatangkan seperti Benny dari Jepang, Raleigh dari Inggris, Murray dan Stelber dari Amerika, serta Phoenix dari China. Sementara itu, merk dalam negeri yang populer adalah Benny Indonesia.

Nah, setelah mengetahui sejarah dan perkembangan sepeda Low Rider, lalu berapa sepeda tersebut saat ini? Umumnya, sepeda Low Rider ditawarkan di kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah per unit untuk model bekas. Sementara, model baru dijual dengan harga rata-rata jutaan rupiah. Jika penasaran, berikut kisaran harga sepeda Low Rider di saat ini.

Sepeda Low Rider – (www.radardepok.com)

Sepeda Low Rider

Varian Sepeda Low Rider
Sepeda Low Rider UK 20 Rp3.000.000
Sepeda Low Rider Tandem 3 Rp7.700.000
Sepeda Low Rider Cruiser Bike Beach Rp11.300.000

Daftar sepeda Low Rider di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga sepeda Low Rider under 20 turun dari Rp7 jutaan menjadi Rp3 jutaan. Sebaliknya, harga sepeda Low Rider Cruiser Bike naik drastis dari Rp2,7 juta menjadi Rp11,3 jutaan.

Sepeda Low Rider Bekas

Tipe Sepeda Low Rider Bekas
Sepeda Low Rider UK 20 Rp650.000 – Rp950.000
Sepeda Low Rider Cruiser UK 26 Rp1.000.000
Sepeda Low Rider Porucho Rp1.599.000
Sepeda Low Rider Stingray Rp1.900.000
Sepeda Low Rider UK 20 Rp3.500.000
Sepeda Low Rider Limo UK 26 Rp3.500.000

Informasi sepeda Low Rider second di atas kami rangkum dari berbagai toko sepeda bekas dan sejumlah situs jual beli online. Apabila dibandingkan tahun sebelumnya, harga sepeda Low Rider Limo bekas ukuran 26 masih tetap di angka Rp3,5 jutaan, sedangkan harga sepeda Low Rider Stingray bekas naik dari Rp500 ribu menjadi Rp1,9 jutaan.

(Panca)

Pos terkait