Varian dan Harga Sepeda Motor Listrik Honda

Jika berbicara mengenai kendaraan roda dua, nama yang tidak boleh dilewatkan adalah Honda. Brand asal Jepang tersebut sangat populer di Indonesia dan begitu melekat di masyarakat dalam negeri. Bahkan, masih banyak yang menyebut sepeda motor dengan sebutan ‘Honda’. Selain motor konvensional berbahan bakar bensin, Honda juga sudah meluncurkan sepeda atau motor listrik tenaga listrik dalam beberapa varian dan dijual dengan harga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan motor bensin.

Salah satu seri sepeda motor listrik Honda (sumber: naikmotor.com)
Salah satu seri sepeda motor listrik Honda (sumber: naikmotor.com)

Sekarang memang masih beredar banyak sepeda motor dengan tenaga bensin. Sayangnya, seiring waktu, biaya menggunakan kendaraan pribadi, termasuk sepeda motor, semakin mahal. Naiknya harga BBM (bahan bakar minyak), entah itu karena pasokan global yang tidak menentu imbas distribusi yang tidak merata dan ketersediaan yang semakin langka, membuat banyak pihak yang akhirnya berpikir mencari solusi yang lebih hemat sebagai transportasi harian.

Bacaan Lainnya

Akhirnya, muncul apa yang disebut dengan sepeda motor listrik. Secara umum, sepeda motor listrik dapat dikatakan sebagai kendaraan roda dua tanpa bahan bakar yang digerakkan dinamo dan akumulator, yang terbagi dalam dua jenis arus, yakni DC maupun AC.[1] Sepeda motor elektrik diklaim hanya menghabiskan biaya perjalanan sebesar Rp4.500 menempuh jarak sejauh 100 km, dengan asumsi harga listrik per kWh sekitar Rp1.500.

Baca juga  Update Harga Topi Lacoste untuk Pria dan Tips Memilihnya

Indonesia pun tidak mau ketinggalan dengan beredarnya banyak motor listrik, baik dari pabrikan luar maupun lokal. Bahkan, pemerintah telah menetapkan Indonesia sebagai pusat kendaraan listrik di kawasan Asia Tenggara, dengan target ketersediaan motor listrik diharapkan mencapai angka 2,1 juta unit pada tahun 2025.[2]

Varian Sepeda Motor Listrik Honda

Sebagai merk yang telah lama berkecimpung di dunia kendaraan roda dua, Honda pun ikut berinovasi melahirkan sejumlah sepeda motor listrik, baik pasaran Jepang maupun pasaran dunia, termasuk Indonesia. Walaupun gaungnya terdengar beberapa waktu belakangan, ternyata merk berlogo sayap mengepak tersebut sudah meluncurkan motor listrik sejak dekade 1990-an silam.

Dilansir dari Kumparan, pada tahun 1994, Honda sempat merilis CUV-ES yang disebut-sebut sebagai skuter listrik pertama perusahaan. Dijual terbatas instansi pemerintahan Jepang dengan jumlah sekitar 200 unit, motor ini hadir dengan desain skuter pada zamannya. Warna hijau dan putih mendominasi bodi kuda besi, didukung warna kuning pada lampu sebagai pemanis.

Baca juga  Update Harga Husqvarna Nuda 900R

Kemudian, ada model Honda e-SCR dan e-POP yang diluncurkan pasaran China di bawah label Wuyang Honda. Kedua produk tersebut sama-sama didukung motor listrik berkekuatan 1,2 kW atau setara 1,6 HP dan dikatakan sanggup mencapai torsi puncak 17 Nm. Dengan baterai berkapasitas 60 V 20Ah, motor ini diklaim dapat mencapai kecepatan maksimal 52 km per jam.

Di era kekinian, Honda menghadirkan PCX Electric, yang pertama kali diperkenalkan ke pasaran pada tahun 2019 lalu. Produk tersebut dibekali dengan dua baterai lithium-ion berkapasitas masing-masing 50,4 V 20,8Ah, yang dikatakan dapat menyemburkan tenaga maksimal 5,6 HP sejak putaran mesin rendah dan menggapai torsi puncak di angka 18 Nm.

Hampir bersamaan, Honda juga meluncurkan seri e-Business Bike yang dirancang khusus kegiatan bisnis. Dipamerkan pertama kali dalam gelaran Tokyo Motor Show 2019, sepeda motor ini menawarkan bodi yang kompak dan utilitas tinggi. e-Business Bike series setidaknya hadir dalam tiga tipe, yakni Benly e:, Gyro e:, dan Gyro Canopy e:.

Lalu, pada tahun 2021, Honda merilis varian U-GO untuk pasaran Negeri Tirai Bambu. Sepeda motor ini hadir dengan desain yang cukup minimalis, tetapi juga tampak futuristik. Honda U-GO mengusung motor listrik dengan daya 1,2 kW. Dalam kondisi baterai penuh, kuda besi elektrik ini dikatakan dapat digunakan untuk menempuh jarak hingga 65 km.

Baca juga  Update Harga Oli Samping Castrol 2T (Castrol Activ 2T, Castrol Power 1, Castrol A747)
Salah satu varian sepeda motor listrik Honda (sumber: news18.com)
Salah satu varian sepeda motor listrik Honda (sumber: news18.com)

Harga Sepeda Motor Listrik Honda

Tipe Sepeda Motor Listrik Honda Harga
Honda T2 Rp17.078.927
Honda V-GO Rp17.179.014
Honda V3 Rp17.476.824
Honda U-GO Rp17.599.253
Honda EV Neo Rp48.071.536
Honda EV Cub Rp48.015.856
Honda Gyro Canopy e: Rp75.599.139
Honda Benly e: Rp77.925.266
Honda PCX Electric Rp83.302.850

Informasi harga sepeda motor listrik Honda di atas kami rangkum dari sejumlah sumber. Perlu Anda catat bahwa harga sepeda motor listrik Honda tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika Anda menelusuri situs resmi Astra Honda Motor (AHM), memang masih belum ada motor listrik yang dijual untuk pasaran dalam negeri. Namun, menurut kabar, varian Honda U-GO akan menyapa konsumen dalam negeri di penghujung tahun 2022.

[1] Nurrahmat, Andhika. 2010. Analisis Struktur Kanopi Surya dengan Metode Elemen Hingga (Tugas Akhir). Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia.

[2] Ramadhan, Hanung, Satria Fadil Persada, Bahalwan Apriansyah. 2021. Analisis Demografi pada Peran Social Marketing Efforts (SMME): Studi Kasus Motor Listrik XYZ. Jurnal Teknik ITS, Vol. 10(2): 135-140

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *