Harga Sepeda Cervelo Original (Semua Tipe)

No comment324 views

Seiring makin banyaknya orang yang menggemari olahraga bersepeda, kini juga semakin banyak brand ternama yang meluncur ke pasaran dalam negeri. Cervelo misalnya, merupakan yang bisa dikatakan premium. Pasalnya, asal Kanada tersebut memang cukup menguras kantong sehingga mungkin lebih cocok dipilih oleh mereka yang punya anggaran berlebih.

Ilustrasi: Mengendarai Sepeda Cervelo S5 (credit: cyclist.co)

Ilustrasi: Mengendarai Sepeda Cervelo S5 (credit: cyclist.co)

Ketika sepeda motor mulai booming di era 1990-an hingga 2000-an, mungkin banyak orang yang gengsi mengendarai sepeda. Bahkan, tidak sedikit pelajar SMP maupun SMA yang lebih memilih memakai kendaraan roda dua dibandingkan mengayuh sepeda ke sekolah mereka. Prestise menjadi alasan di sini, selain mungkin karena sepeda motor menawarkan kepraktisan dan tidak butuh banyak tenaga.

Kemudian, seiring kesadaran masyarakat akan kesehatan serta untuk mengurangi polusi udara, sepeda kembali menjadi pilihan banyak orang. Tidak hanya para pelajar yang hendak bersekolah, sepeda juga dipilih oleh sebagian mereka yang pergi ke tempat kerja (bike to work). Bahkan, setiap akhir pekan atau hari libur, tidak jarang ditemui banyak orang berolahraga sepeda di jalanan umum atau tempat-tempat tertentu.

Memang, selain sebagai moda , sepeda juga dapat digunakan sebagai untuk berolahraga. Olahraga bersepeda dikatakan sebagai salah satu cara yang paling minim risiko tekanan pada lutut dan cara paling baik untuk menguatkan tulang rawan. Bersepeda juga diklaim dapat memperbaiki sirkulasi darah secara keseluruhan, dengan jantung akan bekerja lebih ekonomis karena performa pemompaan menjadi lebih efisien sehingga mengurangi tekanan darah secara keseluruhan dan mengurangi penyakit jantung.

Baca juga  Harga Sepeda Listrik Selis Terbaru (Semua Tipe)

Selain badan menjadi lebih sehat, bersepeda pun tidak menyebabkan polusi layaknya kendaraan bermotor. Menggunakan alat transportasi ini dinilai dapat menghemat pengeluaran, terutama ketika dipakai bekerja (bike to work). Menggunakan sepeda berarti tidak menggunakan mobil, sehingga menurunkan biaya bahan bakar serta tingkat polusi udara.[1]

Ada banyak sepeda yang dapat Anda pakai sebagai alat berolahraga. Model MTB (mountain bike) atau sepeda gunung mungkin merupakan tipe yang paling . Namun, jenis yang sebenarnya paling efektif untuk kegiatan bersepeda di jalan raya adalah sepeda balap, dengan ciri khas ban yang halus untuk mengurangi gesekan dengan aspal serta setang yang aerodinamis.

Layaknya penggemar sepeda MTB, pencinta sepeda balap pun makin berkembang, yang lantas melahirkan berbagai komunitas. Selain sepeda, tidak sedikit anggota komunitas tersebut yang melengkapi diri mereka dengan atribut khusus sepeda, bahkan dengan merk dan kualitas tertentu. Selain sebagai identitas diri, atribut tersebut juga menjadi lifestyle mereka.[2]

Sepeda Cervelo

Ilustrasi: Spesifikasi Sepeda Cervelo (credit: granfondo-cycling)

Ilustrasi: Spesifikasi Sepeda Cervelo (credit: granfondo-cycling)

Saat ini, tidak sulit mendapatkan sepeda balap karena sudah banyak brand yang dapat dipilih. Nah, jika kebetulan Anda mengaku sebagai penggemar sepeda balap sejati dan memiliki bujet berlebih, Cervelo bisa menjadi referensi yang menarik. Ini adalah brand sepeda balap yang sudah tersohor sebagai merk berkualitas, dengan harga yang tergolong tidak murah.

Baca juga  Update Harga Pedal Sepeda (Berbagai Merk)

Dilansir dari situs resmi mereka, sejak 1995, Cervelo telah merancang sepeda jalan raya dan triathlon/time trial yang inovatif. Apakah Anda seorang profesional di Tour de France, mengikuti triathlon jarak penuh pertama Anda, atau sekadar menikmati bersepeda di akhir pekan, pabrikan menerapkan teknik, ambisi, dan hasrat untuk membuat sepeda yang lebih baik untuk Anda.

Cervelo sendiri pertama kali ditemukan oleh Gerard Vroomen ketika ia meneliti dinamika sepeda di Universitas Teknologi Eindhoven. Dia lantas membawa ilmunya ke Kanada untuk melanjutkan penelitian di Universitas McGill. Pada 1995, Vroomen dan Phil White mendirikan Cervelo Cycles. Nama Cervelo diambil dari kata cervello, yang dalam bahasa Italia berarti otak, sedangkan velo adalah kata Prancis untuk sepeda.

Ada banyak sepeda yang sudah dirilis Cervelo ke pasaran global. Cervelo R2 misalnya, dikatakan memiliki keunggulan aero saat Anda memacunya dengan cepat. Rangka yang ringan akan memanjakan pengendara ketika melewati tanjakan yang curam dan turunan. Sementara itu, Cervelo Aspero adalah tipe yang cocok bagi mereka yang suka tantangan bersepeda di lintasan berbatu, dengan frame yang dirancang untuk mentransfer pedal yang lebih besar.

Tipe lainnya adalah Cervelo C2, yang disebutkan sangat cocok untuk mereka yang ingin bersantai di akhir pekan. Tipe ini punya geometri lebih santai, ban yang lebih lebar, serta kerangka peredam getaran jalan. Nah, untuk mereka yang ingin mengetes kecepatan bersepeda, bisa menjajal Cervelo P2, karena punya bentuk bingkai yang dirancang untuk membantu mengurangi hambatan dan membuat biker lebih cepat.

Cervélo Caledonia 5 (credit: Cyclingmagazine)

Cervélo Caledonia 5 (credit: Cyclingmagazine)

Harga Sepeda Cervelo

Tipe CerveloHarga
Cervelo R2USD 2.400
Cervelo AsperoUSD 2.800
Cervelo C2USD 2.900
Cervelo CaledoniaUSD 2.900
Cervelo P-SeriesUSD 3.200
Cervelo P2USD 4.200
Cervelo C3USD 4.200
Cervelo P3USD 4.200
Cervelo R-SeriesUSD 4.500
Cervelo S-SeriesUSD 4.500
Cervelo Caledonia 5USD 5.000
Cervelo S3USD 5.000
Cervelo S5USD 7.000
Cervelo P5USD 8.000
Cervelo P3XUSD 8.000
Cervelo R5USD 9.500
Cervelo PX-SeriesUSD 12.000
Baca juga  Harga Shifter Shimano 7 Speed Original

Harga sepeda keluaran Cervelo di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi perusahaan dan situs jual beli online. Ketika artikel ini diterbitkan, kurs 1 USD setara dengan Rp14.800, sehingga Anda bisa mengalikannya untuk mengetahui harganya dalam rupiah. Selain model-model di atas, ada Cervelo sempat berkolaborasi dengan Lamborghini merilis sepeda Cervelo R5 Automobili Lamborghini Edition secara terbatas, dengan harga mencapai USD 18.000 atau setara Rp266 jutaan.

[1] Silalahi, Tiopanni R. dan Diah Intan Kusumo Dewi. 2013. Penggunaan Sepeda untuk Bekerja di Kampung Melayu Kota Semarang. Jurnal Ruang Vol. 1(1): 111-120.

[2] Vairindyanto, Yahya Aswad dan Pambudi Handoyo. 2014. Makna Konsumsi Bagi Atlet Junior Balap Sepeda di Kota Malang. Jurnal Paradigma, Vol. 2(1).

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Sepeda Cervelo Original (Semua Tipe)"