Harga Semen Putih (Berbagai Merk dan Kemasan)

Selain semen biasa, juga ada semen putih. Seperti semen biasa, semen juga memiliki banyak fungsi sebagai material bangunan. Bahan ini dapat digunakan untuk menghaluskan permukaan tembok, mengisi celah pada lantai, hingga perekat granit pada furniture. Sudah hadir dalam berbagai merk dan kemasan, semen putih dijual dengan harga mulai puluhan ribu rupiah per sak atau karung.

Semen putih (twitter: @iblcjp)
Semen putih (twitter: @iblcjp)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan semen. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, semen adalah serbuk atau tepung yang terbuat dari kapur dan material lainnya yang dipakai untuk membuat beton, merekatkan batu batas, ataupun membuat tembok. Material ini umumnya terdiri dari batu kapur atau gamping yang mengandung kalsium oksida (CaO), tanah liat atau lempung yang mengandung silika oksida (SiO2), aluminium oksida, besi oksida, dan gips yang berfungsi untuk mengontrol pengerasan. Semen setidaknya memiliki empat unsur pokok, yakni batu kapur sebagai sumber utama, tanah liat, bila perlu ditambahkan pasir kuarsa atau batu silika, dan pasir besi atau bijih besi.[1]

Bacaan Lainnya

Dalam dunia konstruksi, ada beberapa jenis semen yang kerap digunakan bangunan. Jenis pertama adalah semen Portland pozolan, yakni semen Portland yang ditambah dengan 10 sampai 30 persen zat pozzolan.[2] Ada pula semen pozolan kapur, yakni bahan perekat hidrolisis yang dibuat dengan menggiling bersama suatu bahan pozzolan dengan kapur padam sehingga menjadi suatu kesatuan kompak.[3]

Pengertian Semen

Varian semen lain yang juga kerap digunakan adalah semen putih. Ini adalah campuran semen yang memiliki kadar Fe203 rendah karena warna abu-abu pada semen Portland disebabkan serbuk besi. Semen dibuat dari batu kapur dan tanah liat putih (kaolin), dengan kadar Fe203 tidak boleh lebih dari 15 persen.[4] Walau pengolahannya sama dengan semen biasa, tetapi tidak menggunakan alat-alat yang mengandung besi.

Baca juga  Update Harga Stamper Kodok dan Biaya Sewanya

Dibandingkan semen biasa, yang berwarna abu-abu, popularitas semen memang dapat dikatakan kurang bergema. Padahal, semen putih memiliki banyak manfaat untuk bangunan, tidak kalah dengan semen abu-abu. Tidak cuma untuk bagian eksterior, semen juga dapat dimanfaatkan untuk sisi interior bangunan.

Kelebihan Semen

Adonan semen putih (sumber: rumah123.com)
Adonan semen putih (sumber: rumah123.com)
  • Dikutip dari Rumah.com, apabila Anda sedang membangun rumah dan ingin mendapatkan hasil tembok yang baik, bebas dari retak, serta tidak gampang terkelupas, maka Anda bisa memanfaatkan semen untuk menciptakan sebuah tekstur tembok yang kuat dan tahan lama. Semen putih bisa Anda gunakan sebagai acian pada tembok Anda untuk menutup pori-pori yang ada pada plesteran tembok. Semen putih memiliki kerapatan yang sangat baik dan akan membuat permukaan plesteran tembok Anda menjadi terlihat lebih halus dan tidak mudah untuk terkelupas.
  • Kandungan semen putih diklaim lebih aman terhadap lingkungan dibandingkan komposisi semen abu-abu. Selain itu, sebuah benda atau produk yang terbuat dari material ini dapat didaur ulang atau dimanfaatkan kembali.
  • Seperti namanya, semen putih memiliki warna putih, yang tentunya akan membuat tampilan dinding Anda lebih cerah dan menarik. Semen putih dikatakan punya unsur dekoratif yang sangat kuat. Apabila Anda berniat membuat sebuah ruangan yang memiliki konsep industrial, Anda bisa memanfaatkan semen putih sebagai penutup dinding, tanpa perlu dicat lagi.
  • Dengan butiran yang sangat halus dan bersih, menjadikan semen putih bisa dimanfaatkan sebagai plester maupun acian pada dinding sebelum Anda melapisinya dengan cat. Tembok yang diplester menggunakan semen putih, dikatakan akan memiliki permukaan yang jauh lebih rapi dan tidak bergelombang. Permukaan yang rapi dan rata ini tentu saja akan memudahkan Anda untuk mengecat.
  • Tidak hanya untuk dinding rumah, semen putih ternyata juga bisa Anda gunakan untuk mengisi celah pada lantai yang dipasang (tile grouting). Tekstur semen putih yang halus, serta warna putihnya, dapat membuat tampilan lantai hunian Anda menjadi lebih alami.
  • Selain keramik, granit menjadi salah satu material yang kini semakin diminati. Nah, apabila Anda punya lembaran granit dan ingin memasangnya pada furniture, misalnya kitchen island, Anda bisa memakai semen putih sebagai media perekat. Kemampuan rekat semen putih yang cukup tinggi sangat cocok untuk menempelkan granit daripada Anda menggunakan lem.
  • Walau lebih kerap dipakai, semen biasa atau abu-abu ternyata memiliki kandungan asam yang tinggi dan bisa memunculkan bercak-bercak pada tembok. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan semen putih sebagai bahan utama acian dan plesteran tembok. Pasalnya, semen putih tidak mengandung asam yang bisa membuat tembok menjadi basah. Kemampuan waterproofing semen putih diklaim sangat baik sehingga sangat membantu untuk melindungi tembok yang sering terkena kelembapan tinggi.
  • Apabila Anda ingin memperkuat struktur tembok, Anda pun bisa memanfaatkan semen putih sebagai acian atau plesteran. Pasalnya, material ini punya daya rekat yang tinggi, selain senyawa silika yang menjadikan komposisi dan campurannya tidak mudah terkelupas.
  • Saat tembok mulai terkelupas, salah satu solusi yang terpikirkan pasti tidak jauh-jauh dari mengecat ulang. Padahal, cat ulang tembok sering membutuhkan biaya yang tidak murah, waktu yang tidak sebentar, dan belum tentu bisa mengatasi cat tembok mengelupas secara maksimal. Sebagai solusi yang lebih hemat, Anda bisa menggunakan semen putih. Pada bagian dinding retak di rumah, Anda juga bisa menggunakan semen putih untuk menutup bagian retaknya agar tidak dijadikan sarang hewan.
  • Tembok yang terbuat dari bata atau hebel tidak terlalu baik saat terkena air. Umur bata dan hebel akan berkurang dan menjadi cepat lapuk apabila Anda tinggal pada daerah yang dekat dengan sumber air. Nah, Anda bisa memanfaatkan semen putih sebagai penguat material bata atau hebel agar menjadi lebih tahan terhadap pelapukan.
Baca juga  Info Terbaru Harga Rodalon (100 ml dan 1 Liter), Antiseptik Desinfektan Ternak

Saat ini, tidak sulit mendapatkan semen putih. Pasalnya, Anda sudah bisa membeli material tersebut di berbagai toko bahan bangunan, bahkan lewat sejumlah situs jual beli online. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung merk, kemasan, serta kebijakan masing-masing penjual. Berikut informasi terbaru kisaran harga semen putih di pasaran.

Harga Semen Putih

Ilustrasi: produk semen (sumber: tribunnews)
Ilustrasi: produk semen (sumber: tribunnews)
Merk Semen Putih Harga
Semen Putih Tiga Roda Repack 1 kg Rp3.000 – Rp5.000
Semen Putih Kingkong 1 kg Rp8.000
Semen Aga Tile Grout 1 kg White Rp10.000
Semen Putih WJ 1 kg Rp10.000
Semen Putih Bitagrout 1 kg Rp12.900
Semen Nat AM50 White 1 kg Rp18.000
Semen Putih Jaguar Superior 40 kg Rp58.500
Semen Putih Panda 40 kg Rp60.900
Semen Putih Elephant 40 kg Rp76.650
Semen Putih Tiga Roda 40 kg Rp95.000 – Rp161.000
Semen Putih GML 40 kg Rp97.900
Semen Putih Kingkong 25 kg Rp110.000
Drymix T-325 Tile Adhesive Plus 25 kg Rp129.000
Semen Putih C18 Castable 25 kg Rp370.000
Semen Putih Intama C15 Castable 50 kg Rp850.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Pop Mie dan Pop Mie Mini 1 Dus (Semua Varian)

Harga semen putih di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko bahan bangunan dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda ingat bahwa harga semen putih tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Harga semen putih di masing-masing toko juga bisa berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Tanubrata, Maksum. 2015. Bahan-Bahan dalam Konteks Teknik Sipil. Jurnal Teknik Sipil, Vol. 11(2): 76-168.

[2] Ibid.

[3] Assa Asma dan Erwin Adinata. 2013. Karakteristik Kimia dan Fisika Semen Pozolan Kapur yang Diperkaya Silika Abu Sekam Padi. Jurnal Dinamika Penelitian Industri, Vol. 24(1): 8-15.

[4] Tanubrata, Maksum. Op cit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.