Harga Selai Strawberry Kiloan (Semua Merk)

Buah strawberry adalah salah satu buah yang mengandung banyak vitamin. Sayangnya, buah mungil ini termasuk bahan makanan yang mudah rusak dan memiliki daya simpan rendah. Untuk mengatasinya, beberapa orang mengolahnya menjadi selai, karena selai strawberry memiliki daya simpan lebih lama. Selain dijual dalam jar atau , ada juga yang menjualnya dalam plastik dan toples kiloan dengan relatif terjangkau.

Selai strawberi (pexels: Olya Lu)
Selai strawberi (pexels: Olya Lu)

Cara Mengawetkan Strawberry

Selain punya vitamin C yang tinggi, stroberi juga mengandung senyawa bioaktif, seperti fenol, flavonoid, ellagic, acid, polifenol, dan antosianin.[1] Senyawa bioaktif ini berfungsi sebagai antioksidan dan pewarna alami pada buah. Beberapa jenis buah strawberry juga mengandung fruktosa atau gula buah, sehingga ada yang rasanya manis.

Bacaan Lainnya

Tak seperti buah lainnya, buah berry ini memiliki daya tahan buruk dan mudah rusak atau membusuk. Hal ini yang strawberry segar harus segera dijual dan dikonsumsi. Biasanya, buah strawberry hanya mampu bertahan kurang dari lima hari jika disimpan di dalam lemari pendingin. Sementara itu, jika disimpan di ruang terbuka, strawberry hanya mampu bertahan hingga tiga hari.

Sebagai tips supaya buah strawberry bertahan lebih lama, Anda bisa mengawetkannya dengan cara membekukan buah ini di freezer atau chiller. Suhu dingin yang tepat untuk mengawetkan buah ini adalah -4 derajat Celcius. Ciri buah strawberry frozen yang baik memiliki tekstur yang keras, tetapi masih bisa digigit. Biasanya, strawberry beku dapat bertahan hingga berbulan-bulan.

Sementara itu, jika Anda ingin memiliki produk olahan strawberry yang lebih awet dan mampu bertahan hingga satu tahun, Anda bisa membuatnya menjadi selai. Selai strawberry tidak hanya bisa dijadikan sebagai filling atau topping roti dan cake, tetapi juga sebagai bahan campuran membuat yang lezat.

Selain itu, Anda bisa menjadikan selai strawberry sebagai ide bisnis rumahan. Banyak orang yang menjual selai strawberry kiloan dalam wadah plastik, toples plastik, dan ember tertutup. Cara membuat selai strawberry juga tidak sulit dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Sebagai referensi, berikut cara membuat selai strawberry.

Cara Membuat Selai Strawberry

  • Siapkan 500 gr buah strawberry segar yang sudah matang dan 18 gr gula pasir. Anda juga boleh menambahkan madu dan lemon sebagai penambah .
  • Buang daun strawberry dengan cara dipotong dan masukkan ke dalam baskom plastik. Cuci strawberry hingga bersih menggunakan air yang mengalir dan pastikan tidak ada sisa tanah atau kotoran yang menempel. Beberapa orang juga merendam buah strawberry ke dalam baking soda supaya buah lebih bersih dan warnanya lebih cerah. Lalu, potong-potong buah strawberry dengan pola dadu dan sisihkan.
  • Ambil wajan anti-lengket dan masukkan gula pasir ke dalamnya. Nyalakan kompor dengan api kecil, lalu aduk gula hingga bagian pinggirnya meleleh.
  • Masukkan strawberry ke dalam wajan dan aduk semua bahan hingga strawberry hancur dan air di dalam wajan bertambah. Masak selai hingga berubah warna menjadi merah kehitaman, tetapi jangan sampai gosong.
  • Matikan kompor dan angin-anginkan selai. Setelah itu, masukkan selai ke dalam wadah tertutup dan selai siap dikonsumsi atau dijual. Anda juga bisa mengemasnya dalam toples kaca dan menambahkan label supaya lebih menarik.
Selai strawberi (sumber: my-best.id)
Selai strawberi (sumber: my-best.id)

Sementara itu, bagi Anda yang ingin menggunakan selai strawberry untuk keperluan dapur sendiri dan tidak memiliki waktu untuk membuatnya, Anda bisa membelinya di pusat perbelanjaan terdekat. Selain dijual dalam kemasan 100 gr, 250 gr, dan 500 gr, ada juga yang dijual dalam plastik atau toples kiloan. Berikut adalah referensi harga selai strawberry kiloan.

Harga Selai Strawberry Kiloan

Merk Selai Strawberry Kiloan Harga per Kg
Softil Selai Strawberry Rp13.000
Le Patta Tropicana Selai Strawberry Rp17.000
Fruity Jam Selai Strawberry Berserat Rp18.700
Miyaki Selai Strawberry Rp30.950
Plaza Dip Glaze Selai Strawberry Rp36.500
Aroma Selai Strawberry Rp39.000
Paletta Selai Strawberry Rp40.000
Sonton Selai Strawberry Rp43.700
Goldenfill Selai Strawberry Rp46.000
Mariza Buybest Selai Strawberry Rp46.000
Welco Selai Strawberry Rp47.000
Collins Dip Glaze Selai Strawberry Rp50.000

Harga selai strawberry kiloan di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual online. Harga strawberry kiloan tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Siti Rofiatu Nisa, Hari Santoso, Ahmad Syauqi, Analisis Kadar Vitamin C pada Selai Stroberi (Fragaria sp.)-Buah Naga (Hylocereus costaricensis), e-Jurnal Ilmiah Sains Alami Universitas Islam Malang, Vol. 2, No. 2, (2020), hlm. 1-7.

perlu anda catat/ingat.ketahui harga….

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *