Update Harga Selai Nutella Berbagai Varian

Bagi Anda penikmat roti tawar, selai menjadi topping favorit untuk menambah cita rasanya. Awalnya, selai hanya terbuat dari buah-buahan segar yang diolah seperti strawberry. Namun sekarang, varian rasanya semakin bertambah, seperti Nutella yang hadir dengan cokelat dan kacang hazelnut. Sayangnya, harga jual selai Nutella di pasaran terbilang mahal.

Mengoleskan selai cokelat Nutella di atas roti (sumber: townlife.com.au)
Mengoleskan selai cokelat Nutella di atas roti (sumber: townlife.com.au)

Dulu, selai dikenal sebagai hasil olahan buah yang populer di Eropa. Selai dibuat dengan cara memasak hancuran buah, lalu dicampur dengan gula. Sebagian orang dapat memasak selai dengan menambahkan air. Selai biasanya digunakan sebagai bahan olesan roti atau sebagai bahan tambahan untuk pembuatan kue.[1] Selain itu, ternyata selai memiliki kandungan vitamin dan mineral, diklaim dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan energi, dan menyembuhkan luka.

Bacaan Lainnya

Dari sekian merk selai, selai Nutella telah menjadi olesan kacang hazel terpopuler dan ikonik di dunia. Selama lebih dari 50 tahun, Nutella hadir dan tetap bersaing di pasaran dengan merk lainnya. Nutella mengklaim selainya telah melalui proses verifikasi SGS, sebuah pemeriksaan, verifikasi, pengujian, dan sertifikasi terkemuka di dunia yang berdiri di Jenewa.

Komposisi Selai Nutella

Selai Nutella terdiri dari gula, minyak sawit, kacang hazel (13%), bubuk susu skim (8,7%), cokelat rendah lemak (7,4%), pengemulsi lesitin (kedelai), dan vanili.

Kandungan Gizi Selai Nutella (per 100 gr)

  • Energi: 2.252 kJ/539 kcal.
  • Lemak: 30,9 gr.
  • Karbohidrat: 57,5 gr.
  • Protein: 6,3 gr.
  • Garam: 0,107 gr.

Sebelum membeli selai Nutella, cobalah untuk memeriksa bagian label yang ada pada kemasan. Biasanya, di sana terdapat kandungan yang ada pada selai. Jika Anda tertarik membeli selai Nutella, berikut rincian harganya terkini di pasaran.

Selai Nutella (sumber: markets.ng)

Harga Selai Nutella di Situs Online

Varian Selai Nutella Harga
Nutella Jam Spread Kecil Hazelnut 200 gr Rp50.000
Nutella Jam Spread Hazelnut With Cocoa 350 gr Rp75.000
Nutella Jam Spread Hazelnut With Cocoa 680 gr Rp140.820
Nutella Chocolate Hazel Spread 1 kg Rp185.000
Nutella Jam Spread Hazelnut With Cocoa 350g 1 Karton (isi 12) Rp864.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga selai Nutella di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, Nutella Jam Spread Hazelnut 200 gr yang semula dijual seharga Rp43.500, naik menjadi Rp50 ribu. Begitu pula harga Nutella Jam Spread Hazelnut With Cocoa 350 gr yang naik dari Rp69 ribu menjadi Rp75 ribu.

Selain bisa membeli di situs online dengan varian yang lengkap, kini beberapa Nutella sudah dapat Anda temukan di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Sebagai bahan referensi, berikut kisaran harga selai Nutella di Indomaret saat ini.

Nutella (sumber: ferrero.co.uk)

Harga Selai Nutella di Indomaret

Varian Selai Nutella Harga
Nutella Jam Spread Kecil Hazelnut 200 gr Rp43.900
Nutella Jam Spread Hazelnut With Cocoa 350 gr Rp71.900
Nutella Jam Spread Hazelnut With Cocoa 680 gr Rp135.100

Tak hanya selai, kini Nutella juga meluncurkan baru, yakni Nutella Go. Produk ini merupakan camilan sehat dengan stik roti yang dapat dicelupkan dalam cokelat hazelnut Nutella. Nutella Go sekarang dibanderol mulai Rp42 ribuan di berbagai marketplace. Harga tersebut naik dari tahun lalu yang hanya Rp30 ribuan.

Rasa selai yang Nutella dicari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tak heran jika kini mulai banyak resep selai cokelat ala Nutella. Sebagai referensi, kami sajikan resep cara membuat selai cokelat Nutella yang dapat Anda coba di rumah.

Cara Selai Nutella Homemade

  • Anda dapat menyiapkan sejumlah bahan untuk membuat selai mirip Nutella, seperti 300 gr kacang hazelnut yang dipanggang dan dikupas kulitnya, 20 gr cokelat bubuk, 30 gr gula bubuk, 3 sendok minyak jagung, ¼ sendok teh garam, dan 300 gr milk cooking chocolate yang sudah dilelehkan.
  • Untuk bahan minyak jagung, Anda dapat menggantinya dengan minyak canola, sunflower, atau minyak kelapa sawit sesuai selera.
  • Setelah semua bahan siap, Anda bisa memasukkan kacang hazelnut ke dalam food processor, proses hingga berminyak dan bertekstur seperti pasta.
  • Tambahkan cokelat bubuk, gula bubuk, minyak jagung, dan garam, proses kembali hingga tingkat kelembutan yang diinginkan.
  • Masukkan milk cooking chocolate, proses hingga rata. Tuang dalam wadah kedap udara, simpan dalam suhu ruang.

Selai kacang hazelnut ala-ala Nutella pun telah siap dinikmati sebagai bahan olesan roti atau topping kesukaan Anda. Pastikan selai buatan Anda tetap bisa disimpan dalam waktu yang lumayan lama di toples kaca.

[Update: Ditta]

[1]Subarnas, Nandang. 2006. Terampil Berkreasi. Jakarta: PT Grafindo Media Pratama, hlm 55.

Pos terkait