Keunggulan dan Harga Selada Hidroponik per Kg

No comment2833 views

Makan salad sayur atau lalapan, memang paling enak jika ditambah selada. Menurut cara menanamnya, ada banyak jenis selada yang dijual di pasaran. Salah satu varian selada yang dinilai lebih sehat dan bernutrisi, yaitu selada hidroponik. Meskipun harganya terbilang lebih mahal dibanding jenis selada , banyak orang yang mencarinya.

Selada Hidroponik - hidroponikpedia.com

Selada Hidroponik - hidroponikpedia.com

Selada Hidroponik

Secara ilmiah, selada memiliki nama Lactuca sativa L., dan merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh subur di daerah bersuhu dingin hingga tropis. Inilah alasan banyak petani Indonesia bisa menanam selada dengan baik. Pemasaran selada di Indonesia semakin meningkat diiringi dengan pertumbuhan ekonomi dan jumlah penduduk yang meningkat.

Untuk memenuhi permintaan pasar akan selada, para petani mulai berinovasi agar hasil panennya dapat meningkat dalam waktu yang relatif cepat. Nah, salah satu inovasi menarik untuk mempersingkat masa panen sekaligus membuat hasil panen lebih banyak, yakni menanam selada secara hidroponik.

Bagi Anda yang masih awam dengan hidroponik, ini adalah bercocok tanam tanpa memakai media tanah, melainkan menggunakan air atau bahan porous. Salah satu metode hidroponik yang sering diterapkan untuk menanam selada adalah teknologi hidroponik sistem terapung (THST). Sistem ini mampu menyediakan oksigen terlarut dengan baik bagi tanaman. Sehingga, tanaman bisa tumbuh subur dan tidak kekurangan oksigen meskipun ditanam di air.

Baca juga  Update Harga Blesstea (Botol, Pouch, Sachet)

Dalam budidaya selada hidroponik, nutrisi diberikan dalam bentuk larutan yang mengandung unsur makro dan mikro. Unsur makro antara lain nitrogen, fosfor, kalium, kalsium, magnesium, dan sulfur. Sementara, unsur mikro, di antaranya ada mangan, suprum, molibden, zincum, dan zat besi. Baik unsur mikro maupun makro tersebut, merupakan unsur-unsur yang secara alami bisa ditemukan di tanah dengan layak ditanami.

Nutrisi hidroponik dengan kandungan dua unsur tersebut sudah tersedia di pasaran dengan kadar atau komposisi unsur yang berbeda-beda. Hal ini juga menentukan kualitas produk larutan hidroponik. Kebanyakan petani selada akan memilih jenis larutan dengan kadar unsur makro dan mikro sedang hingga .

Dengan kualitas larutan hidroponik yang baik, maka hasil panen juga akan lebih baik. Selain itu, para petani bisa bebas memberikan larutan hidroponik dengan kadar unsur yang bisa mempercepat waktu panen tanaman. Biasanya, mereka juga menambahkan larutan hormon tanaman agar selada memiliki daun yang lebih lebar dan segar.[1]

Baca juga  Update Harga Sirup Sarang Sari Asli

Keunggulan lain metode hidroponik yang diterapkan di selada adalah tanaman tidak mudah terkena hama dan penyakit. Beberapa jenis larutan hidroponik secara alami membuat serangga tidak betah hinggap di daunnya. Selain itu, karena tidak ditanam di tanah, selada tidak mudah mengalami kerusakan pada bagian akar dan tidak mudah diserang gulma.

Hampir tidak adanya serangga yang hinggap di selada, membuat daunnya terlihat lebih bagus dan segar. Biasanya, selada hidroponik memiliki tampilan lebih cantik dibanding jenis selada yang ditanam di tanah. Selain itu, daun selada hidroponik juga lebih tebal, hijau, dan awet disimpan.

Selain mudah dirawat, tanaman hidroponik juga mudah dipanen, termasuk juga selada. Jika di tanah, Anda harus membersihkan tanah dan menyingkap mulsa plastik, Anda tidak perlu melakukannya pada selada hidroponik. Cara panen selada hidroponik cukup dengan mengangkatnya dari media tanamnya.

Selada yang sudah dipanen akan dibilas sebentar dan dikemas dalam wadah plastik atau karton. Konon, selada hidroponik yang tidak ditanam di tanah dan tidak terlalu banyak atau jarang disemprot pestisida, lebih sehat dan aman. Selain itu, dengan banyaknya unsur makro dan mikro yang diserap oleh tumbuhan, membuat selada hidroponik lebih bernutrisi.

Selada Hidroponik - www.blanja.com

Selada Hidroponik - www.blanja.com

Harga Selada Hidroponik

Bagi Anda yang sudah mengetahui keunggulan selada hidroponik, sebaiknya juga mengetahui harganya di pasaran. Sehingga, jika Anda tertarik untuk membelinya, Anda bisa memperkirakan anggaran yang harus dikeluarkan. Tidak sulit menemukan selada hidroponik, bahkan Anda bisa membelinya di supermarket terdekat atau di e-commerce.

Baca juga  Harga Terkini Moo Moo Roll Semua Varian di Cimory Bogor

Secara umum, selada hidroponik segar dijual dengan harga Rp30.000 hingga Rp40.000 per kg dan Rp10.000 hingga Rp15.000 per 100 gr. Harga selada hidroponik ini telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga selada hidroponik tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Siregar, Jureni, dkk. Pengujian Beberapa Nutrisi Hidroponik Pada Selada (Lactuca Sativa L.) dengan Teknologi Hidroponik Sistem Terapung (THST) Termodifikasi. Jurnal Teknik Pertanian Lampung, Vol. 4(1): 65-72.

author

Leave a reply "Keunggulan dan Harga Selada Hidroponik per Kg"