Info Terbaru Harga Sekrup Gypsum (Semua Merk dan Ukuran)

Anda pasti sudah cukup familiar dengan sekrup. Ini adalah salah satu material bangunan yang memiliki fungsi utama untuk menahan dua buah objek secara bersamaan. Umumnya digunakan untuk kayu atau tripleks, sekrup juga dapat dipakai untuk menempelkan papan gypsum. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak toko yang menjual sekrup gypsum, baik secara offline maupun online, dengan harga yang cukup terjangkau.

Kepala sekrup
Kepala sekrup

Dikutip dari Wikipedia, sekrup adalah suatu batang atau tabung dengan alur heliks pada permukaannya. Penggunaan utamanya adalah sebagai pengikat untuk menahan dua objek bersama, dan sebagai pesawat sederhana untuk mengubah torsi menjadi gaya linear. Sekrup dapat juga didefinisikan sebagai bidang miring yang membungkus suatu batang.

Bacaan Lainnya

Sumber yang lain menuturkan, sekrup adalah alat untuk memperkokoh pada sambungan kayu atau logam yang mempunyai ulir spiral dan ujung berbentuk runcing. Sekrup kayu biasanya terbuat dari logam yang mempunyai ulir spiral dan ujungnya runcing. Bentuk kepala sekrup secara umum bulat, rata, dan timbul, tergantung pada penggunaannya.

Seperti pada paku biasa, sekrup pun berguna untuk melekatkan dan mengokohkan dua papan pada suatu sambungan atau konstruksi. Dengan menggunakan sekrup, hasil lekatan akan lebih kuat daripada paku, akan tetapi tidak semua kayu dapat dilekatkan dengan sekrup. Sekrup hanya digunakan pada hal-hal tertentu, misalnya digunakan pada engsel, pada sambungan yang tidak terlihat, misalnya pada sambungan papan meja, lemari, dan lain-lain.

Sekrup sendiri sering disamakan dengan baut, padahal dua material ini berbeda secara fisik dan kegunaan. Batu memiliki ulir yang tidak penuh, atau ulir tidak sampai ke kepala baut, sedangkan ulir sekrup mencapai kepala sekrup. Perbedaan lainnya juga bisa dilihat dari kepala antara baut dan sekrup. Umumnya, baut tidak menggunakan obeng melainkan kunci, sedangkan sekrup menggunakan driver berupa obeng. Terkadang, penggunaan mur (nut) juga bisa dipakai untuk membedakan kedua item ini, baut biasanya dilengkapi dengan mur (nut) sedangkan sekrup tidak.

Sekrup gypsum (sumber: olx.co.id)

Jenis Sekrup

  • Partially threaded bolt, biasa digunakan untuk meletakkan komponen yang ringan atau penopang (bracket) yang kecil. Sekrup ini punya drat penuh dengan diameter kecil, yang dilengkapi dengan sebuah mur persegi atau heksagon, kepalanya berbentuk bulat, dan mempunyai sebuah alur untuk obeng.
  • Sekrup pengikat, atau dikenal dengan nama sekrup berkepala (cap screw), jenis sekrup ini paling banyak digunakan, biasanya untuk menggabungkan dan mengencangkan kedua objek. Sekrup ini biasa digunakan dalam berbagai perlengkapan sehari-hari mulai dari ranjang, kaki meja, hingga penopang AC. Anda juga dapat menemukan sekrup jenis ini pada berbagai moda transportasi seperti atau mobil.
  • Sekrup tanpa kepala (grub screw), seperti namanya, jenius ini memang tidak memiliki kepala seperti sekrup-sekrup pada umumnya. Sekrup tanpa kepala alias grub screw dilengkapi dengan alur obeng untuk memudahkan pemasangannya. Sekrup jenis ini biasanya digunakan di bawah permukaan material yang “terbenam” atau tidak terlihat.
  • Self drilling screw, punya mata bor di ujungnya dan hanya digunakan sekali pakai. Jika mata bor atau drat-nya sudah aus, maka sekrup ini tidak bisa digunakan lagi.
  • Sekrup pan head dan flat head, adalah dua jenis sekrup drywall berwarna putih/perak yang umum digunakan di industri perkayuan. Sekrup jenis ini dapat Anda temukan pada hampir semua furniture rumah tangga mulai dari sofa, kusen jendela, hingga meja. Tak hanya digunakan pada furniture, sekrup pan head dan flat head juga sering dipasang pada instalasi listrik bertegangan rendah yang ada di rumah-rumah. Kedua sekrup ini biasanya dibuat dari bahan zinc.
  • Sekrup GRC, biasanya digunakan untuk memasang material GRC, baik pada dinding rumah maupun plafon. Sekrup dengan warna kuning ini memiliki ujung yang runcing dengan kepala agak bulat. Sekrup GRC juga dikenal dengan sebutan drywall kalsiboard.

Selain jenis-jenis di atas, ada juga varian sekrup gypsum, yang dibuat dari material gips dan mineral. Seperti namanya, sekrup ini memiliki fungsi utama untuk memasang papan gypsum, baik untuk framing kayu maupun lokal. Sekrup ini dipakai untuk meminimalkan dimpling yang biasanya muncul pada permukaan drywall.

Secara umum, sekrup gypsum memiliki ulir yang lebih dalam daripada sekrup biasa untuk mencegah material gypsum terlepas dengan mudah. Sekrup ini terbuat dari baja dan untuk memasangnya diperlukan obeng listrik untuk mengebor. Biasanya berwarna hitam, sekrup gypsum diklasifikasikan menurut panjang dan pitch-nya.

Jenis Sekrup Gypsum – (www.lazada.co.id)

Jenis Sekrup Gypsum

  • Sekrup gypsum S-type, adalah varian yang umum digunakan untuk memasangkan papan gypsum ke atas permukaan berbahan logam. Ujungnya yang tajam membuat penetrasi ke permukaannya menjadi lebih mudah. Sekrup S-type mampu menembus bahan logam hingga kedalaman 0,9 cm.
  • Sekrup gypsum W-type, punya lebih panjang dan lebih tipis. Sekrup jenis ini dirancang untuk pemasangan gypsum ke permukaan kayu. Meskipun setiap papan gypsum memiliki berbagai jenis ketebalan, sekrup W-type biasanya cukup mudah untuk masuk ke dalam kayu hingga kedalaman 1,6 cm.

Tidak sulit menemukan sekrup gypsum karena material ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membeli material ini di berbagai toko bahan bangunan maupun situs beli online. Biasanya dijual per buah atau per pack, harga sekrup gypsum bervariasi, tergantung ukurannya. Berikut kami sajikan terbaru kisaran harga sekrup gypsum.

Harga Sekrup Gypsum

Sekrup GypsumHarga
Drywall Screw 6 inch x 1 inch x 2,5 cmRp100 – Rp220 per buah
Rp89.000 per dus (1.000 buah)
Lion 6 inch x 2 inch x 5 cmRp4.000 per buah
JP 6 x 0,75 inchRp7.000 per wadah (100 buah)
JP 6 x 1 inchRp8.750 per wadah (100 buah)
JP 6 x 1,25 inchRp9.000 per wadah (100 buah)
JP 6 x 2 inchRp14.000 per wadah (100 buah)
JP 7 x 1,5 inchRp17.300 per wadah (100 buah)
JP 7 x 2 inchRp18.650 per wadah (100 buah)
Sun 8 inch x 3 inch x 7 cmRp22.000 per dus (50 buah)
JP 8 x 2 inchRp34.000 per wadah (100 buah)
Sunray 6 x 1 inchRp65.000 – Rp90.000 per dus (1.000 buah)
Zolo 6 inch x 2 inch x 5 cmRp72.000 per dus (300 buah)
Sunray 8 inch x 3 inch x 7,5 cmRp85.000 per dus (300 buah)
Zolo 6 inch x 1 inchRp123.000 per dus (900 buah)
Sunray 6 inch x 1,5 inch x 4 cmRp128.000 per dus (1.000 buah)
Sunray 6 inch x 1,25 inch x 3 cmRp185.000 per dus (1.500 buah)

Harga sekrup gypsum di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan bangunan dan situs beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya ada yang naik dan ada yang turun. Harga sekrup Sunray 6 inch x 1,5 inch x 4 cm isi 1.000 buah misalnya, awalnya Rp100 ribu dan sekarang naik menjadi Rp128 ribuan. Sementara itu, harga sekrup Sun 8 inch x 3 inch x 7 cm turun dari Rp25 ribu menjadi Rp22 ribuan per dus isi 50 buah.

Sekrup Gypsum – www.lazada.co.id

(Panca)

Pos terkait