Harga Seal Tape ONDA (1/2 Inch dan 1 Inch)

Anda yang sehari-harinya bergelut dengan dunia pertukangan, terutama yang berkaitan dengan kran da pipa air, pasti sudah tidak asing lagi dengan seal tape. Ini adalah produk yang sering digunakan untuk mencegah kebocoran kran yang akan dipasang. Dijual dengan harga yang sangat bersahabat, sudah ada banyak merk seal tape yang dapat Anda temukan di pasaran dalam negeri, dan salah satu yang cukup populer adalah ONDA.

Ilustrasi: penggunaan seal tape (sumber: thespruce)
Ilustrasi: penggunaan seal tape (sumber: thespruce)

Apa Itu Seal Tape?

Sebelum membahas mengenai seal tape ONDA, tidak ada salahnya jika kita mengulik sekilas mengenai seal tape. Seal tape adalah suatu lapisan yang biasanya digulung dan umumnya berwarna putih (walau ada juga yang berwarna biru). Memiliki bentuk mirip pita tetapi sangat lentur, seal tape ini berguna untuk membuat ikatan antara kran dan pipa semakin rapat dan tidak memberikan celah bagi air untuk menyusup keluar tanpa izin alias merembes.

Bacaan Lainnya

Secara umum, seal tape terbuat dari polytetrafluoroethylene atau PTFE yang diproduksi dengan teknologi modern untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Teknologi ini menghasilkan lapisan yang tebal dan kekenyalan tertentu, sehingga dapat diaplikasi pada instalasi pipa PVC atau galvanis yang dipakai untuk gas, air tekanan tinggi, hingga pipa pemadam api.

Meskipun multifungsi, tetapi pemakaian seal tape sebenarnya tidak dapat disamaratakan. Anda dapat membedakan pemakaian seal tape berdasarkan warna yang melambangkan fungsinya, yaitu air, gas, dan yang lainnya. Seal tape berwarna putih misalnya, biasanya dipakai pada pipa PVC dan galvanis untuk air bertekanan rendah, dan jenis ini paling banyak dipakai pada instalasi mandi, toilet, dapur, dan lain-lain.

Baca juga  Update Harga Kayu Glugu 6x12 dan 4x6

Varian Seal Tape ONDA

Seperti disampaikan di atas, saat ini sudah banyak merk yang meluncurkan seal tape dan salah satu yang cukup populer adalah ONDA. Dilansir dari situs resminya, ONDA adalah merk produk sanitary dan plumbing beserta aksesorisnya yang telah eksis sejak tahun 2002 silam. Perusahaan memiliki visi menjadi sanitary dan plumbing yang paling dicintai dan dihargai konsumen Indonesia, serta menjadi perusahaan yang mengutamakan kreativitas dalam menyediakan produk sanitary dan plumbing berkualitas, terlengkap, dan terjangkau.

Masih menurut referensi yang sama, untuk produk seal tape, ONDA saat ini setidaknya sudah menghadirkan dua varian. Varian pertama adalah ONDA ST 01 berukuran 1/2 inch dengan panjang 10 meter. Produk ini dapat digunakan untuk melapisi ulir atau drat sehingga mencegah kebocoran, yang pada umumnya dipakai pada instalasi air, meski juga dapat diaplikasikan di bengkel dan instalasi gas.

Menurut klaim perusahaan, ONDA ST 01 berukuran 1/2 inch punya panjang yang pas, 10 meter, dengan kepadatan atau kerapatan 0,35 gram per cm3 sehingga mencegah kebocoran. Selain itu, ketebalan 0,075 mm yang dimiliki produk membuatnya lebih efisien ketika pemasangan (hanya perlu 5 sampai 10 lilit), elastis dan tidak mudah putus, serta sudah mengantongi sertifikat WRAS (Water Research Advisory Scheme) standar British.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Harga Kayu Randu di Pasaran

Varian kedua adalah ONDA ST 02 1 inch berukuran 10 meter. Seperti varian sebelumnya, tipe ini juga dapat dipakai untuk melapisi ulir atau drat sehingga mencegah kebocoran. Umumnya dipakai pada instalasi air, ONDA ST 02 1 inch berukuran 10 meter juga dapat Anda gunakan di bengkel dan instalasi gas.

Perusahaan mengatakan, ONDA ST 02 berukuran 1 inch punya panjang yang pas, 10 meter, dengan kepadatan atau kerapatan 0,35 gram per cm3 sehingga mencegah kebocoran. Selain itu, ketebalan 0,075 mm yang dimiliki produk membuatnya lebih efisien ketika pemasangan (hanya perlu 5 sampai 10 lilit), elastis dan tidak mudah putus, serta sudah mengantongi sertifikat WRAS (Water Research Advisory Scheme) standar British.

Seal tape ONDA (sumber: shopee)
Seal tape ONDA (sumber: shopee)

Apabila Anda tertarik menggunakan seal tape buatan ONDA, tidak sulit mendapatkan produk ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko bangunan. Selain itu, ONDA juga telah menjual produk-produk mereka di toko resmi di sejumlah situs jual beli online. Sebagai referensi, berikut kisaran harga seal tape ONDA di pasaran saat ini.

Harga Seal Tape ONDA

Ukuran Seal Tape ONDA Harga
ONDA Seal Tape 1/2 inch 10 m Rp4.900
ONDA Seal Tape 1 inch 10 m Rp11.900
ONDA Seal Tape 1/2 inch 10 m 5 pcs Rp24.900
ONDA Bundling Kran Air CLS 02 1/2 inch + Seal Tape 1 inch Rp90.900
ONDA Seal Tape 1/2 inch Box (isi 60 pcs) Rp285.000 – Rp338.000
ONDA Seal Tape 1 inch Box (isi 30 pcs) Rp425.000
Baca juga  Harga GOLDA Coffee 1 Botol dan 1 Dus (Indomaret, Alfamart, Marketplace)

Informasi harga seal tape ONDA di atas kami rangkum langsung dari official store ONDA di salah satu situs jual beli online serta sejumlah toko bahan bangunan. Perlu Anda ketahui bahwa harga seal tape ONDA tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga seal tape ONDA di masing-masing toko bisa saja berbeda. Ada toko yang menjual seal tape ONDA ukuran 1/2 inch dengan harga Rp3.250, tetapi ada juga yang menjualnya dengan harga Rp5.000.

Cara Memasang Seal Tape

  • Lilitkan seal tape pada posisi ulir dari ujung baut dengan ketegangan yang memungkinkan seal tape menempel pada ulir.
  • Tekan-tekan seal tape dengan jari hingga ulir menggigit seal tape.
  • Lilitkan seal tape ke arah kanan pada baut ulir kanan agar tidak terurai saat baut dikencangkan.
  • Lilitkan seal tape tanpa terputus dan jangan terlalu banyak melilitkan seal tape (cukup dua lilitan penuh), karena clearance (celah) dari baut dengan pasangannya tidak besar.
  • Pemberian seal tape dilakukan pada ulir yang tidak memungkinkan kita untuk membersihkan olinya.

Yang perlu dicatat, hindari menggunakan seal tape pada fuel system atau air intake system, karena jika seal tape rusak, akan menyumbat sistem tersebut. Dengan pemakaian yang benar, kran air tidak akan mengalami kebocoran, sehingga tagihan air Anda pun akan menjadi lebih hemat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *