Kandungan, Manfaat dan Harga Scallop

No comment832 views

Distribusi scallop di sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang meliputi suhu, salinitas, dan substrat.[1] Kondisi cuaca yang tidak stabil, yang memengaruhi suhu dan lingkungan perairan Nusantara, terkadang membuat hasil laut ini sulit dibudidayakan. Tak heran jika harga scallop segar atau fresh rata-rata lebih mahal dibanding scallop frozen.

Karakteristik Scallop

Scallop/kerang simping

Scallop/kerang simping

Scallop, atau biasa disebut dengan nama kerang simping atau kerang kampak, adalah jenis kerang yang memiliki cangkang keras dan berukuran besar. Kerang seperti ini terbilang sulit ditemukan di restoran seafood pinggir jalan, karena harganya yang tidak murah dan cara mendapatkannya yang sulit. Meskipun begitu, banyak orang yang suka dengan bahan pangan laut ini karena terkenal lezat.

Kerang simping tidak hanya memiliki cangkang yang lebar, tetapi juga daging yang lebih dibanding jenis kerang lainnya. Untuk mendapatkan daging kerang, Anda perlu sedikit mengeluarkan tenaga, karena cangkangnya cukup sulit dibuka. Anda bisa menggunakan pembelah seperti pisau untuk mengeluarkan isinya. Ini akan membuat daging yang berwarna putih tetap segar dan tidak keras.

Selain itu, Anda juga bisa merebusnya terlebih dahulu untuk membuka cangkang yang keras. Namun, merebus kerang kampak tidak boleh terlalu lama, karena bisa membuat dagingnya menjadi lebih keras dan sulit digigit. Selain itu, kerang yang terlalu matang akan terasa tidak lembut dan lebih berserat.

Kerang jenis ini bisa Anda temukan di perairan yang berlumpur, sebagai contoh bagian pinggir laut yang jaraknya agak jauh dari pantai, tetapi sangat dekat dengan hutan terumbu karang. Kerang ini suka memangsa plankton, udang kecil, dan kecil untuk mendapatkan nutrisi. Hingga saat ini, kebanyakan scallop yang dijual di Indonesia adalah jenis scallop yang dicari, bukan dibudidayakan.

Untuk mencari kerang kampak di perairan juga tidak mudah, karena Anda perlu menunggu musim yang tepat dengan cuaca cerah dan curah hujan sedikit. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan arus air. Jika arus air terlalu kuat, maka kerang simping sulit ditemukan. Kerang ini biasanya ada di bagian bawah lumpur dan terlindung pasir dengan jarak sekitar 5 cm hingga 15 cm.

Baca juga  Update Harga Sabun Shinzui Cair & Batangan

Supaya lebih mudah menemukan kerang ini, Anda bisa menyelam dan menggunakan alat bantu seperti penjepit kayu dan kacamata renang. Anda juga harus ketika mencari kerang ini, karena scallop bisa berenang dengan cepat. Jika Anda sudah menemukan satu kerang, sebaiknya segera menyimpannya dalam jaring dan mengikatnya dengan kencang.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Scallop

Hidangan berbahan scallop/kerang simping

Hidangan berbahan scallop/kerang simping

Harga kerang simping yang mahal tidak hanya karena sulit didapatkan, tetapi juga karena kandungan nutrisi yang melimpah. Dilansir dari HELLOSEHAT, kerang kampak adalah sumber pangan yang mengandung banyak protein. Dalam 85 gr kerang simping ukuran beras, mengandung 17 gram protein, 90 kalori, 5 gr karbohidrat, 0,5 gr lemak, 333 mg asam lemak omega 3, selenium 18,5 mkg, dan 362 mg fosfor. Selain itu, daging scallop diperkaya vitamin B12, vitamin B6, vitamin A, vitamin E, zat besi, tembaga, seng, magnesium, kalsium, dan kalium yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Masih dikutip dari sumber yang sama, scallop adalah sumber protein tinggi, tetapi rendah lemak dan kalori. Komposisi kandungan gizi ini membuat kerang kampak cocok untuk dijadikan hidangan mereka yang sedang diet sehat. Jumlah protein yang cukup tinggi pada kerang ini bisa membuat Anda merasa cepat kenyang, tetapi tidak membuat Anda mudah lapar. Bisa dibilang, makanan ini mampu mencegah Anda untuk makan secara berlebihan.

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsi kerang simping adalah mendapatkan asupan energi dan vitamin yang cukup. Energi yang cukup akan membantu tubuh Anda untuk meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh, sehingga lemak bisa dibakar dengan cepat dan tidak menyebabkan penumpukan.

Baca juga  Harga Pentet Madura per Ekor (Dewasa dan Anakan)

Kandungan multivitamin seperti vitamin B12, seng, dan asam lemak omega 3 pada kerang simping juga baik untuk Anda yang sedang mengandung. Zat-zat ini akan membantu proses perkembangan dan pertumbuhan bayi di dalam kandungan dan setelah dilahirkan. Selain itu, vitamin B12 akan membantu mencegah gangguan, menjaga kesehatan tubuh, menjaga kesehatan saraf, dan membantu pembentukan DNA pada janin.

Selain itu, kerang kampak yang diperkaya magnesium dan kalsium tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Kandungannya akan membantu menstabilkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung. Menurut beberapa sumber, kerang ini bisa mencegah serangan jantung mendadak dan menguatkan dinding jantung.

Resep Scallop Sederhana

Scallop/kerang simping (sumber: umai-aomori.com)

Scallop/kerang simping (sumber: umai-aomori.com)

Anda bisa mengonsumsi scallop yang diolah menjadi aneka hidangan. Salah satu resep hidangan dari kerang simping yang tidak sulit adalah scallop sosis saus tiram. Untuk membuat resep ini, Anda membutuhkan 2 buah sosis, 6 daging scallop, 1 butir telur, 1 sendok makan saus tiram, 3 sendok makan saus cabai, 2 sendok makan cabai bubuk, 2 siung bawang putih, kaldu jamur, air secukupnya, kecap manis secukupnya, dan garam secukupnya.

bawang putih dan cincang halus, lalu potong sosis menjadi irisan kecil sesuai selera. Siapkan wajan dan masukkan margarin atau minyak goreng, lalu tumis bawang dan sosis. Tambahkan cabai bubuk dan scallop, lalu oseng sebentar dengan kompor berapi kecil. Tambahkan semua bumbu yang ada dan cicipi. Jika rasanya sudah pas, biarkan semua bahan hingga matang. Jangan terlalu lama memasak scallop, paling tidak Anda membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk memasak semua bahan. Hidangkan makanan selagi hangat dengan nasi yang pulen dan panas.

Baca juga  Update Harga Membran RO 1000 GPD Murah & Terlengkap

Selain bisa membuat resep ini, Anda juga bisa membuat scallop bakar. Untuk membuat menu ini tidak sulit, karena Anda hanya memerlukan kerang simping dan bumbu bakaran. Bumbu bakaran bisa Anda buat sesuai selera, tetapi sebaiknya Anda memakai cabai bubuk, saus tiram, saus ikan, margarin, dan kecap manis.

Setelah daging scallop dicuci, tusuk menggunakan tusukan sate dan oleskan bumbu bakaran. Anda bisa membakarnya di atas arang atau teflon dengan api kecil. Bolak-balik sate scallop supaya tidak gosong dan bisa matang dengan sempurna. Sama seperti menggoreng scallop, Anda tidak boleh membakarnya dalam waktu yang lama. Biasanya, ini membutuhkan waktu selama 3 menit saja.

Bagi Anda yang ingin membuat resep di atas, pastikan Anda sudah membeli scallop dulu. Bahan makanan seafood ini bisa Anda temukan dalam bentuk segar dan kemasan. Sebagai referensi, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Scallop

Scallop/kerang simping (sumber: itv.com)

Scallop/kerang simping (sumber: itv.com)

Merk/Varian ScallopHarga (Rp)
Minaku Scallop Frozen 200 gr8.000
Minaku Scallop Frozen 500 gr19.500
Scallop Kerang Simping Dunta Seafood Frozen 500 gr75.000
Scallop Segar USA 200 gr82.000
Fume US Scallop Frozen 500 gr290.000
Go Scallop Frozen 400 gr12.500
ILM Scallop Frozen 500 gr12.500
Go Scallop Frozen 500 gr19.400
Sunfish Scallop Frozen 500 gr17.800
Umami Scallop Frozen 500 gr18.500
Ratu Scallop Frozen 250 gr42.500
Scallop Half Shell Segar 500 gr90.000
Pak Den Scallop Kering24.000

Harga scallop di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga kerang simping ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Nursalim, Haviz Rachman, Jusup Suprijanto, Ita Widowati. 2012. Journal Of Marine Research Universitas Diponegoro, Vol. 1(1): 110-117.

author

Leave a reply "Kandungan, Manfaat dan Harga Scallop"