Info Terbaru Harga Saus Gochujang Khas Korea (Semua Kemasan)

Tidak bisa dipungkiri, segala hal yang berbau-bau Korea saat ini memang sedang digemari oleh masyarakat dalam negeri. Tidak hanya musik dan dramanya, kuliner asal Negeri Ginseng pun menjadi favorit, terutama di kalangan kaum muda. Nah, salah satu yang sering disajikan sebagai pendamping makanan Korea adalah saus gochujang. Di pasaran sendiri, saus dengan cita rasa pedas tersebut dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Ilustrasi Saus Gochujang (sumber: simplyohanaco.wordpress.com)
Ilustrasi Saus Gochujang (sumber: simplyohanaco.wordpress.com)

Pada awal milenium ketiga, Korea Selatan berhasil menyebarkan produk budaya populer mereka ke dunia internasional. Berbagai produk asal Negeri Ginseng, mulai dari drama televisi, film fashion, gaya hidup, hingga produk-produk industri, mewarna kehidupan masyarakat di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Budaya Korea yang berkembang sangat pesat ini bahkan sampai menghasilkan fenomena yang disebut dengan Korean Wave.[1]

Bacaan Lainnya

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, makanan khas asal Korea Selatan juga digemari banyak masyarakat di berbagai negara dunia. Meskipun makanan Korea berbagi bahan dan aspek tertentu dengan beberapa negara tetangga, seperti Tiongkok dan Jepang, tetapi kuliner di sana memiliki rasa, rempah-rempah, bahan, dan teknik tersendiri yang membuatnya unik.[2]

Makanan asal Korea sebagian besar adalah hasil fermentasi, seperti kimchi (asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas) dan doenjang (pasta kedelai yang difermentasikan). Selain rasa yang unik, kuliner asal Korea Selatan juga diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kebanyakan berbahan dasar sayuran. Bahkan, kimchi dikatakan sebagai salah satu dari lima makanan paling sehat di dunia.[3]

Manfaat Saus Gochujang

Mirip di Indonesia, kuliner Korea Selatan memang tidak lengkap tanpa adanya bahan tambahan seperti saus. Nah, salah satu saus yang kerap dijadikan teman pendamping bersantap adalah gochujang. Dilansir Kompas, ini dapat dikatakan sebagai pasta merah dengan rasa pedas, kondimen dari fermentasi tradisional khas Korea. Saus tersebut terbuat dari beras atau barley (atau jenis gandum lain), bubuk kue beras, bubur yang dicampur dengan bubuk fermentasi kedelai, garam, serta bubuk cabai merah Korea.

Konon sudah eksis sejak abad ke-16 silam dan dipakai secara luas pada makanan Korea ketika akhir Dinasti Joseon, saus gochujang nyatanya masih digunakan hingga saat ini. Pasalnya, pemakaian pasta pedas tersebut dikatakan merupakan kunci kelezatan dan ciri khas kuliner Korea yang membuatnya disukai berbagai kalangan dan merambah hingga ke luar negeri.

Meski berwarna merah menyala, namun citarasa gochujang justru asam pedas dan gurih. Namun, penggunaan saus ini tetap saja perlu diperhatikan. Karena, jika Anda mengonsumsi secara berlebihan, gochujang bisa sangat terasa pedas. Bahkan, tidak menutup kemungkinan perut Anda akan terasa mulas jika kerap menyantap saus ini.

Selain fungsinya sebagai penambah cita rasa makanan Korea, ternyata gochujang dipercaya dapat meredakan stres. Makan kuliner pedas memang dapat menghasilkan keringat yang membuat badan lebih segar, yang merupakan reaksi kimia capsaicin dalam tubuh. Capsaicin sendiri diyakini memiliki efek anti-bakteri, mencegah penyakit dan membantu proses pemulihan tubuh dengan membersihkan sistem tubuh, mengurangi kandungan lemak, hingga mencegah obesitas. Tak hanya itu, betakaroten dan vitamin C pada saus ini diklaim dapat berguna sebagai agen anti-karsinogenik dan anti-mutagenik.

Jika Anda ingin mencicipi sensasi rasa gochujang atau kebetulan sedang membuka usaha kuliner khas Korea, tidak sulit mendapatkan bahan tersebut. Meski berasal dari Asia Timur, sudah banyak pedagang dan toko yang menjual saus ini di pasaran dalam negeri. Harganya pun sangat hemat, sehingga tidak akan membuat kantong Anda jebol.

Saus Gochujang Khas Korea – shopee.co.id

Harga Gochujang

Merk & Gochujang Harga
KIKKOMAN Gochujang 250 gr repack Rp25.500
KIKKOMAN Gochujang 300 gr Rp35.500
Mamapickles Saus Gochujang 400 gr Rp50.000
Sajo Gochujang 500 gr Rp55.000
Ssamjang Gochujang 500 gr Rp44.500
Daesang Gochujang 1 kg Rp128.000
KIKKOMAN Gochujang 2 L Rp140.100
KIKKOMAN Gochujang 5 L Rp285.000
Sajo Gochujang 15 kg Rp660.000
Chung Jung Gochujang 14 kg Rp668.000
Daesang Gochujang 14 kg Rp740.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga saus Gochujang di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, KIKKOMAN Gochujang 300 gr yang semula dijual seharga Rp28 ribu, kini menjadi Rp35.500. Begitu pula harga Sajo Gochujang 500 gr yang naik dari Rp44.500 menjadi Rp55.000.

Harga saus gochujang di atas kami rangkum dari sejumlah sumber, termasuk toko bahan makanan dan situs jual beli online. Perlu dicatat bahwa harga saus gochujang tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika membutuhkan informasi lebih detail, Anda bisa langsung datang ke toko bahan makanan atau swalayan terdekat.

[Update: Ditta]

[1] Simbar, Frulyndese K. 2016. Fenomena Konsumsi Budaya Korea pada Anak Muda di Kota Manado. Jurnal Holistik, Vol. X(18).

[2] Masbudi, Melisa, dkk. 2014. Perancangan Pengenalan Makanan Khas Korea. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, Vol. 1(4).

[3] Ibid.

Pos terkait