Info Terbaru Kisaran Harga 1 Set Kopling Toyota Soluna

No comment8108 views

Kopling merupakan salah satu komponen penting yang harus rutin dirawat, terutama oleh pemilik kendaraan roda empat yang masih menggunakan transmisi manual. Pasalnya, jika sudah rusak, biaya mengganti plat kopling tidak bisa dikatakan murah. Harga satu set plat kopling (kopling, , dan laher) untuk Toyota Soluna misalnya, saat ini mulai Rp1 jutaan, tergantung kebijakan masing-masing toko.

Set kopling Toyota Soluna (sumber: lazada)

Set kopling Toyota Soluna (sumber: lazada)

Kopling sendiri bisa dikatakan sebagai alat yang digunakan untuk menghubungkan dua poros pada kedua ujungnya dengan tujuan untuk mentransmisikan daya mekanis. Kopling biasanya tidak mengizinkan pemisahan antara dua poros ketika beroperasi, namun saat ini sudah ada kopling yang memiliki torsi yang dibatasi sehingga dapat slip atau terputus ketika batas torsi dilewati.

Secara garis besar, kopling dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kopling otomatis dan kopling manual. Kopling otomatis adalah jenis kopling yang menggunakan gaya sentrifugal, yaitu menghubungkan serta memutuskan tenaga mesin berdasarkan dari putaran mesin tersebut. Sementara, kopling manual adalah jenis kopling yang cara kerjanya dilakukan langsung oleh pengemudi mobil tersebut.

Baca juga  Update Harga Karet Wiper Avanza (Depan dan Belakang)

Kopling harus bisa menghubungkan sistem transmisi yang ada pada mesin secara lembut. Selain itu, komponen ini juga dapat membebaskan hubungan dengan sistem transmisi dengan cepat dan sempurna. Ketika akan menghubungkan ke sistem transmisi, kopling juga harus bisa memindahkan tenaga yang ada tanpa harus terjadi selip.

Layaknya, komponen lainnya, kopling mobil juga bisa rusak atau mengalami aus. Menurut seorang mekanik di salah satu bengkel di bilangan Jakarta Timur, salah satu tanda kampas kopling habis atau tipis adalah setelah pedal kopling menjadi tinggi dan mesin kurang bertenaga. Di samping itu, suara mesin kendaraan terdengar ‘menggerung’ tidak bertenaga.

Selain itu, jika kendaraan roda empat Anda seolah ‘bergetar’ ketika dijalankan, ini kemungkinan terjadi saat kopling tidak berhubungan secara halus. Penyebab gangguan ini bisa dari plat kopling, matahari atau roda gila (flywheel) yang tidak rata. Sementara, apabila Anda menemukan bunyi ‘gemeretak’ ketika gear transmisi dipindahkan, umumnya masalah terjadi pada plat kopling yang aus, atau plat yang tidak kembali sempurna saat pedal ditekan.

Baca juga  Update Harga Hidrolik Pintu Mobil Belakang di Pasaran

Jika merasakan atau menemukan gejala seperti di atas, sebaiknya segera service kendaraan Anda, dan ganti komponennya jika diperlukan. Anda bisa langsung berkunjung ke dealer resmi kendaraan Anda. Namun, apabila hal tersebut tidak memungkinkan, juga banyak bengkel-bengkel umum yang melayani penggantian atau service plat kopling.

Harga Set Kopling Soluna

Nah, apabila kebetulan mobil Anda adalah Soluna keluaran Toyota, tidak susah mendapatkan plat kopling. Di pasaran dalam negeri, kopling ini sudah banyak dijual, baik di bengkel maupun di situs jual online. Saat ini, harga satu set kopling Soluna berkisar Rp1.080.000 hingga Rp1.882.000. Namun, ada pula yang menjualnya dengan harga Rp2.086.000 hingga Rp2.370.000. Sebagai perbandingan, tahun lalu harganya berkisar Rp1,2 juta hingga Rp2,5 jutaan.

Namun, apabila kantong Anda saat ini sedang tipis, mungkin plat kopling pantek bisa menjadi opsi yang masuk akal. Dengan harga yang jauh lebih terjangkau, kopling pantek ini diklaim memiliki daya tahan hingga dua tahun jika penggunaan mobil ‘benar’. Pasalnya, dari segi kekuatan, kopling pantek diklaim tidak ada masalah. Meski demikian, jika kendaraan Anda masih dalam kondisi garansi, disarankan untuk menggunakan plat kopling asli atau orisinal guna menghindari hangusnya garansi mobil.

Baca juga  Update Harga Lampu Projie LED Terlengkap
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Kisaran Harga 1 Set Kopling Toyota Soluna"