Info Terkini Harga 1 Set Alat Service HP (Pemula dan Mahir)

Saat ini, jika ingin memperbaiki ponsel atau smartphone yang rusak, Anda bisa saja meminta jasa service HP. Namun, jika Anda punya keahlian dalam mengutak-atik barang elektronik, tidak ada salahnya apabila Anda memperbaiki perangkat Anda secara mandiri. Nah, untuk melakukan aktivitas ini, tentunya Anda membutuhkan satu set alat service yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran dengan harga mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Ilustrasi: servis hp (sumber: arstechnica.com)
Ilustrasi: hp (sumber: arstechnica.com)

Ada beberapa macam perlengkapan atau alat yang wajib dimiliki atau ada ketika Anda melakukan service HP. Alat pertama yang harus ada adalah obeng set, yang merupakan peralatan untuk membuka ponsel. Di samping itu, Anda mungkin juga membutuhkan kuas yang berguna untuk membersihkan board maupun tulang ponsel.

Bacaan Lainnya

Untuk mengambil atau memasang kembali komponen-komponen kecil di HP, Anda membutuhkan pinset. Di samping itu, PCB Holder juga diperlukan untuk menahan PCB ketika akan dibetulkan agar tidak bergerak-gerak dan stabil. Sementara, untuk memasang atau menyambung komponen, seperti kabel, Anda tentunya memerlukan solder. Solder bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, dengan produk yang bagus biasanya memiliki temperatur mencapai 350 derajat Celsius.

Selain itu, peranti-peranti yang juga diperlukan untuk melakukan service HP salah satunya adalah power supply, yang berguna sebagai sumber daya ketika bagian ponsel diperbaiki, atau sebagai pengganti baterai. Fitur-fitur yang sebaiknya ada pada power supply ini di antaranya voltage yang dapat dilihat dengan mudah melalui desain dual digital display, sistem multi-functional telecom power supply, highly sensitive electronic protection, dan continuous adjustability.

Digital multi-meter juga dibutuhkan dalam kegiatan ini sebagai alat ukur. Sebaiknya, Anda menggunakan multi-meter yang tampilannya sudah mengusung konsep digital. Pasalnya, pengukuran komponen dan tes pada suatu test point sudah menunjukkan presisi angka yang lebih detail jika menggunakan perangkat dengan tampilan digital.

Kemudian, Anda mungkin juga memerlukan BGA multifunctional repair platform sebagai pencetak komponen-komponen IC, SMD, dan BGA secara akurat. Fitur yang sebaiknya ada pada komponen ini adalah untuk solder dan pengetesan platform SMD atau PCB, desain dengan anti-listrik statis, desain untuk ground connection, modul posisi BGA secara magnetik, model referensi chip yang bervariasi.

Harga Alat Service HP

Kelengkapan Alat Service HP Harga
1 set alat service HP pemula Rp218.000 – Rp395.000
Blower analog Quick 850A, power supply analog Yihua 1 Amp, solder C30/C31, multitester analog SUMWA, obeng isi 5 mata, double tape, kawat jumper, karet pembuka LCD Rp1.100.000
Blower digital Quick 858D, power supply digital 2 Amp, solder CS30/CS31, obeng set isi 5 mata, pinset Rp1.250.000
Zotex ZT102, flux OTC, timah OTC, lem connector, lem LCS 10 ml E8000, solder EMMC, timah gulung , obeng plus, pinset lurus, kawat jumper, pisau pembuka TC Qianli, pisau EMMC 10 mata plus gagang, green oil, blower Yihua 858 digital Rp1.550.000
Solder uap manual Baku BK-851A, solder Goot CS30, power supply Baku BK-1501T, multitester Sunma, set tools pembuka casing, set obeng T, pump for iPad, kaca pembesar, kabel data, flashdisk SanDisk 32GB Rp4.000.000

Harga 1 set alat service HP di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online dalam negeri. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harganya sebenarnya tidak jauh berbeda. Paket set service HP lengkap misalnya, ditawarkan dengan harga mulai Rp1,1 jutaan, sedangkan harga paket service HP untuk pemula mulai Rp250 ribu hingga Rp400 ribuan. 

Pos terkait