Info Kegunaan & Harga Salep Apolar Untuk Bayi

Masalah seperti eksim, dermatitis, atau sebagainya memang terasa begitu mengganggu. Beberapa dokter biasanya akan meresepkan salep atau obat topikal (pemakaian luar) yang mengandung kortikosteroid untuk meminimalisir gejalanya. Pada keluhan yang tarafnya rendah, dokter mungkin meresepkan krim seperti Apolar untuk bayi maupun orang dewasa. Harga salep Apolar untuk bayi berkisar mulai dari puluhan ribu rupiah.

Salep Apolar (sumber: carousell)
Salep Apolar (sumber: carousell)

Salep yang mengandung kortikosteroid seperti desonide biasanya digunakan untuk mengobati eksim. Harus hati-hati menggunakannya, dan tidak boleh dipakai terlalu lama. Paling lama satu minggu, atau kalau lebih lama harus diawasi dokter. Jika terlalu lama digunakan bisa menimbulkan efek samping, antara lain penipisan kulit, tumbuh rambut kasar, pelebaran pembuluh darah, mudah terinfeksi jamur/virus/bakteri.

Bacaan Lainnya

Kalau digunakan terus-menerus bisa diserap ke dalam darah dan beredar ke seluruh tubuh, dan menimbulkan efek buruk seperti gangguan pertumbuhan pada anak, pengeroposan tulang, penyakit kencing manis karena obat, dan lain-lain.[1]

Tentang Salep Apolar

Apolarcream adalah obat untuk mengatasi masalah kulit. Obat satu mengandung bahan aktif Denosideyakni obat golongan kortikosteroid. Desonidebekerja dengan cara menginduksi protein penghambat fosfolipase A2 (lipokortin) dan secara berurutan menghambat pelepasan asam arakidonat sehingga menekan pembentukan, pelepasan, aktivitas zat kimia tubuh yang menjadi mediator pemicu inflamasi.

Selain Apolar biasa, ada juga Apolar N yang juga sama-sama mengandung desonide, namun dengan tambahan zat Neomycin sulfate. Apolar Cream umumnya dipakai untuk menangani gejala peradangan akibat kondisi seperti dermatitis, eczema, pruritus ani ( di sekitar lubang anus), dan eritema.

Tak jauh berbeda dengan Apolar biasa, salep Apolar-N juga bermanfaat untuk mengobati dermatitis namun yang disertai infeksi, dermatitis atopik, dermatitis seboroik, pruritus atau -gatal pada anus dan vulva pada wanita, otitis externa (peradangan pada telinga bagian luar).

Dilansir dari Halodoc, desonide adalah kortikosteroid yang memiliki anti dan anti alergi yang kuat. Sedangkan Neomycin sulphate merupakan antibiotika berspektrum luas terhadap kebanyakan kuman gram positif maupun gram negatif.Baik salep Apolar maupun Apolar N adalah obat keras yang hanya bisa diberikan sesuai dengan resep dokter.

Dosis Salep Apolar

Salep Apolar bisa dioleskan secara tipis-tipis pada yang sakit//gatal, dengan dosis sebanyak 2-3 kali sehari. Sebaiknya ikuti petunjuk dokter untuk penanganan yang lebih tepat.

Ilustrasi: mengoleskan salep pada kulit bayi (sumber: istockphoto)

Efek Samping Salep Apolar

Pemakaian salep Apolar mungkin menimbulkan efek samping bagi sebagian orang, seperti terjadi kulit ringan, kemerahan, iritasi, kulit mengelupas, bengkak, kulit menjadi berkerak, hingga timbul rasa panas pada kulit. Apabila terjadi efek samping yang berlebih dan berbahaya, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Peringatan & Perhatian Pemakaian Salep Apolar

  • Hindari pemakaian salep Apolarjangka panjang pada permukaan kulit yang luas.
  • Hindari kontak dengan mata.
  • Beri tahu dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau semakin memburuk setelah 2 minggu.
  • Apabila Anda mengalami alergi atau efek samping yang lebih serius setelah obat ini, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
  • Hati-hati penggunaan salep Apolar pada wanita hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Sebagai gambaran, berikut informasi harga salep Apolar untuk bayi maupun dewasa di apotik saat ini.

Harga Salep Apolar untuk Bayi

Jenis Salep Apolar Harga (Rp)
Apolar Cream 10gr per tube 45.378
Apolar-N Cream 10 gram per tube 51.836

Informasi harga salep Apolar untuk bayi di atas dirangkum dari situs Apotek K24. Perlu diingat bahwa harga krim atau salep Apolar untuk bayi dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga salep Apolar yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Apabila Anda sedang mencari salep Apolar untuk mengatasi dermatitis atau eksim pada bayi, Anda bisa membelinya di toko obat atau apotik terdekat yang ada di sekitar Anda. Selain itu, Anda juga dapat membeli salep Apolar secara online melalui sejumlah marketplace.

[1]Ummi. 2007. Beauty Guide: Merawat Kecantikan Muslimah dari Ujung Rambut sampai Ujung Kaki. Jakarta: QultumMedia, hlm 66.

Pos terkait