Tipe dan Update Harga Rumput Sintetis per Meter

Memiliki bangunan dengan pemandangan yang asri tentu akan sangat menarik. Apalagi untuk memperoleh suasana yang serba hijau tidak harus menggunakan tanaman, karena bisa memakai produk sintetis, salah satunya adalah rumput sintetis. Harga rumput sintetis yang ada di pasaran cukup beragam, sesuai dengan ketebalan.

Rumput sintetik (sumber: olx)
Rumput sintetik (sumber: olx)

Rumput sintetis sendiri muncul pertama kali pada tahun 1960-an, dirilis oleh perusahaan bernama Monsanto. Mereka menciptakan rumput sintetis yang kemudian disebut dengan nama AstroTurf untuk bangunan yang kini disebut dengan nama Houston Astrodome di Texas, Amerika Serikat. Sejak itu, pemakaian rumput sintetis terus mengalami peningkatan karena bisa dipakai di dalam atau luar ruangan. Soal perawatannya pun terbilang mudah, apalagi rumput sintetis tidak membutuhkan pemotongan ataupun penyiraman air secara rutin.

Bacaan Lainnya

Saat ini, telah banyak orang yang tertarik untuk menggunakan rumput sintetis dibandingkan dengan rumput asli. Hal ini tentu tidak terlepas dari kelebihan dan keuntungan dalam pemakaiannya, mulai dari hemat biaya, perawatan yang mudah, hemat air, penempatan yang fleksibel, tahan lama dan tidak mudah rusak, hingga aman terhadap lingkungan.

Tipe Rumput Sintetis

  • Rumput sintetis dari bahan nilon memiliki karakteristik utama berupa ketahanannya yang kuat. Permukaan rumput sintetis ini tidak akan mudah rusak meski telah diinjak hingga ribuan kali sekalipun. Di waktu yang sama, bahan ini juga membuat rumput sintetis tidak cepat rusak meski digunakan pada lingkungan dengan suhu tinggi. Hanya saja, rumput buatan dari bahan nilon memiliki harga relatif lebih tinggi dibandingkan dengan material lainnya. Selain itu, dari segi tekstur, rumput sintetis dari nilon juga cenderung lebih kasar. Hal ini membuatnya memberikan sentuhan yang jauh berbeda dibandingkan dengan rumput asli.
  • Rumput sintetis berbahan polyethylene kerap menjadi pilihan karena nuansa alami yang dihadirkannya. Tidak hanya punya struktur yang lembut, rumput sintetis jenis ini juga memiliki warna yang alami. Tidak heran kalau lapangan sepak bola, atletik, ataupun baseball kerap menggunakan rumput sintetis ini. Terkadang, pemakaian rumput sintetis polyethylene juga dikombinasikan dengan rumput dari bahan nilon sebagai pelengkap dengan tujuan agar lapangan memiliki tingkat ketahanan tinggi.
  • Dibandingkan dua jenis bahan rumput sintetis sebelumnya, polypropylene memiliki harga yang lebih murah. Karena itu, rumput sintetis ini sangat cocok bagi pemilik rumah yang ingin menyegarkan suasana ruangan dengan bujet terbatas. Hanya saja, harga murah tersebut juga dibarengi dengan beberapa kekurangan. Kekurangan yang paling mencolok dari rumput sintetis berbahan polypropylene adalah pada tingkat ketahanannya. Rumput buatan ini cenderung lebih cepat rusak dibandingkan jenis rumput sintetis lain.
Rumput sintetik (sumber: gardenbeast.com)
Rumput sintetik (sumber: gardenbeast.com)

Manfaat Rumput Sintetis

  • Rumput sintetis dijual dalam bentuk lembaran maupun gulungan. Bentuknya memang tipis seperti sebuah karpet. Itulah alasan mengapa rumput palsu ini pun bisa Anda jadikan karpet yang menghangatkan di ruang keluarga, ruang tamu, maupun kamar tidur. Bukan hanya menghangatkan, warna hijau yang dipancarkan dari karpet rumput ini pun menyegarkan pandangan. Ruangan rumah yang polos tanpa bisa kelihatan semakin menarik dengan dekorasi ini. Karpet rumput berukuran kecil sudah cukup untuk dijadikan aksen dekorasi ruangan.
  • Karpet rumput sintetis pun bisa menjadi dekorasi menarik untuk ruangan dapur rumah. Anda bisa menjadikannya sebagai karpet lantai dan juga pelapis . Nuansa outdoor dapur yang terletak di dalam menjadi terasa.
  • Bila ada sisa lembaran karpet rumput, coba gunakan potongannya sebagai aksen dekoratif di rumah. Misalnya untuk teras belakang berukuran kecil yang tidak mungkin ditumbuhi rumput. Anda bisa menempatkan rumput tersebut dengan bentuk persegi yang simpel sekalipun. Tampilan teras belakang langsung tampak unik.
  • Putih merupakan warna yang cantik dan juga netral. Di ruangan kamar tidur minimalis ukuran mungil, warna ini bekerja dapat menghadirkan kesejukan dan juga kesan lapang. Namun, di sisi lain, warna ini disebut-sebut sedikit membosankan. Itulah mengapa menggunakan dekorasi dari rumput tiruan bisa menjadi pilihan yang tepat. Jadikan lembaran rumput sintetis sebagai penutup pada satu bagian dinding. Sebagai contoh, bagian yang berbatasan langsung dengan ruangan rumah. Lapisan rumput sintetis yang tebal dapat menghambat udara dingin sehingga kamar tidak terlalu terasa beku.
  • Di samping dijual meteran, ada juga rumput sintetis yang dijual per bagian. Umumnya, rumput ini punya tekstur yang lebih keras dan kaku. Anda dapat memanfaatkan rumput tiruan ini sebagai piring yang cantik.
  • Tinggal di apartemen membuat seseorang menjadi tidak bisa punya pribadi. Unsur hijau yang membuat mata segar pun akhirnya tidak ada. Namun Anda tak perlu khawatir, sebab dengan menggunakan lembaran rumput sintetis, secara sekejap Anda pun bisa punya taman mini di rumah.
  • Tangga beton yang ada di rumah bisa tampil lebih berbeda dengan mengombinasikannya menggunakan lapisan rumput tiruan. Tidak usah menutupi keseluruhan tangga dengan rumput, karena Anda bisa menempelkan hanya setengah bagian sehingga tampilannya menjadi super unik.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rumput tiruan ini umumnya dijual per meter ataupun per bagian. Bila ingin menggunakan dalam jumlah banyak, beli rumput dengan ukuran meteran. Hal ini bisa mempermudah Anda dalam hal pemasangan. Harga rumput sintetis sendiri beragam tergantung ketebalannya. 

Mengenai harganya, pada 2021, rumput sintetis 10 mm ditawarkan berkisar Rp130 ribu per meter dan rumput sintetis Swiss 20 mm seharga Rp190 ribu per meter. Kemudian pada 2022 lalu, harga rumput sintetis 10 mm naik menjadi Rp170 ribu per meter, sedangkan harga rumput sintetis Swiss 20 mm turun menjadi Rp170 ribu per meter. Berikut informasi perbandingan harga rumput sintetis yang berlaku antara tahun lalu dan saat ini di pasaran.

Rumput sintetis (sumber: nytimes)
Rumput sintetis (sumber: nytimes)

Harga Rumput Sintetis 

Ketebalan Rumput Sintetis Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Rumput sintetis 8 mm Rp135.000 per meter Rp135.000 per meter
Rumput sintetis 10 mm Rp170.000 per meter Rp175.000 per meter
Rumput sintetis 13 mm Rp180.000 per meter Rp180.000 per meter
Rumput sintetis Jepang 20 mm Rp190.000 per meter Rp195.000 per meter
Rumput sintetis Swiss 20 mm Rp170.000 per meter Rp223.000 per meter
Rumput sintetis Swiss 25 mm Rp175.000 per meter Rp275.000 per meter
Rumput sintetis 50 mm Rp229.000 per meter Rp296.000 per meter
Rumput sintetis Jepang 30 mm Rp200.000 per meter Rp352.000 per meter

Harga rumput sintetis di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs jual beli online. Berdasarkan tabel perbandingan tersebut, harga rumput sintetis di pasaran saat ini cenderung naik. Perlu Anda catat bahwa harga rumput sintetis tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda, tergantung kebijakan masing-masing toko. 

[Update: Ditta]

Pos terkait