Update Harga Rumput Gajah Mini per Meter

No comment5281 views

Rumput merupakan elemen yang sangat penting dalam menciptakan taman yang indah. Rumput digunakan untuk menutup area tanah yang tidak ditanami oleh tanaman. Ada banyak jenis rumput, dan beberapa jenis bisa ditanam di halaman rumah yang digunakan dalam pembuatan taman seperti rumput peking atau rumput jepang.

Taman rumput gajah mini (sumber: ilmubudidaya.com)

Taman rumput gajah mini (sumber: ilmubudidaya.com)

Jenis rumput peking atau rumput jepang menjadi rumput yang paling populer untuk dibuat taman. Namun, karena perawatannya yang sulit, rumput jenis ini pun tergantikan oleh rumput gajah mini. Rumput gajah mini memiliki ciri yang hampir mirip dengan jenis rumput pada umumnya, memiliki daun yang pendek dan hampir bulat, berwarna hijau terang dan bentuk yang halus. Selain itu, rumput gajah mini sangat mudah. Tidak seperti rumput lainnya, rumput gajah mini tidak perlu dipangkas secara berkala, karena daun rumput gajah mini tidak tumbuh memanjang.

Tanaman yang bernama latin pennisetum purpureum schamach ini tak hanya bisa dipakai untuk menutupi permukaan tanah, melainkan juga dapat diandalkan untuk memperindah pembatas teras dan taman dan pemanis lantai carport. Perawatannya pun cukup mudah, hanya perlu disiram saja secukupnya, selebihnya hanya perlu diberi pupuk urea, itupun dalam yang sedikit (1 sendok makan/m2).

Rumput gajah mini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para desainer eksterior rumah untuk menambah kesan asri pada hunian. Daunnya yang kecil meminimalkan perawatan sehingga tidak merepotkan atau menyita banyak waktu. Dilansir dari Tribunnews, berikut langkah-langkah untuk menanam rumput gajah.

Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Ilustrasi: proses menanam rumput gajah (sumber: grid.id)

Ilustrasi: proses menanam rumput gajah (sumber: grid.id)

  • Rumput gajah mini adalah salah satu jenis rumput yang menyukai kondisi tanah yang gembur dan subur. Sebelum tanah dapat ditanami rumput ini, cangkul tanah terlebih dulu supaya gembur. Anda tidak perlu mencangkul tanah terlalu dalam, cukup sampai kedalaman 20 cm. Selanjutnya, ratakan permukaan tanah itu sehingga rumput-rumput yang ditanam di atasnya juga ikut rata.
  • Pada umumnya, bibit rumput gajah mini dijual dalam dan bentuk ikatan yang besar. Itu sebabnya, bibitnya menjadi kelompok-kelompok rumput yang lebih kecil sekitar 3-5 cm. Lalu, tanamkan bibit rumput ini ke tanah yang sudah disiapkan sampai seluruh bagian akarnya tertimbun. Disarankan bibit-bibit rumput ini ditanam secara zigzag agar pertumbuhan rumput terlihat rapat, rapi, dan subur.
  • Untuk prosedur penanaman rumput gajah mini yang benar, mulailah dengan menanam rumput di dalam tanah dan pastikan ikatan rumput dengan tanah sudah kuat. Berikan pukulan perlahan pada permukaan rumput supaya akarnya melekat ke dalam tanah. Jangan lupa, ratakan posisi rumput dan permukaan tanah memanfaatkan bantuan lebar balok kayu atau batu bata. Terakhir, biarkan rumput tumbuh dan beradaptasi dengan kondisi taman selama seminggu hingga akarnya tumbuh.
  • Taman rumput gajah mini harus dipupuk ulang secara berkala agar kondisi tanahnya tetap subur. Idealnya, pemupukan ulang dilakukan setiap tiga bulan sekali menggunakan pupuk NPK, sedangkan untuk pemupukan ulang tahap pertama bisa dilakukan dua minggu setelah proses penanaman bibit. Cairkan terlebih dahulu pupuk NPK memakai , lalu siramkan pupuk cair ini pada jarak 20 cm dari kelompok rumput.
  • Mengingat ukurannya yang kecil, tanaman rumput gajah mini cenderung mudah rusak jika terkena air bertekanan keras. Jika Anda menyiram tumbuhan ini secara langsung menggunakan selang air, bisa jadi susunan rumput yang indah akan rusak seketika. Sebaliknya, penyiraman tanaman dengan menggunakan air bertekanan rendah akan menghindari kejadian buruk serta memungkinkan rumput tidak tergenangi air dan membusuk. Jadi, tiap kali hendak menyiram taman, Anda bisa memanfaatkan ceret penyiraman yang memiliki lubang-lubang kecil.

Perawatan Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini (sumber: pertanianku.com)

Rumput gajah mini (sumber: pertanianku.com)

Proses selanjutnya adalah merawat bibit rumput gajah mini yang telah ditanam. Pertama, berikan pupuk NPK ke tanaman rumput gajah mini setelah dua minggu masa tanam. Tujuan diberikan pupuk ini untuk merangsang jaringan tumbuh rumput gajah mini sehingga Anda mendapatkan hasil yang sempurna nantinya.

Selain memberikan pupuk, imbangi dengan penyiraman yang teratur pada pagi dan sore. Rumput gajah mini adalah tanaman yang sangat bergantung pada air. Jika diperlukan, pasanglah pagar sementara selama masa tumbuh rumput gajah mini, ini bertujuan agar tidak ada hewan seperti ayam yang memakan rumput gajah mini. Proses pengurungan dengan pagar ini hanya lakukan hingga 7 hari saja, setelah itu Anda lepas.

Selain air, cahaya matahari yang cukup juga menjadi faktor penting untuk masa tumbuh yang baik bagi rumput gajah mini. Pantau terus perkembangan tumbuh rumput gajah mini. Jika Anda mendapatkan ada rumput gajah mini terserang gulma, cabut hingga akar rumput yang terserang gulma tersebut. Ini bertujuan agar tidak menular ke rumput yang lain. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya tambahkan pijakan kaki untuk lewat agar rumput gajah mini tidak terinjak-injak.

Rumput Gajah Mini

Harga, rumput, gajah, mini, di, tingkat, petani, suplier, kios, tanaman, toko, cara, menanam, perawatan, pupuk, air, cahaya, sinar, matahari, per, meter, faktor, pertumbuhan, penyiraman, NPK, taman, jepang, peking, tanah, gembur, permukaan, bibit, ditanam, langkah, jenis, proses, pemesanan, pemasangan, prosedur, penanaman, teknik

Bibit rumput gajah mini (sumber: dirunapoint.com)

Rumput gajah mini di tingkat petani biasanya dijual Rp15.000 untuk per meternya. Jika pemesannya banyak, harganya kemungkinan bisa lebih murah sekitar Rp10.000 per . Namun, harga rumput di kios tanaman hias agak lebih mahal daripada di tingkat petani. Biasanya, harga rumput gajah mini di tingkat supplier sebesar Rp25.000 hingga Rp35.000 per meternya.

Harganya sedikit naik dari tahun sebelumnya di rentang Rp8.000 hingga Rp40.000 per meter. Beberapa orang juga menerima pemesanan rumput gajah mini termasuk penanamannya. Namun, harganya juga lebih mahal, antara Rp36.000 sampai Rp45.000 per meter.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Update Harga Kertas Jasmine per Lembar (A4, A5, F5, Plano)
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga Rumput Gajah Mini per Meter"